PEMBENTUKAN BUDAYA DISIPLIN PESERTA DIDIK MELALUI PENGAMALAN KODE KEHORMATAN PRAMUKA DI SEKOLAH DASAR
Abstrak
Riset ini mempunyai tujuan dalam menelusuri bagaimana pembentukan budaya disiplin siswa melalui pengamalan kode kehormatan pramuka di SDN Tambakromo 1 Kecamatan Geneng. Subjek penelitian adalah 1 orang pembina ekstrakurikuler pramuka, 1 orang kepala sekolah, dan 26 siswa anggota pramuka penggalang yang terbagi atas 10 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Metode pengumpulan data merupakan mempergunakan observasi serta wawancara. Data dianalisis dengan mempergunakan redaksi data, penarikan kesimpulan dan penyajian data. Hasil riset ini memperlihatkan bahwa pembentukan budaya disiplin yang dilakukan di SDN Tambakromo 1 melalui pengamalan kode kehormatan pramuka sudah berjalan dengan baik. Upaya yang dilakukan pembina dan sekolah dalam pembentukan budaya disiplin di SDN Tambakromo 1, yakni: 1) Pengamalan kode kehormatan gerakan pramuka. Kode kehormatan pramuka bagi kelompok penggalang terbagi atas janji yang dinamakan Trisatya dan ketentuan moral yang dinamakan Dasadarma; 2) Belajar sambil menjalankan; 3) Aktivitas di alam terbuka yang menantang dan menarik; 4) Sistem beregu; 5) Kemitraan dengan anggota dewasa tiap aktivitas; 6) Sistem satuan terpisah bagi putra dan putri.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Agussalim, M. A., Siraj, A., & Ahmad, L. O. I. (2018). Implementasi Budaya Organisasi dalam Peningkatan Pelayanan Administrasi Pendidikan di Man I Makassar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 180-197. https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i2.5431
Asrivi, Q. E. S. (2020). Implementasi Pramuka Sebagai Ekstrakulikuler Wajib Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara, 2(2), 255–268. https://doi.org/https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1483
Djoko Hari Supriyanto. (2021). Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Proses Berfikir Siswa Kelas IV dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Modern, 6(2), 85–90. https://doi.org/10.37471/jpm.v6i2.208
Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Ilmu.
Kristina, M., Sari, R. N., & Puastuti, D. (2021). Implementasi Kurikulum Sekolah Alam dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik di Sekolah Alam Al Karim Lampung. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 347. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i2.24376
Kurniawan, D. (2017). Pengaruh Profesionalisme Guru Agama terhadap Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Islam. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 310–317. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4273
Malaikosa, Y. M. L. (2021). Penguatan Life Skills Peserta Didik dengan Pendekatan Ekonomi Kreatif. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 300–312. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i2.24215
Miles, B. M., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. Sage Publication, Inc.
Moleong, J. L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosadakarya.
Pratiwi, S. I. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 62–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.90
Sakinah, Parijo, & Salim, I. (2016). Penanaman Nilai Kedisiplinan melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka SMPN 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(7), 1-8. http//dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i7.34104.
Sinta, L., Malaikosa, Y. M. L., & Supriyanto, D. H. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3193–3202. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2326
Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sumantri, I. A. (2018). Pengaruh Budaya Disiplin Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SMA Dharma Karya UT Pondok Cabe. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.
Sunardi, A. B. (2016). BOYMAN Ragam Latih Pramuka. Bandung: Penerbit Nuansa Muda.
Supriyanto, D. H., & Rahmawati, A. D. (2019). Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika dengan Menggunakan Media Styrofoam Kelas III SDN Tambakromo II Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi. Jurnal Pendidikan Modern, 4(3), 10–17. https://doi.org/10.37471/jpm.v4i3.9
Suri, F. (2021). Peranan Ektrakurikuler Pramuka terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SMA Negeri 4 Binjai. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 2(4), 42–51. https://doi.org/10.51178/jesa.v2i4.287
Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative.
Wiyani, N. A. (2017). Konsep, Praktik, dan Strategi Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Zulbina, & Sailan, M. (2015). Peningkatan kedisiplinan Siswa melalui Gerakan Pramuka pada SMA Muhammadiyah Kalosi Kec. Alla Kabupaten Enrekang. Junal Tumalebbi, 2(3), 40–46.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.