PELAKSANAAN MANAJEMEN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SDN MEKAR MUKTI 01 CIKARANG UTARA BEKASI
Abstrak
Pelaksanaan manajemen pendidikan dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru di SDN Mekar Mukti 01 sangat penting untuk dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen pendidikan dalam meningkatkan profesionalisme guru, dan mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam peningkatan profesionalisme guru melalui manajemen pendidik dan tenaga kependidikan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan memotret pola manajemen pendidikan di lokus penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi yakni observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi setiap aspek yang dijadikan bahan penelitian. Hasil penelitian menunjukan SDN Mekar Mukti 01 telah melalui siklus manajemen yang kurang efektif kaitan dengan manajemen pendidikan di sekolah yang bersangkutan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Amirudin, & Muzaki, I. A. (2022). Pengaruh Cooperative Learning Teknik Make A Match Terhadap Prestasi Siswa dalam Pembelajaran PAI Siswa SMPN 2. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 1419-1436. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v11i01.2579
Amirudin. (2017). Peranan Manajemen Perguruan Tinggi dan Implementasinya di Fakultas Agama Islam (FAI). Jurnal Pendidikan Islam Rabbani, 1(1), 1–10.
Asmara, H. (2015). Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta
Asmarani, N. (2014). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 503‐831. https://doi.org/10.24036/bmp.v2i1.3791
Aziz Amrullah. (2015). Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Islam, 10(2), 1–14.
Edy, S. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.
Hasibuan, M. (2008). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Idris, R. (2014). Manajemen Pendidikan dalam Aplikasinya di Sekolah. Makassar: Alauddin University Press.
Karnati, N. (2017). Implementasi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berbasis Sekolah dalam Peningkatan Mutu Sekolah Dasar di Kota Bekasi. Jurnal Parameter, 29(2), 185-191. https://doi.org/10.21009/parameter.292.06
Kasmawati. (2012). Pengembangan Kinerja Tenaga Kependidikan. Makassar: Alauddin University Press.
Kristiawan. (2011). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Mudassir. (2016). Pengembangan Sumber Daya Pendidikan di MAN Kabupaten Bireun. Jurnal Ilmiah, 16(2), 255-272. http://dx.doi.org/10.22373/jid.v16i2.599
Mukhlisoh. (2018). Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Sekolah Tsanawiyah Sunan Kalijaga Siwuluh. Kementrian Agama Kabupaten Brebes. Jurnal Kependidikan, 6(2), 233–248. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1941
Mulyasa, A. E. (2009). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muniroh, J., & Muhyadi, M. (2017). Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Sekolah Aliyah Negeri Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 161-173. https://doi.org/10.21831/amp.v5i2.8050
Mustari, M. (2015). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Novia, & Wildansyah. (2017). Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan: Universitas Negeri Medan, 10(1), 1-12.
Sobri, A. Y. (2016). Model-Model Pengembangan Profesionalisme Guru. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) VIII Tahun 2016, 4(2), 55–67. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/10/Artikel-Konaspi-AY-Sobri.pdf
Syukur, F. (2013). Manajemen Pendidikan Berbasis pada Madrasah. Semarang: Pustaka Rizki Putra.
Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Press.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.