IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING DALAM AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SDN KARANGBANYU 1
Abstrak
Abstrak: Implementasi Metode Mind mapping Dalam Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Di SDN Karangbanyu 1
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode mind mapping dalam aktivitas belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V di SDN Karangbanyu 1, yaitu mengenai perencanaan, pelaksanaan dan hasil implementasi metode mind mapping. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif jenis deskriptif kualitatif. Sumber data penelitiannya didapatkan dari kepala sekolah, guru, serta siswa kelas V di SDN Karangbanyu 1. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis, dari data yang telah diperoleh, hasil penelitian ini bisa ditarik kesimpulan bahwasanya penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran tematik kelas V SDN Karangbanyu 1 sudah berjalan dengan baik. Pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa terlihat lebih aktif saat menggunakan metode pembelajaran mind mapping serta hasil belajar siswa juga terlihat meningkat, meskipun masih ada beberapa masalah yang dialami oleh guru yaitu sulitnya menjelaskan siswa yang tertinggal, seperti sulit menangkap penjelasan yang diberikan guru. Selain itu dari faktor internal siswa itu sendiri. Kurangnya motivasi dalam diri sendiri untuk mengikuti proses pembelajaran.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Achru, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012
Aidah, S. N. (2020). Cara Efektif Penerapan Metode dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: KBM Indonesia.
Anidah, N. (2021). Implementasi Metode Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 7(2), 249–260. https://doi.org/10.5281/zenodo.4673455
Buzan, T. (2007). Buku Pintar Mind Map untuk Anak : Agar Anak Mudah Menghafal dan Berkonsentrasi / Tony Buzan (1st ed.). Gramedia Pustaka Utama.
I Wayan Darmayoga, I. W. L. dan A. A. I. N. M. (2013). Pengaruh Implementasi Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Ditinjau dari Minat Siswa Kelas IV SD Sathya Sai Denpasar. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3.
Indah Kharisma Sulistyorini, Soetarno Joyoatmojo, D. K. W. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Quantum Learning dengan Menggunakan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 4(2), 1–18.
Irayati, E. K. A. (2020). Implementasi Metode Mind mapping pada Pembelajaran Tematik di kelas IV Sekolah Dasar Qaryah Tayyibah Purwokerto Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2019/2020. IAIN Purwokerto.
Karim, A. (2018). Efektivitas Penggunaan Metode Mind Map pada Pelatihan Pengembangan Penguasaan Materi Pembelajaran. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3098
Marjuni, A., & Harun, H. (2019). Penggunaan Multimedia Online dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 194. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10015
Marxy, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal Kajian Pendidikan Matematika, 2(2), 173–182. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v2i2.2490
Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Qasim, M., & Maskiah. (2016). Perencanaan Pengajaran dalam Kegiatan Pembelajaan. Jurnal Diskursus Islam, 4(3), 484–492. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jdi.v4i3.7365
Rias Wana, P., Pradistya, D., & Dwiarno, A. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Budaya Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 143–156.
Saputro, D. Aj., Trapsilasiwi, D., & Setiawani, S. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping dan Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(1), 1. https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i1.24370
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumiati, D. (2013). Studi Tentang Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman. Aktivitas Belajar Siswa, 1–8.
Tarigan, D. (2014). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Make A Match pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 050687 Sawit Seberang. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(1), 56–62. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreano.v5i1.3278
Tenriawaru, E. P. (2014). Implementasi Mind Mapping dalam Kegiatan Pembelajaran dan Pengaruhnya Terhadap Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional, 01(1), 85–91.
Triana, R., Asrin, A., & Oktaviyanti, I. (2021). Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Mind mapping di SDN 2 Wakul dan SDN Gerintuk. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 2(1), 11–18. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.96
Windura, S. (2013). 1st Mind Map: Teknik Berpikir & Belajar Sesuai Cara Kerja Alami Otak untuk siswa, Guru, & Orang tua. PT Alex Media Komputindo.
Zulfia Latifah, A., Hidayat, H., Mulyani, H., Siti Fatimah, A., & Sholihat, A. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, 21(1), 38–50. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.546.2020
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.