PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP PEMBELAJARAN ONLINE

  • Baharuddin Baharuddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Erwin Hafid Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Danial Rahman Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Chaeriyah Mamuju
    (ID) http://orcid.org/0000-0003-0469-9616
  • Lisa Nursita Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Manajemen Pendidikan Islam, Pembeljaran Online, Pandemi Covid-19

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian quantitative descriptive yang dilakukan pada Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam di Pascasarjana UIN Alauddin Makassar. Responden dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik sampel jenuh dengan pertimbangan bahwa mahasiswa yang masih aktif pada program studi tersebut memungkinkan untuk diperoleh datanya dalam waktu singkat. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara terstruktur. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan mengorganisasikan data berdasarkan persepsi mahasiswa terkait proses perkuliahan online, kapabilitas dosen, dan fasilitas perkuliahan selama pembelajaran online. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini tentang persepsi mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam pada Pascasarjana UIN Alauddin Makassar menunjukkan bahwa: (1) mahasiswa merasa pembelajaran online cukup efektif dan efisien dengan persentase rata-rata tanggapan sebesar 70%; (2) dosen selama pandemi Covid-19 memiliki kapabilitas yang baik dengan persentase rata-rata tanggapan sebesar 83,2%; dan (3) fasilitas perkuliahan yang digunakan sudah memadai dengan persentase rata-rata tanggapan sebesar 77,7% melalui penggunaan Zoom dan Google Meet. Penelitian ini diharapkan dapat berimplikasi terhadap dosen dan mahasiswa, khususnya pada Program Studi Manajemen Pendidikan Islam di UIN Alauddin Makassar bahwa pembelajaran online merupakan kegiatan perkuliahan yang dilakukan selama pandemi Covid-19 tetap dapat dilaksanakan dengan memanfaatkan berbagai fasilitas dan terus berupaya untuk meningkatkan kapabilitas untuk belajar (bagi mahasiswa) dan mengajar (bagi dosen).

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##
E-Mail: [email protected]
Contact: +6285342943618

Education Bacground:
  • Program Sarjana dalam Bidang Manajemen Pendidikan Islam pada STAIN Watampone (IAIN Bone), 2013-2017
  • Program Magister dalam Bidang Manajemen Pendidikan Islam pada Pascasarjana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2018-2019
  • Program Doktor dalam Bidang Pendidikan pada Pascasarjana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2020-Sekarang

Job Experience:

  • Lecturer at Department of Islamic Education Management, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Chaeriyah Mamuju, 2019-Sekarang 
  • Assistant Lecturer at Department of Islamic Education Mangement, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2020-Sekarang
  • Dewan Redaksi, Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2021-Sekarang
  • Advisory Board, Maktabatun: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 2021

Awards:

  • Enumerator pada Pengukuran Baseline dan Endline Pola Pengasuhan LKSA di Kabupaten Gowa, 2018 dan 2019
  • Alumnus Terbaik pada Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, 2019
  • Alumnus Tercepat pada Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, 2019

 Scholarly Papers and Books:

Referensi

Anhusadar, L. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44-58. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9609

Aswasulasikin, D. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Kuliah Daring di Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Jurnal Sosial Dan Budaya Syar I, 7(8). https://doi.org/10.15408.v7i8.15734

Fauzi, W. N. A., & Munastiwi, E. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Berbasis Online masa Pandemi Covid-19 di SDIT Luqman Al-Hakim Sleman. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 14(2), 171–186. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v14i2.2885

Hadi, L. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring di Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Zarah, 8(2), 56–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31629/zarah.v8i2.2464

Maulana, H. A. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring di Pendidikan Tinggi Vokasi: Studi Perbandingan antara Penggunaan Google Classroom dan Zoom Meeting. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 188–195. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.259

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151-160. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067

Nugroho, S. (2015). Profesionalisme Guru SD Negeri Se-Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang: Suatu Tinjauan Aspek Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru. Jurnal VARIDIKA, 24(2), 135-146 https://doi.org/10.23917/varidika.v24i2.710

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sudarsana, D. (2020). Covid-19 Perspektif Pendidikan. Denpasar: Yayasan Kita Menulis.

Sutanta, E. (2009). Konsep dan Implementasi E-learning. Yogyakarta: IST Akprind.

Syamsudduha, S., Yunus, A. R., & Rahman, D. (2020). Tinjauan Riset Mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Alauddin Makassar (Analisis Kecenderungan dan Bidang Kajian Penelitian Mahasiswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 273–289. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.17731

Diterbitkan
2022-12-16
Bagian
Vol 6 No 2
Abstrak viewed = 214 times