MODEL MANAJEMEN KELAS BAGI ANAK LAMBAN BELAJAR DI ERA NEW NORMAL
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran model manajemen kelas bagi anak lamban belajar di Era New Normal di SDN 13 kolo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data guru dan wali kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan pengabsahan data dilakukan dengan perpanjang pengamatan, triangulasi dan member cek, selanjutnya dianalisis dengan mengikuti konsep Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat model manajemen kelas bagi anak lamban belajar dengan menciptakan iklim belajar melalui metode pemberian aktivitas praktek, memberikan tepuk tangan semangat untuk membangun kepercayaan diri anak lamban belajar, memberikan ice breaking untuk menghilangkan rasa bosan anak lamban belajar, mengajak anak lamban belajar untuk belajar di pantai, menggunakan media tab untuk penguatan pembelajaran anak lamban belajar dan pemberian penyeimbangan otak kiri dan otak kanan melalui video YouTube. Lanjut dalam pengaturan ruang kelas bagi anak lamban belajar menggunakan model tempat duduk secara melingkar agar dapat berinteraksi dengan teman-teman sebaya, membuat diskusi kelompok dengan teman sebaya. Lanjut dengan mendesain model kelas menggunakan hasil gambar siswa, merancang posisi lesehan baca, keadaan pencahayaan yang baik, lanjut model interaksi guru ke anak lamban belajar menggunakan metode interaksi satu arah dengan cara langsung menghampiri anak tersebut untuk diberikan layanan khusus secara konteks budaya lokal Bima yaitu ‘ngoa ra tei’ (mengasuh) dengan harapan anak dapat menumbuhkan semangat dalam belajar dan dapat berinteraksi dengan teman sebaya.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ardi, N Wiyani. (2013). Manajemen Kelas. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Barnawi & Arifin M. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana sekolah. Jogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Eliningsih. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Manajemen Pengelolaan Kelas di Masa Pandemi Covid-19 melalui Supervisi Klinis Pengawas di SDN 15 Perawang. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 6(1), 25–36.
Friend, Marilyn & Bursuck, D William. (2015). Menuju Pendidikan Inklusi. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Juriyati, J. (2020). Implementasi Manajemen Kelas pada Pembelajaran Jarak Jauh di MI Muhamadiyah Pandansari. Jurnal Kependidikan, 8(2), 224-234. https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/4558
Kartiko, A. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi dan Kompensasi terhadap Kinerja Pendidik di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Mazro’atul Ulum Paciran. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 207-226. https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/nidhomulhaq/article/view/351
Karwati E & Priansa, D Juni (2015). Manajemen Kelas. Guru Profesional yang inspiratif, kreatif, Menyenangkan dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta.
Nasution, Itto Nesyia & Syaf Aulia. (2018). Hubungan Iklim Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa. pekanbaru: Jurnal Psikologi Vol.1 No.2. http://jurnal.univrab.ac.id/index.php/psi/article/view/528
Munawaroh. (2020) Hubungan Kualitas Komunikasi Guru dan Siswa dengan Motivasi Belajar Matematika. Jenius: Jurnal of Education Policy and Elementary Education Issues Vol.1, No.2 https://doi.org/10.22515/jenius.v1i2.3645
Sitepu, R., & BR, M. (2019). Analisis Siswa Lamban dalam Pembelajaran Tematik Terpadu SDN 064033 Jalan Parang II Kec. Medan Johor Ta 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Quality). http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/281
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.