MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SDN KARANG RAHAYU 01 CIKARANG UTARA BEKASI
Abstrak
Maksud penelitian ini ialah untuk memahami dan mendeskripsikan pelaksanaan MBS dalam menaikkan hasil belajar siswa di SDN Karang Rahayu 01. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif yang membuat data deskriptif berbentuk kata-kata tertulis atau lisan dari partisipan. Teknik pengumpulan data yang dipakai ialah wawancara dari semua pihak sekolah mulai dari kepala sekolah, guru, murid, staf dan lain-lain. Dampak dari penelitian ini dapat dijelaskan hingga pelaksanaan MBS berjalan dengan baik, kemudian diketahui bahwa implementasi atau pelaksanaan MBS di SDN Karang Rahayu 01 meliputi manajemen siswa, manajemen mutu guru, manajemen kurikulum, keuangan dan manajemen sarana prasarana. Untuk mengetahui hasil belajar siswa, SDN Karang Rahayu 01 melakukan evaluasi kelas yang dikerjakan dengan teknik tes dan non tes. Dari pengerjaan MBS dalam menaikkan hasil belajar siswa di SDN Karang Rahayu 01, ternyata terkandung faktor penghambat dan pendorong. Faktor penghambat yang ditemui oleh SDN Karang Rahayu 01 yakni perihal dana. Sedangkan faktor pendorongnya adalah adanya keterlibatan dan kerja sama antara wali murid dan guru dalam mendidik siswa siswi SDN Karang Rahayu 01. Kemudian upaya dalam tindak lanjut MBS dalam meningkatkan hasil belajar siswa SDN Karang Rahayu 01 adalah dengan melakukan sosialisasi kepada para wali murid ketika terjadi masalah.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Aliyyah, R. R. (2014). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 3(3), 124–132.
Amirudin, A., & Muzaki, I. (2019). Rendering Learning Approach with Islamic Religious Education Subjects and Students Accounting XI Relationship with Management and Business. Proceedings of the 1st EAI Bukittinggi International Conference on Education, 222-228. https://doi.org/10.4108/eai.17-10-2019.2289728.
Amirudin, I. (2020). Analysis of Policy Development Models for Strengthening Character Education Based on Islamic Education Values in the First Middle Education Unit in Karawang District. Multicultural Education, 6(5), 15–19. https://doi.org/10.5281/zenodo.4393076.
Amirudin, & Muzaki, I. A. (2021). Demonstration of Effectiveness of Implementation Method of Student Learning Prayers. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 111–120. Https://Doi.Org/10.29313/Tjpi.V10i1.7816.
Amirudin, Nurlaeli, A., & Muzaki, I. A. (2020). Pengaruh Metode Reward and Punishment Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SDIT Tahfizh Qur’an Al-Jabar Karawang ). Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education, 7(2), 140–149. https://doi.org/10.17509/t.v7i2.26102.
Atikasari, N. A. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 1–7. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana.
Badawi, B. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 100–107. https://doi.org/10.23917/jmp.v14i2.8768.
Budianto, A., Amirudin, & Muzaki, I. A. (2020). Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual, Emosional, Sosial dan Intelektual Siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Telukjambe Kecamatan Telukjambe Barat Kabupaten Karawang (Penelitian di Kelas VIII SMP Islam Telukjambe). Jurnal Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 4(1), 487–497. https://journal.uniska.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/3703.
Darmansyah, M. S & Warsono, S. (2014). Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Ilmiah, 13(3), 343-355. http://repository.unib.ac.id/id/eprint/7317.
Devi, A. D & Subiyantoro, S. (2021). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 963–971. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.481.
Fajrin, R. (2018). Strategi Implementasi Sekolah Manajemen Berbasis Sekolah. Intizam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 132–149. http://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/4.
Hamid, H. (2013). Manajemen Berbasis Sekolah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 87–96. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.86.
Indaryani, S. R. (2020). Implementasi MBS untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia. Papua Barat News. Diakses pada 11 Desember 2022. https://papuabarartnews.co/wacana/implementasi-mbs-untuk-meningkatkan-mutu-pendidikan-di-indonesia/.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Monita, E., Fauzi, F., & Noor, T. R. (2022). Manajemen Pengembangan Mutu Guru di Sekolah Dasar Negeri Sarirogo Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Tarbawi STAI Al-Fithrah, 10(2), 93-106. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v10i2.165.
Muhammad, S., & Rahman, M. (2017). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Sekolah Dasar Islam Insan Kamil Bacan Kabupaten Halmahera Selatan. Edukasi, 15(1), 610–620. https://doi.org/10.33387/j.edu.v15i1.279.
Mulyasa, A. E. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munif, M. (2017). Strategi Internalisasi Nilai-Nilai PAI dalam Membentuk Karakter Siswa. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.49.
Mustari, M. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Muzaki, I. A., & Tafsir, A. (2018). Pendidikan Multikultural dalam Perspektif Islamic Worldview. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 57-76. https://doi.org/10.36667/jppi.v6i1.154.
Patras, Y. E., Iqbal, A., Papat, P., & Rahman, Y. (2019). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah dan Tantangannya. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 800–807. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1329.
Rivai, V. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. (2014). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Suprihatin. (2004). Manajemen Sekolah. Semarang: UNNES Press.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.