MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI
Abstrak
Wabah COVID-19 sampai saat ini turut memberikan dampak yang signifikan terhadap dunia pendidikan, sehingga mayoritas sekolah di Indonesia masih menggunakan sistem pembelajaran online. Implikasi dari beberapa kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah terkait sistem pembelajaran saat pandemi, menuntut sekolah untuk mendukung pembelajaran online. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini dibuat untuk mengetahui manajemen pembelajaran di masa pandemi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif di mana pencarian informasi sumber dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara an dokumentasi. Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan beberapa guru SMAS Muhammadiyah Tanjung Redeb, dapat disimpukan bahwa dalam proses pembelajaran, penggunaan metode yang tepat adalah merupakan suatu keharusan atau hal mutlak yang harus dilakukan agar tercapainya tujuan dalam pembelajaran. Sementara itu pembelajaran online dapat dilakukan melalui berbagai aplikasi pembelajaran. Penggunaan metode yang benar dikombinasi dengan strategi yang tepat akan menjadikan strategi pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan. Selain itu, kendala dalam pembelajaran terjadi jika ada yang menghambat proses belajar terutama dari faktor manusia (guru dan siswa), faktor kelembagaan (ruang kelas), dan faktor pendidikan (kurangnya bahan ajar). Selanjutnya, ukuran keberhasilan proses pembelajaran adalah melalui pembelajaran yang efektif, yang meliputi beberapa faktor seperti sumber media yang tersedia, motivasi belajar yang tinggi, aktivitas siswa, akses jaringan yang lancar, hasil tugas, materi yang cukup, dan lokasi yang mendukung.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Aldino, A. A., Hendra, V., & Darwis, D. (2021). Pelatihan Spada Sebagai Optimalisasi LMS Pada Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid 19. Journal of Technology and Social for Community Sewvice (JTSCS), 2(2), 72–81. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i2.1330
Asakir, I., & Mahmudah, F. N. (2022). Kreativitas dan inisiatif guru dalam pengembangan mutu pembelajaran online. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 31–41. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1541
Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281–288. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Bramastia. (2021). Penggunaan Bantuan Kuota Belajar Kemendikbud di Masa Pandemi. Epistema, 2(1), 11–22. https://doi.org/10.21831/ep.v2i1.40367
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmi Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset (Memilih Diantara Lima Pendekatan) (S. Z. Qudsy, Ed.; Edisi 3). Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Ginanjar, E. G., Darmawan, B., & Sriyono. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Partisipasi Belajar Peserta Didik SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 206–219. https://doi.org/10.17509/jmee.v6i2.21797
Habibi, M. F. A., & Astuti, A. P. (2021). Ismuba Learning Problems And Solutions During Pandemic In Elementary School. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 342–362. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/ndh.v6i2.1580
Hamzah, A., & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Hidayah, N., & Mahmudah, F. N. (2021). Home learning pattern for indonesian elementary students during covid-19 pandemic. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 13(1), 91–106. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v13i1.610
Indrawati. (2016). Pelatihan Widyaiswara Penyesuaian/Inpassing Berbasis E-Learning. In Modul Pelatihan Widyaiswara Penyesuaian/ Inpassing Berbasis E - Learning.
Iriansyah, H. S. (2020). Membangun Kreativitas Guru dengan Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 1, 1–6.
Jamila, Ahdar, & Natsir, E. (2021). Problematika Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare. Alma’Arief: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(2), 101–110. https://doi.org/10.35905/almaarief.v3i2.2346
Juhji, Riduan, A., Syaepudin, S., & Liani, D. A. (2022). Exploring student learning concentration through whatsapp group: a classroom teacher’s effort in online learning during the pandemic. Online Learning in Educational Research, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.58524/oler.v2i1.85
Juhji, Sutarman, A., & Raharjo, S. (2021). Views of junior high school teachers toward online learning. Jurnal Idaarah, V(1), 50–62. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i1.20584
Kahfi, S., & Kasanova, R. (2020). Manajemen Pondok Pesantren Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pondok Pesantren Mambaul Ulum Kedungadem Bojonegoro). Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 3(1), 26–30. https://doi.org/10.31764/pendekar.v3i1.2827
Karollina, N., Hidayati, U., & Syaflita, D. (2021). Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dan Google Form Pada Pembelajaran Ipa Di Mts Darul Hikmah Pekanbaru. Riau Education Journal, 1(1), 21–27.
