IMPLEMENTASI BUDAYA RELIGIUS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN TUNGKULREJO

  • Intan Permatasari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi
    (ID)
  • Yes Matheos Lasarus Malaikosa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi
    (ID)
  • Sofyan Susanto Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi
    (ID)
Kata Kunci: Budaya Religius, Karakter Tanggung Jawab

Abstrak

Berkonsentrasi pada kegiatan, persuasi guru, masyarakat pada umumnya, dan hasil dari praktik keagamaan, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman tentang bagaimana praktik keagamaan diimplementasikan pada anak-anak yang terdaftar di kelas IV di SDN Tungkulrejo. Dalam penelitian ini, pendekatan-pendekatan deskriptif kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data. Kepala sekolah, dua guru, tiga tutor, dan tiga siswa kelas IV SDN Tungkulrejo menjadi subyek wawancara yang telah dirangkum. Observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam adalah tiga metode yang digunakan dalam proses pengumpulan data, dan dilanjutkan dengan analisis. Menurut statistik yang tersedia saat ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan budaya terus berkembang sejak awal pembiasaan, meskipun terdapat banyak guru dan penganut ajaran agama. Hal ini dapat disimpulkan dari fakta bahwa statistik saat ini tersedia. Misalnya, peserta dalam kegiatan keagamaan yang tidak disiplin akibat kurangnya campur tangan guru mereka selama kegiatan tersebut adalah contohnya.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Aziz, misfaf A. (2019). Budaya Religius dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP Islam Ulul Albab Nganjuk Misfaf Abdul Aziz, Ahmad Masrukin. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, Vol. 9 No., 385.

Djafar, H. (2017). Model Kepemimpinan dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik di SMK Negeri Labuang Kabupaten Polewali Mandar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 191–199.

Kristina, M., Sari, R. N., & Puastuti, D. (2021). Implementasi Kurikulum Sekolah Alam dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik di Sekolah Alam Al Karim Lampung. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 347. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i2.24376

Kurniawan, D. (2017). Pengaruh Profesionalisme Guru Agama Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Islam. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 310–317. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4273

Malaikosa, Y. M. L. (2021a). Penguatan Life Skills Peserta Didik dengan Pendekatan Ekonomi Kreatif. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 300–312. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i2.24215

Malaikosa, Y. M. L. (2021b). Strategi Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 1. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i1.20270

Malaikosa, Y. M. L., Widyadharma, A. P., & Pangestu, W. T. (2022). Curriculum and Learning Management: Integration of Creative Economy Value to Improve Students’ Life Skill. Jurnal Pendidikan Vokasi, 12(1), 76–85. https://doi.org/10.21831/jpv.v12i1.44253

Moleong, J. L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mukhadis, A. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Malang: Aditya Media Publishing.

Putra, K. S. (2017). Implmentasi Pendidikan Agama Islam Melalui Budaya Religius (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Kependidikan, 3(2), 14–32. https://doi.org/10.24090/jk.v3i2.897

Sinta, L., Malaikosa, Y. M. L., & Supriyanto, D. H. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3193–3202. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2326

Tajudin, A., & Aprilianto, A. (2020). Strategi Kepala Madrasah..dalam Membangun Budaya Religius Peserta Didik. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 101–110. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i2.34

Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative.

Utami, F. D. W., Malaikosa, Y. M. L., & Supriyanto, D. H. (2022). Pembentukan Budaya Disiplin Peserta Didik Melalui Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka di Sekolah Dasar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 123–133. https://doi.org/10.24252/idaarah.v6i1.28495

Diterbitkan
2022-12-24
Bagian
Vol 6 No 2
Abstrak viewed = 143 times