PELAKSANAAN MANAJEMEN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SDN MEKAR MUKTI 01 CIKARANG UTARA BEKASI

  • Nurul Affika Aulia Universitas Singaperbangsa Karawang
    (ID)
  • Amirudin Amirudin Universitas Singaperbangsa Karawang
    (ID)
  • Iqbal Amar Muzaki Universitas Singaperbangsa Karawang
    (ID)
Kata Kunci: Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Peningkatan Profesionalisme Guru

Abstrak

Pelaksanaan manajemen pendidikan dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru di SDN Mekar Mukti 01 sangat penting untuk dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen pendidikan dalam meningkatkan profesionalisme guru, dan mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam peningkatan profesionalisme guru melalui manajemen pendidik dan tenaga kependidikan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan memotret pola manajemen pendidikan di lokus penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi yakni observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi setiap aspek yang dijadikan bahan penelitian. Hasil penelitian menunjukan SDN Mekar Mukti 01 telah melalui siklus manajemen yang kurang efektif kaitan dengan manajemen pendidikan di sekolah yang bersangkutan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Amirudin, & Muzaki, I. A. (2022). Pengaruh Cooperative Learning Teknik Make A Match Terhadap Prestasi Siswa dalam Pembelajaran PAI Siswa SMPN 2. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 1419-1436. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v11i01.2579

Amirudin. (2017). Peranan Manajemen Perguruan Tinggi dan Implementasinya di Fakultas Agama Islam (FAI). Jurnal Pendidikan Islam Rabbani, 1(1), 1–10.

Asmara, H. (2015). Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta

Asmarani, N. (2014). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 503‐831. https://doi.org/10.24036/bmp.v2i1.3791

Aziz Amrullah. (2015). Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Islam, 10(2), 1–14.

Edy, S. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Hasibuan, M. (2008). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Idris, R. (2014). Manajemen Pendidikan dalam Aplikasinya di Sekolah. Makassar: Alauddin University Press.

Karnati, N. (2017). Implementasi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berbasis Sekolah dalam Peningkatan Mutu Sekolah Dasar di Kota Bekasi. Jurnal Parameter, 29(2), 185-191. https://doi.org/10.21009/parameter.292.06

Kasmawati. (2012). Pengembangan Kinerja Tenaga Kependidikan. Makassar: Alauddin University Press.

Kristiawan. (2011). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Mudassir. (2016). Pengembangan Sumber Daya Pendidikan di MAN Kabupaten Bireun. Jurnal Ilmiah, 16(2), 255-272. http://dx.doi.org/10.22373/jid.v16i2.599

Mukhlisoh. (2018). Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Sekolah Tsanawiyah Sunan Kalijaga Siwuluh. Kementrian Agama Kabupaten Brebes. Jurnal Kependidikan, 6(2), 233–248. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1941

Mulyasa, A. E. (2009). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muniroh, J., & Muhyadi, M. (2017). Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Sekolah Aliyah Negeri Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 161-173. https://doi.org/10.21831/amp.v5i2.8050

Mustari, M. (2015). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Novia, & Wildansyah. (2017). Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan: Universitas Negeri Medan, 10(1), 1-12.

Sobri, A. Y. (2016). Model-Model Pengembangan Profesionalisme Guru. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) VIII Tahun 2016, 4(2), 55–67. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/10/Artikel-Konaspi-AY-Sobri.pdf

Syukur, F. (2013). Manajemen Pendidikan Berbasis pada Madrasah. Semarang: Pustaka Rizki Putra.

Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Press.

Diterbitkan
2022-12-16
Bagian
Vol 6 No 2
Abstrak viewed = 323 times