THE EKSISTENSI PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGI BERDASARKAN SNI ISO 21001:2018
Abstrak
Perguruan tinggi dapat menerapkan SNI ISO 21001:2018 sebagai salah satu acuan dalam mengelola sistem layanan pendidikan yang mengacu pada standar pendidikan internasional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang merupakan jenis deskriptif. Objek penelitian ini terdiri dari perguruan tinggi yang akan dan telah menerapkan SNI ISO 21001:2018 dan subjek penelitian yaitu pihak Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku Instansi Pembina Penerapan SNI ISO 21001:2018 di perguruan tinggi, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif, teknik observasi dengan melakukan pengumpulan data melalui pengamatan terhadap situasi dan kondisi perguruan tinggi yang sedang dan telah menerapkan SNI ISO 21001:2018. Hasil Penelitian ini, yaitu: sistem manajemen organisasi pendidikan berdasarkan SNI ISO 21001:2018 merupakan metode manajemen untuk organisasi penyedia produk dan layanan pendidikan yang mampu memenuhi persyaratan pelajar dan penerima manfaat lainnya serta dapat diterapkan pada organisasi lainnya yang menggunakan kurikulum pendidikan dalam mendukung pengembangan kompetensi melalui pengajaran, pembelajaran dan penelitian. Penerapan SNI ISO 21001:2018 diperkuat dengan lima konsep utama yang menjadi landasan di semua management system standard ISO. Kelima konsep utama tersebut diantaranya pemikiran berbasis risiko, pendekatan proses, siklus plan-do-check-act, prinsip-prinsip manajemen, dan struktur tingkat tinggi. Adapun tahapan proses untuk penerapan SNI ISO 21001:2018 yaitu tahap identifikasi awal, setup sistem, implementasi dan pelaksanaan audit internal, pengajuan permohonan sertifikasi, serta pendampingan tindakan perbaikan dan penyerahan sertifikat SNI ISO 21001:2018.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Abidin, A. A. (2017). Manajemen pembiayaan pendidikan tinggi dalam upaya peningkatan mutu (Studi kasus pada perguruan tinggi swasta menengah di Surabaya). Jurnal Penjaminan Mutu, 87–99. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/95
Ason, A., & Mardiana, M. (2020). Analisis Implementasi Delapan Standar Nasional Pendidikan Di Sekolah Menengah Pertama (Smp) Kabupaten Sintang. Bestari: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(2), 44–53. https://doi.org/10.46368/bjpd.v1i2.199
Baharun, H., & Zamroni. (2017). Manajemen Mutu Pendidikan Ikhtiar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah melalui Pendekatan Balanced Scorecard.AkademiaPustaka.https://lp3m.unuja.ac.id/unduh_bukuajar/39/Buku Manajemen Mutu Pendidikan.pdf
BSN. (2019). BSN Perkenalkan SNI ISO 21001:2018 – Sistem Manajemen untuk Organisasi Pendidikan di UNIBA. https://www.bsn.go.id/main/berita/detail/10276/bsn-perkenalkan-sni-iso-210012018-sistem-manajemen-untuk-organisasi-pendidikan-di-uniba
BSN. (2020). Penerapan Sistem Manajemen Pendidikan Tinggi Berbasis SNI ISO21001:2018. https://www.bsn.go.id/main/berita/detail/11055/penerapan-sistem-manajemen-pendidikan-tinggi-berbasis-sni-iso-210012018
BSN. (2022). Tahapan Pendampingan SNI. https://pembimbingansni.bsn.go.id/
Dewi, C. (2018). Manajemen Pengembangan Kompetensi Dosen. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 3(1), 22–29. http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/4084
Indriyanti, A. (2017). Peningkatan Mutu Dalam Manajemen Sdm Untuk Daya Saing Perguruan Tinggi Di Era Globalisasi. Prima Ekonomika, 8(1), 74–85. http://jurnal.stieykp.ac.id/index.php/prima-ekonomika/article/view/19
Maranting, H. S., Muh. Arif, & Abdurrahman R. Mala. (2020). Implementasi Standar Nasional Pendidikan dalam Meningkatkan Daya Saing Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Gorontalo. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 188–206. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i2.1765
Mustopa, A., Jasim, J., Basri, H., & Barlian, U. C. (2021). Analisis Standar Penilaian Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 24–29. https://doi.org/10.33751/jmp.v9i1.3364
Ngindana, R., Rachmatullah Putra, L., & Albertus, R. (2020). Analisis Penerapan Sistem Manajemen Pendidikan Tinggi Untuk Mewujudkan Good University Governance. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik, 2(2), 152. https://doi.org/10.33474/jisop.v2i2.6726
Rabiah, S. (2019). Manajemen Pendidikan Tinggi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Sinar Manajemen, 6(1), 58–67. https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JSM/article/view/551
Ridho. (2018). ISO 21001:2018 – Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan. https://isoindonesiacenter.com/iso-210012018-sistem-manajemen-organisasi-pendidikan/
Rifa’i, A. A. (2018). Manajemen Mutu Pendidikan Tinggi (Mmpt): Konsep Dasar Dan Strategi Dalam Peningkatan Mutu Berkelanjutan. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 1(1), 20–38. https://doi.org/10.32923/kjmp.v1i1.917
Setyadiharja, R., & Nengsih, N. S. (2017). Pandangan Masyarakat Terhadap Kebijakan Standar Nasional Pendidikan (Studi Pada Pendidikan Dasar di Kota Tanjungpinang). JIP (Jurnal Ilmu Pemerintahan) : Kajian Ilmu Pemerintahan Dan Politik Daerah, 2(1), 61–83. https://doi.org/10.24905/jip.2.1.2017.61-83
SIla, I. M. (2017). Peranan Manajemen Mutu Pendidikan Tinggi Berbasis SPMI Dalam Meningkatkan Pelayanan Untuk Mewujudkan Pendidikan Berkualitas. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra, 2085, 1–10. http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/506
Suharsaputra. (2015). Manajemen Pendidikan Perguruan Tinggi Strategi Menghadapi Perubahan (Cet.1, Ed.). Bandung: PT Refika Aditama, http://pustaka.unm.ac.id/opac/detail-opac?id=44732
Sulhati. (2020). Penataan Manajemen Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi (JMP-DMT), 1(3), 153–160. doi: http://dx.doi.org/10.30596%2Fjmp-dmt.v1i3.5692
Syukron, B. (2017). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu: Studi Transformasi Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 51–62. https://doi.org/10.21009/JPEB.005.1.4
Yustiyawan, R. H. (2019). Penguatan Manajemen Pendidikan Dalam Mutu Pendidikan Tinggi Studi Kasus di STIE IBMT Surabaya. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 4(1), 1. https://doi.org/10.26740/jdmp.v4n1.p1-10
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.