MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ARAB SISWA DENGAN PENDEKATAN MULTI STRATEGI

  • Sutipyo Ru'iya Universitas Ahmad Dahlan
    (ID)
  • Thonthowi Universitas Ahmad Dahlan
    (ID)
Kata Kunci: Evaluasi Autentik, Materi Happening, Pembelajaran Bahasa Arab, Perbedaan Individu.

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkap upaya guru bahasa Arab dalam mengatasi kesulitan siswa dalam belajar siswa agar siswa mencapai kompetensi yang ditentukan. Subyek penelitian ini adalah guru bahasa Arab pada Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Muhammadiyah (MTs DU M) Galur Yogyakarta. Pengumpulan data melalui observasi terstruktur dan wawancara mendalam dengan guru bahasa Arab, dan beberapa siswa untuk membandingkan data yang diperoleh. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah guru di MTs DU M Galur tergolong pada guru yang profesional. Guru terampil dalam menyikapi perbedaan individu (individual differences) pada siswa dan keadaan siswa yang sangat heterogen, guru melakukan pengelompokan siswa sesuai dengan kemampuan dasar yang dimiliki, melakukan pengembangan materi pada kurikulum yang diterapkan yang menyusun materi yang sedang happening di kalangan siswa. Guru bahasa Arab menerapkan beberapa metode dan strategi pembelajaran yang didukung dengan penggunaan beberapa media dan alat yang tersedia di madrasah. Akhirnya kemampuan yang dicapai oleh siswa selama pembelajaran Bahasa Arab tergolong sangat tinggi yaitu mencapai 97-99% siswa mencapai kompetensi dengan menerapkan evaluasi autentik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Abdurrahman, M., Suherman, A., Masor, M., & Fadhlillah, A. M. I. (2015). Tantangan Guru Bahasa Arab Madrasah Aliyah Dalam Perspektif Kompetensi Pedagogik dan Profesional. ARABIYAT : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(1), 43–58. Https://doi.org/10.15408/A.V2i1.1513

Amboro, K. (2020). Kontekstualisasi Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Sejarah. Yupa: Historical Studies Journal, 3(2), 90–106. Https://doi.org/10.30872/Yupa.V3i2.203

Anggraeni, N. E. (2019). Strategi Pembelajaran dengan Model Pendekatan pada Peserta Didik Agar Tercapainya Tujuan Pendidikan di Era Globalisasi. Scienceedu, 72. Https://doi.org/10.19184/Se.V2i1.11796

Arif, S. (2014). Penerapan Penilaian Autentik pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 1 Pamekasan. Nuansa, Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, 11(2), 235–262.

Azhari, A. (2015). Peran Media Pendidikan dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Siswa Madrasah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(1), 43. Https://doi.org/10.22373/Jid.V16i1.586

Bartholo, T. L., Koslinski, M. C., Tymms, P., & Castro, D. L. (2022). Learning Loss and Learning Inequality During The Covid-19 Pandemic. Ensaio: Avaliação E Políticas Públicas Em Educação, 1–24. Https://doi.org/10.1590/S0104-40362022003003776

Butarbutar, N., Windarto, A. P., Hartama, D., & Solikhun, S. (2017). Komparasi Kinerja Algoritma Fuzzy C-Means Dan K-Means dalam Pengelompokan Data Siswa Berdasarkan Prestasi Nilai Akademik Siswa. Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika), 1(1), 46. Https://doi.org/10.30645/Jurasik.V1i1.8

Chatib, M. (2014). Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung: Kaifa.

Creswell, J. W. (2014). Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Desmita. (2015). Psikologi Perkembangan (IX). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2020). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dodi, N. (2016). Pentingnya Guru untuk Mempelajari Psikologi Pendidikan. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. 1(1), 59-63.

Fattah, M. (2013). Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Arab Madrasah Aliyah se Kota Samarinda. Fenomena: Jurnal Psikologi5, 5(1), 73–94.

Fauzi, Moh. F., Fatoni, A., & Anindiati, I. (2020). Pelatihan Peningkatan Kualitas Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Information dan Communication Technology (ICT) Untuk Pengajar Bahasa Arab. Jurnal Terapan Abdimas, 5(2), 173–181. Https://doi.org/10.25273/Jta.V5i2.5620

Handriyantini, E. (2020). Strategi Pembelajaran Daring Aktif, Kreatif dan Menyenangkan. Dalam Rekonstruksi Pembelajaran di Era New Normal. Malang: Seribu Bintang, 200–210.

Hanipudin, S. (2020). Konsesi Guru Modern dalam Pendidikan Islam. Al-Munqidz: Jurnal Kajian dan Keislaman, 8(3), 338-357.

