PROSES PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PROVINSI LAMPUNG

  • Marilin Kristina STMIK PRINGSEWU
    (ID)
  • Novi Ayu Kristiana Dewi STMIK PRINGSEWU
    (ID)
  • Noca Yolanda Sari STMIK PRINGSEWU
    (ID)
Kata Kunci: Proses Pembelajaran, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19

Abstrak

Abstrak: Proses Pembelajaran Daring di Sekolah  pada Masa Pandemi Covid-19 di Provinsi Lampung

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses pembelajaran daring dan mengungkapkan hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan mempelajari secara intensif tentang masalah atau keadaan yang sedang berlangsung saat ini. Jumlah responden dari penelitian ini yaitu 22 responden yang tersebar di Provinsi Lampung dengan tingkat pendidikan mulai dari SD/Mi, SMP/MTs, dan SMA/MA. Hasil dari penelitian ini yaitu siswa yang melakukan pembelajaran daring cenderung tidak tertarik dan jenuh dalam melakukan pembelajaran. Bagi siswa terdapat beberapa hambatan dan kesulitan  dalam mengikuti pembelajaran daring yaitu jaringan internet kurang memadai, sulit berkonsentrasi selama mengikuti pembelajaran daring, merasa bosan, tidak ada orang tua yang mendampingi dalam belajar online, tidak dapat bertanya langsung kepada guru, dan tidak memiliki perangkat digital dalam pembelajaran daring.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Fajrin, N. D., & Wulandari, S. (2021). Kendala dan Solusi Pembelajaran Daring selama Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Se-Pulau Madura. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 6(4), 874-887. http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v6i4.776.

Gempiara, Moh. S. (2021). Efektivitas Program Bantuan Kuota Belajar di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Dinamika Governance (Jurnal Ilmu Administrasi Negara), 11(2), 256-271. https://doi.org/10.33005/jdg.v11i2.2784.

Hariyanto, S. (2016). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kemendikbud. (2020). Buku Saku, Program Kuota Belajar bagi Siswa, Guru, dan Dosen. Kemendikbud.go.id.

Magdalena, I., Salsabila, A., Krianasari, D., A., & Apsarini, S., F. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas III SDN Sindangsari III. Pandawa, 3(1), 119–128. https://doi.org/10.36088/pandawa.v3i1.1005.

Marilin, K., & Ruly, N. S. (2020). Model Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Provinsi Lampung. Jurnal Idaarah, 4(2), 200–209.

Nuriyah, N. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Edueksos, 3(1), 73-86.

Prasetyani, A., & Hanafia, R. (2021). Pengaruh Evaluasi Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Yadika 13 dalam Masa Pandemi. Pembelajar: Jurnal Imu Pendidikan, Keguruan dan Pembelajaran, 5(2), 144-149. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v5i2.18251.

Ratna Wulan, E., & Rusdian, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran dengan Pendekatan Kurikulum 20213. Bandung: Pustaka Setia.

Rima Wati, E. (2016). Kupas Tuntas Evaluasi Pembelajaran. Surabaya: Kata Pena.

Suardipa, I. P., & Singaraja, K. H. (2020). Peran Desain Evaluasi Pembelajaran untuk Meningkatakan Kualitas Pembelajaran. WIDYACARYA: Jurnal Pendidikan Agaman dan Kebudayaan, 4(2), 88-100. https://doi.org/10.55115/widyacarya.v4i2.796.

Sutikno, M. S. (2007). Menggagas Pembelajaran Efektif dan Bermakna. Mataram: NTP Press.

Diterbitkan
2022-06-23
Bagian
Vol 6 No 1
Abstrak viewed = 138 times