IMPLEMENTASI BUDAYA RELIGIUS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN TUNGKULREJO
Abstrak
Berkonsentrasi pada kegiatan, persuasi guru, masyarakat pada umumnya, dan hasil dari praktik keagamaan, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman tentang bagaimana praktik keagamaan diimplementasikan pada anak-anak yang terdaftar di kelas IV di SDN Tungkulrejo. Dalam penelitian ini, pendekatan-pendekatan deskriptif kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data. Kepala sekolah, dua guru, tiga tutor, dan tiga siswa kelas IV SDN Tungkulrejo menjadi subyek wawancara yang telah dirangkum. Observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam adalah tiga metode yang digunakan dalam proses pengumpulan data, dan dilanjutkan dengan analisis. Menurut statistik yang tersedia saat ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan budaya terus berkembang sejak awal pembiasaan, meskipun terdapat banyak guru dan penganut ajaran agama. Hal ini dapat disimpulkan dari fakta bahwa statistik saat ini tersedia. Misalnya, peserta dalam kegiatan keagamaan yang tidak disiplin akibat kurangnya campur tangan guru mereka selama kegiatan tersebut adalah contohnya.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Aziz, misfaf A. (2019). Budaya Religius dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP Islam Ulul Albab Nganjuk Misfaf Abdul Aziz, Ahmad Masrukin. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, Vol. 9 No., 385.
Djafar, H. (2017). Model Kepemimpinan dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik di SMK Negeri Labuang Kabupaten Polewali Mandar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 191–199.
Kristina, M., Sari, R. N., & Puastuti, D. (2021). Implementasi Kurikulum Sekolah Alam dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik di Sekolah Alam Al Karim Lampung. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 347. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i2.24376
Kurniawan, D. (2017). Pengaruh Profesionalisme Guru Agama Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Islam. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 310–317. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4273
Malaikosa, Y. M. L. (2021a). Penguatan Life Skills Peserta Didik dengan Pendekatan Ekonomi Kreatif. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 300–312. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i2.24215
Malaikosa, Y. M. L. (2021b). Strategi Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 1. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i1.20270
Malaikosa, Y. M. L., Widyadharma, A. P., & Pangestu, W. T. (2022). Curriculum and Learning Management: Integration of Creative Economy Value to Improve Students’ Life Skill. Jurnal Pendidikan Vokasi, 12(1), 76–85. https://doi.org/10.21831/jpv.v12i1.44253
Moleong, J. L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mukhadis, A. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Malang: Aditya Media Publishing.
Putra, K. S. (2017). Implmentasi Pendidikan Agama Islam Melalui Budaya Religius (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Kependidikan, 3(2), 14–32. https://doi.org/10.24090/jk.v3i2.897
Sinta, L., Malaikosa, Y. M. L., & Supriyanto, D. H. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3193–3202. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2326
Tajudin, A., & Aprilianto, A. (2020). Strategi Kepala Madrasah..dalam Membangun Budaya Religius Peserta Didik. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 101–110. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i2.34
Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative.
Utami, F. D. W., Malaikosa, Y. M. L., & Supriyanto, D. H. (2022). Pembentukan Budaya Disiplin Peserta Didik Melalui Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka di Sekolah Dasar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 123–133. https://doi.org/10.24252/idaarah.v6i1.28495
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.