PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP PEMBELAJARAN ONLINE
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian quantitative descriptive yang dilakukan pada Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam di Pascasarjana UIN Alauddin Makassar. Responden dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik sampel jenuh dengan pertimbangan bahwa mahasiswa yang masih aktif pada program studi tersebut memungkinkan untuk diperoleh datanya dalam waktu singkat. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara terstruktur. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan mengorganisasikan data berdasarkan persepsi mahasiswa terkait proses perkuliahan online, kapabilitas dosen, dan fasilitas perkuliahan selama pembelajaran online. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini tentang persepsi mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam pada Pascasarjana UIN Alauddin Makassar menunjukkan bahwa: (1) mahasiswa merasa pembelajaran online cukup efektif dan efisien dengan persentase rata-rata tanggapan sebesar 70%; (2) dosen selama pandemi Covid-19 memiliki kapabilitas yang baik dengan persentase rata-rata tanggapan sebesar 83,2%; dan (3) fasilitas perkuliahan yang digunakan sudah memadai dengan persentase rata-rata tanggapan sebesar 77,7% melalui penggunaan Zoom dan Google Meet. Penelitian ini diharapkan dapat berimplikasi terhadap dosen dan mahasiswa, khususnya pada Program Studi Manajemen Pendidikan Islam di UIN Alauddin Makassar bahwa pembelajaran online merupakan kegiatan perkuliahan yang dilakukan selama pandemi Covid-19 tetap dapat dilaksanakan dengan memanfaatkan berbagai fasilitas dan terus berupaya untuk meningkatkan kapabilitas untuk belajar (bagi mahasiswa) dan mengajar (bagi dosen).
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Anhusadar, L. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44-58. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9609
Aswasulasikin, D. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Kuliah Daring di Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Jurnal Sosial Dan Budaya Syar I, 7(8). https://doi.org/10.15408.v7i8.15734
Fauzi, W. N. A., & Munastiwi, E. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Berbasis Online masa Pandemi Covid-19 di SDIT Luqman Al-Hakim Sleman. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 14(2), 171–186. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v14i2.2885
Hadi, L. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring di Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Zarah, 8(2), 56–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31629/zarah.v8i2.2464
Maulana, H. A. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring di Pendidikan Tinggi Vokasi: Studi Perbandingan antara Penggunaan Google Classroom dan Zoom Meeting. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 188–195. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.259
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151-160. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067
Nugroho, S. (2015). Profesionalisme Guru SD Negeri Se-Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang: Suatu Tinjauan Aspek Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru. Jurnal VARIDIKA, 24(2), 135-146 https://doi.org/10.23917/varidika.v24i2.710
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Sudarsana, D. (2020). Covid-19 Perspektif Pendidikan. Denpasar: Yayasan Kita Menulis.
Sutanta, E. (2009). Konsep dan Implementasi E-learning. Yogyakarta: IST Akprind.
Syamsudduha, S., Yunus, A. R., & Rahman, D. (2020). Tinjauan Riset Mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Alauddin Makassar (Analisis Kecenderungan dan Bidang Kajian Penelitian Mahasiswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 273–289. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.17731
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.