PERAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BACA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA
Abstrak
Kemampuan membaca sangat penting untuk menunjang Pendidikan, dalam skenario ini, keterlibatan guru sangat penting dalam membantu siswa memahami pengetahuan yang ada melalui membaca. Media kartu bacaan bergambar merupakan salah satu jenis media yang dapat digunakan untuk membantu siswa dalam memperkuat keterampilan membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas keterlibatan guru dalam penggunaan kartu bacaan bergambar sebagai media untuk mengembangkan keterampilan membaca siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Sabilil Muttaqien Hargomulyo, serta mengidentifikasi hambatan dan cara mengatasinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media kartu baca bergambar. Data penelitian ini dikumpulkan dengan mengamati, mewawancarai, dan mendokumentasikan wali kelas 1 dan siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Pondok Pesantren Sabilil Muttaqien Hargomulyo, serta melakukan studi pustaka. Reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan pemanfaatan data adalah semua upaya penelitian dalam analisis data. Peneliti memanfaatkan pendekatan triangulasi (gabungan) untuk memvalidasi data. Temuan ini menyoroti bagaimana peran guru dapat membantu anak-anak meningkatkan keterampilan membaca mereka dengan menggunakan kartu baca bergambar.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ahmad, S. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenada Media.
Alfiani, D., Supriyanto, D. H., & Pangestu, W. T. (2022). Pengaruh Metode Karyawisata terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Nglencong Kecamatan Sine. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 05(April), 57–64. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i1.7352
Amiruddin. (2013). Peranan Guru PKN terhadap Pembentukan Moral Siswa di SMP Negeri 10 Palu. Edu Civic, 1(April), 1–5.
Andayani, S. (2019). Kegiatan Bermain Kartu Huruf Bergambar dapat Meningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Kelompok B TK Aisyiyah Ba Pancor. Jurnal Pendidikan dan Sains, 1, 112–130. https://doi.org/10.36088/bintang.v1i2.272
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Asmonah, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Model Direct Instruction Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29–37. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682
Daeni, E. I. (2020). Meningkatkan Minat Baca Anak melalui Permainan Kartu Kata Bergambar di Kelompok B2 TK Darussalam. Jurnal Educatio Fkip Unma, 6(1), 500–503.
Joko, I., & Karim, S. A. (2017). Penerapan Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas I SD Islam Nu Pungkuran Tahun 2017. 2006. Jurnal Universitas Muhammadiyah Semarang.
Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Prenada Group.
Mardhotillah, H., & Rakimhwati. (2022). Pengembangan Game Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 779–792. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1361
Maryani, N. K. A., Subawa, P., & Suparya, I. K. (2021). Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelompok B1 Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021 di TK Sathya Sai Kumara Singaraja. Nawa Sena: Jurnal PGPAUD, 1, 31–40.
Meha, N., & Hengelina. (2009). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di Bimba Aiueo Unit Alinda Bekasi Utara. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 21–26.
Mirmiyanti, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Pohon Pintar di Taman Kanak-Kanak Lubuk Basung. 1(1), 1–10.
Mukhtar, A., & MD, Luqman. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru dan Prestasi Belajar Siswa di Kota Makassar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 1. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.13899
Nilawati, Marmawi, & Miranda, D. (2014). Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i9.6115
Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2013 Melalui Pendekatan Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Ayat 30 Surah Ar-Ruum dan Ayat 172 Surah Al-‘Araaf. Universitas Singaperbangsa Karawang, 20, 123–144.
Nurkholisah, F., Khusniyah, T. W., & Malaikosa, Y. M. L. (2022). Efektivitas Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembiasaan Siswa SD Negeri Tungkulrejo Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 26–33. https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i1.7236
P., Andi Achruh. (2019). Pengembangan Minat Belajar dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012
Rahmat, P. S., & Heryani, T. (2014). Pengaruh Media Kartu Kata terhadap Kemampuan Membaca dan Penguasaan Kosa Kata. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(1), 101–110. http://pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/view/61
Rahmawati, R., Siraj, A., & Achruh, A. (2021). Hubungan Antara Kompetensi Guru dan Budaya Sekolah dengan Kinerja Guru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 10. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i1.19001
Sakdiah. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Anak TPA dengan Menggunakan Kartu Kata Bergambar. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8848(1), 53–60.
Sardiman, A. (2013). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sari, L., Pujiharti, Y., & Kuscahyani, N. (2017a). Penggunaan Media Kartu Bergambar sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini di Pos PAUD Mutiara Bundaku Malang. Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya, 23, 1–6.
Sari, L., Pujiharti, Y., & Kuscahyani, N. (2017b). Penggunaan Media Kartu Bergambar sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini di Pos PAUD Mutiara Bundaku Malang. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya, 23(1), 47–52. https://doi.org/10.33503/paradigma.v23i1.368
Setyaningsih, U. (2022). Strategi Pengembangan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3701–3713. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2240
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulastri, H. M., Saleh, Y. T., & Sunanih. (2020). Pengaruh Media Kartu Kuartet terhadap Kemampuan Membaca Siswa dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4, 486–492. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.26874
Syahid, S. N. L., Maula, L. H., Nurmeta, I. K., Sulastri, A., & Ruslani. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa SD Melalui Media Pembelajaran Diorama Lingkungan. 6(3), 5181–5192.
Taib, B., Oktaviani, W., & Asmawati Ilham. (2018). Analisis Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Baca Permulaan pada Anak Kelompok B di PAUD Terpadu Alkhairaat Skeep.
Trismanto, A. A. (2018). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Kelas II SD. Artikel Ilmiah, 1–11.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.