Kelana, J. B., Wulandari, M. A., & Wardani, D. S. (2021). Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting di Masa Pandemi Covid-19 pada Pembelajaran Sains. Jurnal Elementary, 4(1), 18–22.
Mahmudah, F. N. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif Manajemen Pendidikan Berbantuan Software Atlas.Ti Versi 8. Yogyakarta:UAD PRESS.
Mahmudah, F. N., & Putra, E. C. S. (2021). Tinjauan pustaka sistematis manajemen pendidikan: Kerangka konseptual dalam meningkatkan kualitas pendidikan era 4.0. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 43–53. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.33713
Mahmudah, F. N., Putra, E. C. S., & Wardana, B. H. (2021). The impacts of covid-19 pandemic: External shock of disruption education and financial stress cohesion. FWU Journal of Social Sciences, 15(2), 42–64. https://doi.org/10.51709/19951272/Summer-2/3
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis (A Methods Sourcebook) (Edisi Keti). California:SAGE Publications.
Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Google Meet Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio, 9(2), 388–394. https://doi.org/10.46306/ncabet.v1i1.32
Mulatsih, B. (2020). Penerapan Aplikasi Google Classroom, Google Form, dan Quizizz dalam Pembelajaran Kimia di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 16–26.
Patmasari, L., & Mahmudah, F. N. (2022). Diferensiasi implementasi supervisi akademik masa pandemi di smk muhammadiyah 2 yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 84–93. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6549
Pramudya, N., & Maharani, E. T. W. (2020). Refleksi Peserta Didik Guna Mengetahui Tolak Ukur Pemahaman Pada Pembelajaran Kimia Via Daring Di SMA X Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 3, 147–157.
Purwianto, A., Mahmudah, F. N., & Nasaruddin, D. M. (2022). Pelibatan orang tua dalam upaya meningkatkan capaian belajar siswa kelas vi sd unggulan aisyiyah bantul tahun pelajaran 2021/2022 di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16267–16276. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.5060
Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2). https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281
Rahmanto, M. A., & Bunyamin. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 119–135.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar Di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna, 03(02), 285–311.
Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93
Sudrajat, A. (2009). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran. Artikel Tentang Pendidikan.
Utomo, R. A. S., & Mahmudah, F. N. (2021). The Implementation of Distance Learning during the Covid-19 Pandemic. Madrasah, 13(2), 114–125. https://doi.org/10.18860/mad.v13i2.11330
Wahyuni, R. (2021). Implementasi Manajemen Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SMP Negeri 7 Sijunjung. Tesis, IAIN Batusangkar
Wedi, A. (2016). Konsep Dan Masalah Penerapan Metode Pembelajaran. Edcomtech : Jurnal Kajian Teknologi Ilmiah, 1(1), 21–28.
Wijayanto, A., & Mahmudah, F. N. (2022). Vocational teacher learning strategies during the covid-19 pandemic in smk muhammadiyah 1 temon. Journal of Civil Engineering and Vocational Education, 9(3), 319–328. https://doi.org/10.24036/cived.v9i3.114261
Yunus, M., Mahmudah, F. N., & Nasaruddin, D. M. (2022). Kompetensi akademik kepala sekolah dalam dinamika kebijakan pendidikan masa pandemi covid-19 di mi al-ihsan kecamatan tanjung redeb kabupaten berau. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 3092–3040. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5990
Yuwono, M. R., Aribowo, E. K., Firmansah, F., & Indrayanto, B. (2020). Pelatihan Anbuso, Zipgrade, dan Google Form Sebagai Alternatif Penilaian Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 49–61.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.