PROSES PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PROVINSI LAMPUNG
Abstrak
Abstrak: Proses Pembelajaran Daring di Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19 di Provinsi Lampung
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses pembelajaran daring dan mengungkapkan hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan mempelajari secara intensif tentang masalah atau keadaan yang sedang berlangsung saat ini. Jumlah responden dari penelitian ini yaitu 22 responden yang tersebar di Provinsi Lampung dengan tingkat pendidikan mulai dari SD/Mi, SMP/MTs, dan SMA/MA. Hasil dari penelitian ini yaitu siswa yang melakukan pembelajaran daring cenderung tidak tertarik dan jenuh dalam melakukan pembelajaran. Bagi siswa terdapat beberapa hambatan dan kesulitan dalam mengikuti pembelajaran daring yaitu jaringan internet kurang memadai, sulit berkonsentrasi selama mengikuti pembelajaran daring, merasa bosan, tidak ada orang tua yang mendampingi dalam belajar online, tidak dapat bertanya langsung kepada guru, dan tidak memiliki perangkat digital dalam pembelajaran daring.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Fajrin, N. D., & Wulandari, S. (2021). Kendala dan Solusi Pembelajaran Daring selama Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Se-Pulau Madura. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 6(4), 874-887. http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v6i4.776.
Gempiara, Moh. S. (2021). Efektivitas Program Bantuan Kuota Belajar di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Dinamika Governance (Jurnal Ilmu Administrasi Negara), 11(2), 256-271. https://doi.org/10.33005/jdg.v11i2.2784.
Hariyanto, S. (2016). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Kemendikbud. (2020). Buku Saku, Program Kuota Belajar bagi Siswa, Guru, dan Dosen. Kemendikbud.go.id.
Magdalena, I., Salsabila, A., Krianasari, D., A., & Apsarini, S., F. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas III SDN Sindangsari III. Pandawa, 3(1), 119–128. https://doi.org/10.36088/pandawa.v3i1.1005.
Marilin, K., & Ruly, N. S. (2020). Model Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Provinsi Lampung. Jurnal Idaarah, 4(2), 200–209.
Nuriyah, N. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Edueksos, 3(1), 73-86.
Prasetyani, A., & Hanafia, R. (2021). Pengaruh Evaluasi Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Yadika 13 dalam Masa Pandemi. Pembelajar: Jurnal Imu Pendidikan, Keguruan dan Pembelajaran, 5(2), 144-149. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v5i2.18251.
Ratna Wulan, E., & Rusdian, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran dengan Pendekatan Kurikulum 20213. Bandung: Pustaka Setia.
Rima Wati, E. (2016). Kupas Tuntas Evaluasi Pembelajaran. Surabaya: Kata Pena.
Suardipa, I. P., & Singaraja, K. H. (2020). Peran Desain Evaluasi Pembelajaran untuk Meningkatakan Kualitas Pembelajaran. WIDYACARYA: Jurnal Pendidikan Agaman dan Kebudayaan, 4(2), 88-100. https://doi.org/10.55115/widyacarya.v4i2.796.
Sutikno, M. S. (2007). Menggagas Pembelajaran Efektif dan Bermakna. Mataram: NTP Press.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.