Hasanah, M., Mubaligh, A., Sari, R. R., Syarofah, A., & Prasetyo, A. (2021). Arabic Performance Curricullum Development: Reconstruction Based On Actfl and Douglas Brown Perspective. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 4(3). Https://doi.org/10.18860/Ijazarabi.V4i3.11900

Hendri, M. (2017). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pendekatan Komunkatif. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, 3(2), 196. Https://doi.org/10.24014/Potensia.V3i2.3929

Hizbullah, N., & Mardiah, Z. (2015). Masalah Pengajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah di Jakarta. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(3), 189–198. Https://doi.org/10.36722/Sh.V2i3.145

Hutagaol, A. S. R., & Rismawati, M. (2019). Penerapan Multimetode untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. J-Pimat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 49–56. Https://doi.org/10.31932/J-Pimat.V1i1.409

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2019). Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia No 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Pada Madrasah. Kementerian Agama Republik Indonesia.

Maarip, S.A. & al-Hendra, K. (2016). Konsep dan Aplikasi Belajar Pembelajaran: Menerapkan Teori dan Model Pembelajaran Efektif. Yogyakarta: PT Leutika Nouvalitera.

Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom dalam Pendidikan. Edisi: Jurnal Edukasi dan Sains, 2(1), 132-139. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisiTIGA

Megawanti, P. (2015). Meretas Permasalahan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Formatif, 2(3), 227–234.

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa. Kuwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95–105.

Minarti, S. (2016). Ilmu Pendidikan Islam: Fakta Teoritis, Filosofis dan Aplikatif-Normatif (2 Ed.). Jakarta: Amzah.

Moustakas, C. (1994). Phenomenological Research Methods. Sage Publications.

Mutia Annisa, Eva Iryani, & Muhammad Sobri. (2021). Implementation of Online Arabic Learning in The New Normal Era in Madrasah Aliyah Negeri 1 Muaro Jambi. International Journal of Islamic Education, Research And Multiculturalism (Ijierm), 2(3), 167–177. Https://doi.Org/10.47006/Ijierm.V2i3.41

Nalole, D. (2018). Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Maharah Al-Kalam) Melalui Metode Muhadtsah dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, 1, 129–145.

Nasution, S. (2012). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Ninoersy, T., Tabrani ZA, & Wathan, N. (2019). Manajemen Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kurikulum 2013 Pada SMAN 1 Aceh Barat. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 05(1), 83–102.

Robert E. Slafin. (2019). Educational Psycology: Theory and Practice. Jakarta: Indeks.

Ru’iya, S., Kistoro, H. C. A., & Sutarman. (2021). Educating With Paying Attention To Individual Differences: Case Study of Slow Learner Students in Inclusion School: 1st Paris Van Java International Seminar On Health, Economics, Social Science and Humanities (PVJ-ISHESSH 2020), Bandung, West Java, Indonesia. Https://doi.org/10.2991/Assehr.K.210304.026

Ru’iya, S., & Masduki, Y. (2022). Model Pembelajaran Akidah Akhlak pada Sistem Pendidikan Daring di Masa Covid-19. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 86–100. Https://doi.org/10.24252/Idaarah.V6i1.27816

Ru’iya, S., Masduki, Y., & Latifah, A. (2022). The Effectiveness of The Video Critic Method In Multiple Intelligences- Based Learning For Class VIII Students At Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 10.

Sadulloh, U. (2015). Pengantar Filsafat Pendidikan. Alfabeta.

Salmah, S., & Souad, M. (2020). Dampak Pengelompokan Siswa Berdasarkan Kemampuan dan Status Sosial Ekonomi Terhadap Prestasi Akademik Siswa: Persepsi Guru dan Orang Tua. Jurnal Edu Research: Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS), 1(3). https://doi.org/10.47827/vol1iss3pp30-42

Sani, R. A. (2014). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Setianingsih, D., & Mahabbati, A. (2017). Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Benda Siswa Tunarungu Kelas Dasar II. Jurnal Widia Ortodidaktika, 6(6), 8.

Silberman, M. (2004). Active Learning (101 Strategi Pembelajaran Aktif). Yogyakarta: Yapendis.

Suyitno, S. (2021). Penerapan Kompetensi Psikologi Guru dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 58–65. Https://doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i1.1900

Wibowo, D. H. (2015). Penerapan Pengelompokan Siswa Berdasarkan Prestasi Dijenjang Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi UNDIP, 14(2), 148–159. Https://doi.Org/10.14710/Jpu.14.2.148-159

Wuryandani, W., Faturrohman, F., Senen, A., & Haryani, H. (2018). Implementasi Pemenuhan Hak Anak Melalui Sekolah Ramah Anak. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 86–94. Https://doi.Org/10.21831/Jc.V15i1.19789

Zaid, A. H. (2012). Pendekatan Komunikatif dalam Pengajaran Bahasa Arab (Pengalaman Pondok Modern Darussalam Gontor). At-Ta’dib, 7(2). Https://Doi.Org/10.21111/At-Tadib.V7i2.77

Zulkifli, Z., & Royes, N. (2018). Profesionalisme Guru dalam Mengembangkan Materi Ajar Bahasa Arab di MIN 1 Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(2), 120–133. Https://doi.Org/10.19109/Jip.V3i2.1646

Diterbitkan
2022-12-08
Bagian
Vol 6 No 2
Abstrak viewed = 346 times