BRANDING SEKOLAH SWASTA DALAM MENGHADAPI KEBIJAKAN ZONASI

  • Najmy Hanifah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
    (ID)
  • Istikomah Istikomah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
    (ID)
Kata Kunci: Branding Sekolah, Kebijakan Zonasi, Strategi Branding

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang konsep branding sekolah swasta dalam menghadapi sistem zonasi yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Sebab setelah ditetapkan sistem zonasi, sekolah swasta yang berada di tengah kota harus bersaing secara eksplisit dengan sekolah negeri untuk mendapatkan peserta didik baru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Peneliti akan terlibat secara langsung dan melakukan pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, maupun dokumentasi di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Setelahnya dilakukan analisis dengan tiga tahapan yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah swasta yang berada di tengah kota harus berjuang untuk mendapatkan peserta didik baru dengan cara menyusun strategi untuk bisa menarik perhatian peserta didik, adapun strategi Brandingnya meliputi brand identity, brand personality, brand positioning, dan brand communication. Setelah adanya strategi ini, terutama memaksimalkan adanya promosi media sosial sekolah swasta tersebut dapat bersaing dengan sekolah swasta lainnya.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Akmalia, A., & Danupranata, G. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Penguatan Branding Sekolah Dasar Muhammadiyah Purwodiningratan. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 2020: 5. Kreatifitas Pendidikan Dan Pembelajaran Di Sekolah Dan Perguruan Tinggi, 2017, 917–924. https://doi.org/10.18196/ppm.35.73

Dian Purwanti, Ira Irawati, Josy Adiwisastra. (2020). Efektivitas Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi bagi Siswa Rawan Melanjutkan Pendidikan. Jurnal Online Universitas Galuh, 274–282.

Fradito, A., Suti’ah, S., & Muliyadi, M. (2020). Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Citra Sekolah. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 12–22. https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i1.6203

Habibullah, A. H. (2019). Studi Di Smp Negeri 3 Mrebet Purbalingga. Jurnal El- Hamra (Kependidikan dan Kemasyarakatan), 4(2), 27–35.

Hayat, Najmul, Mahmud MY, Fransisko Chaniago, & Mentari Erlianto. (2022). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Citra Sekolah. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 20–34. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v5i1.2717

Karsono, K., Purwanto, P., & Salman, A. M. Bin. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 869–880. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2649

Kementerian, & Kebudayaan, P. (2022). Daftar Tanya Jawab Kebijakan Zonasi Tahun Ajaran 2020/2021. https://www.kemdikbud.go.id/main/tanya-jawab/kebijakan-zonasi-tahun-ajaran-20202021.

Meyda Setyana Hutami. (2020). Implementasi Strategi Branding PAUD dalam Meningkatkan Image Sekolah. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 242–246. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.988

Mujib, F., & Saptiningsih, T. (2020). School Branding (Strategi di Era Disrutif) (B. S. Fatmawati (ed.)). Bumi Aksara.

Ningrum, M. A., Suryanti, & Wiryanto. (2022). Penerapan Sistem Zonasi Kebijakan Baru berdasarkan Perspektif Orangtua sebagai Upaya Pemerataan Pendidikan. Jurnal Cakrwala Pendas, 8(3), 932–940. https://doi.org///dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2661

Permendikbud. (2018). Permendikbud No 14 Tahun 2018.

Puspaningtyas, M., Azizah, F. T., & Ranggus, H. P. D. (2022). Pemanfaatan Instagram sebagai Media Branding Sekolah Adiwiyata SDN Pandanrejo 02. 3(2).

Sabaria, & Ahmad, M. R. S. (2021). Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru Jalur Zonasi Tahun 2018 dI SMAN 21 Makassar. Jurnal Sosialisasi, 8(1), 39–46.

Setiawan, A., & Ali, M. (2020). Kebijakan Sistem Zonasi terhadap Arus Masuk Penerimaan Peserta Didik Baru di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Karanganyar.

Sugiyono, P. D. (2020). Cara Mudah Menyusun Skripsi: Skripsi dan Disertasi (A. Nuryanto, Bandung: Alfabeta).

Syafitri, W. (2019). Pelatihan Branding Sekolah pada Sosial Media di SMP IT Madani. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 158–166. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2804

Ula, D. M., & Lestari, I. (2020). Dampak Sistem Zonasi bagi Sekolah Menengah Pertama. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 5(1), 10. https://doi.org/10.28926/briliant.v5i1.375

Utaminingsih, T. P. (2020). Strategi Branding Sekolah Menengah Kejuruan SMK IT Smart Informatika dan SMK Muhammadiyah 4 Surakarta dalam Menghadapi Persaingan Penyelenggaraan Pendidikan. 2.

Wesfix, T. (2017). Branding itu Dipraktekin. Adinto F. Susanto, Jakarta: PT Grasindo.

Diterbitkan
2022-12-08
Bagian
Vol 6 No 2
Abstrak viewed = 656 times