EVALUASI MANAJEMEN KEUANGAN PENDIDIKAN ISLAM METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS
Studi Kasus Komite SMA Cendekia Bekasi
Abstrak
Pengelolaan keuangan pendidikan islam harus menjadi konsentrasi sekolah dalam memenuhi kebutuhan pembiayaan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan dan kepentingan atau harapan wali santri dalam pelayanan dan pengelolaan keuangan pendidikan islam di SMA Cendekia untuk evaluasi pengembangan ke depan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix method dengan strategi sequential explanatory yaitu dengan melakukan analisis kuantitatif metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui tingkat kepentingan dan kinerja pengelolaan keuangan sekolah kemudian temuan tersebut dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif. metode untuk menghasilkan kesimpulan penelitian. Hasilnya menunjukkan; (1) Penting bagi sekolah untuk berkomunikasi dengan wali murid, alumni, dan masyarakat dalam membantu pemenuhan sumber pendanaan; (2) Pentingnya memperhatikan dan memahami masalah keuangan yang dialami mahasiswa. Berdasarkan kedua temuan tersebut, diharapkan sekolah dapat membangun kerja sama dengan panitia yang lebih aktif dan kreatif untuk membantu mengkomunikasikan masalah keuangan untuk mewujudkan pendidikan islam yang berkualitas.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Adillah, G. (2016). Manajemen Keuangan Sekolah. Manajer Pendidikan, 10(4), 343–346.
Agustina, S. (2021). Analisis Pengelolaan Keuangan Sekolah di Yayasan Pendidikan Islam Annysa Kecamatan Sunggal. Skripsi. (Medan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). http://repository.uinsu.ac.id/12838/
Al-Mubarakfury, S. S. R. (2010). Sirah Nabawiyah. Jakarta: Pustaka al-Kautsar.
Al-Mubarakfury, S. S. R. (2014). Shahih Tafsir Ibnu Katsir. Jakarta: Pustaka Ibnu Katsir.
Amerta, I. P. E., Sudjarwo, & Ambarita, A. (2015). Peran Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Pendidikan. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, FKIP Unila, 3(1). https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/26797
Anam, A. K., Ridho, M., & Rohman, F. (2018). Implementasi Sistem Informasi Yayasan (Siyap) Terhadap Kualitas Tata Kelola Keuangan Yayasan Pendidikan Islam di Jepara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 2(2), 35–41. https://doi.org/10.26905/abdimas.v2i2.1815
ASy-Syaukani, M. bin A. (n.d.). Surah An-Nisa Ayat 36. Tafsirweb.com. https://tafsirweb.com/1568-surat-an-nisa-ayat-36.html
Bolotio, R., Hadirman, H., & Musafar, M. (2021). Prolematika Pengelolaan Pendidikan Islam Non-Formal pada Komunitas Muslim. Jurnal Ilmiah Iqra’, 15(1), 32–47. https://doi.org/10.30984/jii.v15i1.1072
Briliani, S. A., & Mansah, A. (2020). Analisis Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan dan Potensi Wakaf Uang di Pondok Pesantren Daarul Rahman Depok. Taraadin: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(1), 68–83.
Dilla, R. F. (2020). Manajemen Keuangan Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Wealth Management: Studi di TK Ceria Demangan Baru Yogyakarta. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 353–371. https://doi.org/10.14421/manageria.2019.42-09
Djibat, B. (2020). Peranan Komite Sekolah dalam Pembiayaan Pendidikan di SMA Negeri 12 Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Pendidikan Dodoto, 19(19), 13–23.
Erlinawati, T., & Badrus, B. (2018). Manajemen Keuangan Sekolah dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di SMAN1 Papar Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 8(3), 413–428. https://doi.org/10.33367/intelektual.v8i3.733
Hartono. (2015). Otonomi Pendidikan. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 1(1), 51–66. http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v1i1.1241
Huda, C., & Kardoyo, K. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pembiayaan Pendidikan, Komite Sekolah, Lingkungan Sekolah Terhadap Kinerja Sekolah. Business and Accounting Education Journal, 2(2), 147–161. https://doi.org/10.15294/baej.v2i2.50640
Iskandar, J. (2019). Imlementasi Sistem Manajemen Keuangan. Idaarah, 3(1), 114–123.
Lestari, I. T., Kardoyo, K., & Sakitri, W. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Layanan, Pembiayaan terhadap Kinerja SMA SMK Negeri. Business and Accounting Education Journal, 1(2), 156–169. https://doi.org/10.15294/baej.v1i2.41449
Limbong, I. E. (2021). Aspek Finansial Pendidikan Islam. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 1(3), 147–154.
Liow, F. E. R. I., Wicaksono, A., & Tamod, Z. E. (2013). Importance and Performance Analysis of The Solid Waste Management System in Tomohon City , Indonesia. IOSR Journal Of Environmental Science, Toxicology And Food Technology, 5(2), 12–21.
Martilla, J. A., And, & James, J. C. (2010). Importance Performance Analysis. Journal of Marketing, 41(1), 77-79.
Mubin, N. (2018). Integritas dan Akuntabilitas dalam Pengelolaan Keuangan Sekolah atau Madrasah. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 14(2), 80–92. https://doi.org/10.5281/zenodo.3366740
Mujahidin, E., Syamsuddin, Nurhayati, I., Hafidhuddin, D., Bahruddin, E., & Endri, E. (2021). Importance Performance Analysis Model for Implementation in National Education Standards (SNPs). Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 10(5), 114–128. https://doi.org/10.36941/ajis-2021-0127
Muspiroh, N. (2019). Kuttab Sebagai Pendidikan Dasar Islam dan Peletak Dasar Literasi. Jurnal TAMADDUN, 7(1), 1–9. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78
Najihah, I., & Muhammad, S. H. (2021). Konsep Manajemen Keuangan dalam Lembaga Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an dan Hadis. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 223. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i2.21616
Purwanto. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Quthb, S. (2014). Fi Zhilalil Qur’an. Jakarta: Gema Insani.
Safiera, F., & Setyawan, Y. (2017). Metode Importance-Performance Analysis (IPA) dan Regresi Logistik Ordinal untuk Mengetahui Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien Klinik Pratama RBG RZ Bantul Yogyakarta. Jurnal Statistika Industri dan Komputasi, 2(2), 84–92. https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/STATISTIKA/article/view/1085
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi, I. (2016). Character Education Based on Religious Values: an Islamic Perspective. Ta’dib, 21(1), 41. https://doi.org/10.19109/td.v21i1.744
Tampubolon, P. M. (2015). Perencanaan dan Keuangan Pendidikan. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Utomo, Y. T. (2017). Kisah Sukses Pengelolaan Keuangan Publik Islam: Perspektif Historis. At-Tauzi: Islamic Economic Journal, 17(2), 156–171. http://jurnalhamfara.ac.id/index.php/attauzi/article/view/24
Wahyuni, N. (2022). GAP Analysis. Binus University. qmc.binus.ac.id. https://qmc.binus.ac.id/2014/09/28/g-a-p-a-n-a-l-y-s-i-s/
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Zulham. (2020). Sistem Pengelolaan Keuangan Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, 6(1), 60–73. https://journal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/1088/983
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.