MODEL PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISTEM PENDIDIKAN DARING DI MASA COVID-19
Abstrak
Abstrak: Model Pembelajaran Akidah Akhlak pada Sistem Pendidikan Daring di Masa Covid-19
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap model pembelajaran akidah akhlak pada sistem pembelajaran daring di masa Covid-19. Pendidikan Akidah Akhlak merupakan mata pelajaran yang sangat penting dalam menghasilkan anak didik yang berakhlak mulia. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan subjek empat orang guru dari tiga Madrasah Aliyah Negeri (MAN). Proses penelitian dimulai dari penjaringan data dengan WhatsApp cara secara mendalam, Analisis data dengan tahapan: open coding, axial coding, dan selective coding untuk memperoleh garis penghubung yang signifikan yang dapat berupa hubungan kausalitas atau hubungan komparatif antara fenomena dengan teori. Tahap terakhir adalah penyusunan teori dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa platform yang digunakan dalam proses pembelajaran meliputi: WhatsApp grup, Geschool, Google Classroom, Google Meet, dan zoom. Kurikulum adalah kurikulum darurat dengan materi esensial. Guru menyiapkan materi esensial lalu di-share melalui platform yang disepakati. Untuk meningkatkan lancarnya proses pembelajaran, madrasah menjalin kerja sama dengan komunikasi intensif dengan orang tua dan Home Visit bagi siswa-siswa yang bermasalah. Penilaian dilakukan menggunakan platform E-Learning yang disepakati, dengan fokus ranah kognitif. Penilaian ranah yang lain dilakukan pada saat proses melalui penugasan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Achru P., A. (2019). Pengembangan Minat Belajar dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205–215.
Alvianto, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam dalam Situasi Pandemi Covid-19. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 13. https://doi.org/10.30659/jpai.3.2.13-26
Amir, S., & Ahmadi, L. K. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dalam Kelas: Metode, Landasan Teoritis-Praktis dan Penerapanya. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Chatib, M. (2014). Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung: Kaifa.
Creswell, J. W. (2014). Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ekantini, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19: Studi Komparasi Pembelajaran Luring dan Daring pada Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(2), 187–193.
Fahmi, M. H. (2020). Komunikasi Synchronous dan Asynchronous dalam E-Learning pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Nomosleca, 6(2), 146–158. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v6i2.4947
Fathurrohman, M. (2016). Model-Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Gozali, A. (2019). Strategi Pembelajaran Menghadapi Revolusi Pendidikan Four Point Zero (4.0) Studi Kasus di SMP Negeri Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Al-Karim: Jurnal Pendidikan, Psikologi, dan Studi Islam, 4(2), 63–90.
Hadarah. (2020). Pandemi Covid-19 Agen Perubahan Pendidikan Akhlak. Sustainable, 3(2), 116–123.
Hamruni. (2012). Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.
Iffa, F. (2021). Tantangan Guru Akidah Akhlak dalam Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Pembelajaran Daring di MAN 1 Lamongan [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2019). Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia No 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah. Kementerian Agama Republik Indonesia.
Kristina, M., Sari, R. N., & Nagara, E. S. (2020). Model Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Provinsi Lampung. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 200–209. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16945
Kurnia, W., & Lena, M. S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Luring terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1743–1749.
Lubis, M., Nasution, M., Gemilasari, C., & Fakhruddin, F. (2020). Ragam Alternatif Strategi Pembelajaran PAI Selama Masa Pandemi Covid-19 di SDIT Al-Munadi Medan. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 1(2), 98–114. https://doi.org/10.51672/jbpi.v1i2.3
Maarip, A. S., & Al-Hendra, K. (2016). Konsep dan Aplikasi Pembelajaran: Menerapkan Teori dan Model Pembelajaran Efektif. Yogyakarta: LeutiaPrio.
Maizan, S. H., Bashori, K., & Hayati, E. N. (2020). Analytical Theory: Gegar Budaya (Culture Shock). Psycho Idea, 18(2), 147–154. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v18i2.6566
Majid, A. (2012). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Narendra, A., Subkhan, E., Mukhibad, H., Salam, S., & Purwinarko, A. (2021). Alternatif Perangkat Lunak Pendukung Belajar di Rumah dan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia. Jurnal Profesi Keguruan, 7(1), 122–130.
Parhan, M., & Sutedja, B. (2019). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dalam Pendidikan Agama Islam di Universitas Pendidikan Indonesia. Tarbawy : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 114–126. https://doi.org/10.17509/t.v6i2.20165
Rezeki, P. (2020). Teknik Pelaksanaan Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online Masa Pandemi Covid-19. at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 61–70. https://doi.org/10.31958/atjpi.v1i1.2533
Ru’iya, S. (2019). Strengthening Morality And Character of Madrasah Tsanawiyah’s Students in Kulon Progo by Developing Good Habits and Effective Communication With Parents. Proceedings of the First International Conference on Progressive Civil Society (ICONPROCS 2019). Proceedings of the First International Conference on Progressive Civil Society (ICONPROCS 2019), Yogyakarta, Indonesia. https://doi.org/10.2991/iconprocs-19.2019.36
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo.
Rusman, & Kurniawan, D. (2015). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo.
Sani, R. A. (2014). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Suhardi, M., Albiy, R., Gistituati, N., & Marsidin, S. (2021). Analisis Dampak Regulasi Pemerintah terhadap Moda Belajar Daring di Rumah Bagi Pelaku Pendidikan di Madrasah pada Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1849–1858. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.684
Sulistyarini, I. A. (2021). Kendala Orang tua dalam Mendampingi Anak Belajar pada Masa Covid-19. Academia : Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 98–106.
Sumantri, M. S. (2016). Strategi Pembelajaran (Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar). Jakarta: Raja Grafindo.
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syamsiah, P. N., RahmaWhatsAppti, A., Atika, A., WhatsAppti, I. N., Yuliana, Y., & Amirudin, M. F. (2021). Optimalisasi Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Sumber Harta. Edification Journal, 3(2), 153–174. https://doi.org/10.37092/ej.v3i2.241
Wahyudi, A., & Yulianti, Y. (2021). Studi Komparasi: Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring dan Luring di UPT SDN X Gresik. Jurnal Basicedu, 5(5), 4292–4298. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1555
Yasinta, Y., & Fernandes, R. (2020). Dampak Penggunaan Jejaring Sosial Geschool terhadap Minat Belajar. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3), 168–174. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.26
Zahrawati, F. (2021). Kendala Pembelajaran Daring dengan Kurikulum 2013 di Masa Pandemi Covid-19: Studi terhadap Peran Guru IPS di MAN 2 Parepare. 2(1), 6.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.