IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU RAUDATUL ATFAL
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi gaya kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan kinerja guru di jenjang TK/RA. Kepala sekolah selaku pemimpin memberikan banyak pengaruh terhadap keberlangsungan mutu pendidikan di sekolah. Guru sebagai pendidik memiliki peran penting dalam berkomunikasi dan memberikan pelayanan pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan mengumpulkan data melalui beberapa teknik seperti wawancara, dokumentasi serta observasi lapangan. Data yang terkumpul selanjutnya di reduksi sesuai dengan fokus penelitian, dianalisa dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah di RA AL-Mahmud Bacem menunjukan dampak positif pada perilaku dan kinerja guru. Dengan menerapkan nilai-nilai kepemimpinan transformasional, motivasi guru untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme meningkat dengan diikutsertakan dalam berbagai kegiatan rutin sekolah, pemberian kesempatan pada guru untuk berpendapat dan mengarahkan guru dalam bekerja memberikan dampak positif terhadap perilaku guru.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Akbar, L., & Imaniyati, N. (2019). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. JP Manper: Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 176-181. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18012
Djuraidi, A., & Laily, N. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja Karyawan melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 13(1), 1-13. https://doi.org/10.26623/jreb.v13i1.2182
Faqihudin, M. (2019). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Mutu Sekolah. Jurnal Dirosah Islamiyah, 1(1), 51-63. https://doi.org/10.47467/jdi.v1i1.60
Faridah, I., & Kurniady, D. (2015). Kompetensi Kerja Guru, Kepemimpinan Pembelajaran dan Kinerja Mengajar Guru TK Kota Bandung. JAP: Jurnal Administrasi Pendidikan, 12(2), 58–68. https://doi.org/10.17509/jap.v22i2.5388
Faruq, M. Al, & Supriyanto. (2020). Kepemimpinan Transfomasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Guru. JDMP: Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), 68–76. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p68-76
Hardono, H., Haryono, H., & Yusuf, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Educational Management, 6(1), 26–33. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman/article/view/16460
Harun. (2009). Manajemen Sumber Daya Pendidikan. Purwokerto: Pena Persada.
Hendrawan, A., Laras, T., Sucahyowati, H., & Cahyandi, K. (2020). Peningkatan Kepemimpinan Transformasional dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB). URECOL: Prosiding University Research Colloquium, 78–89. http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/949
Imam Gunawan. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 1018–1027. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.2061
Kuswaeri, I. (2016). Kepemimpinan Transformasional Kepala. Tarbawi: Jurnal Kilmuan Manajemen Pendidikan, 2(2), 1-13. https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/tarbawi/article/download/59/60
Maris, I. S., Komariah, A., & Bakar, A. (2016). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kinerja Guru, dan Mutu Sekolah. JAP: Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(2), 173–188. https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5645
Moleong, L. J. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nazir. (2014). Metode Penelitian. Makassar: Penerbit Ghalia Indonesia.
Novrinda, Kurniah, N., & Yulidesni. (2017). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Potensia, 2(1),39–46. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/3721
Oviyanti, F. (2013). Tantangan Pengembangan Pendidikan Keguruan di Era Global. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 267–282. https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.2.562
Putra Rustamaji, A. C., Purwana, D., & Yohana, C. (2017). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Kinerja Guru SMK Swasta di Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 5(2), 148–161. https://doi.org/10.21009/jpeb.005.2.3
Rahayu, R. S. (2018). Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dasar Negeri. JMSP: Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(3), 192–201. https://doi.org/10.17977/um025v2i32018p192
Raihani. (2010). Kepemimpinan Sekolah Transformatif. Yogyakarta: LKiS.
Robbins, & Judge. (2017). Perilaku Organisasi. Makassar: Salemba Empat.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sule, E. T., & Saefullah. (2014). Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Supardi, & Aulia Anshari. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan PTPN IX Batujamus. JUPUMI: Jurnal Publikasi Manajemen Informatika, 1(1), 85–95. https://doi.org/10.55606/jupumi.v1i1.243
Suryati. (2021). Gaya Kepemimpinan Servant Leadership, Kepuasan Kerja, Loyalitas Kerja terhadap Komitmen Organisasional (Studi Kasus Pada Kantor BPKAD “Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah) Kabupaten Mappi). JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 1002–1018. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.768
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.