IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU RAUDATUL ATFAL

  • Retno Shiama Varelasiwi Universitas Negeri Malang
    (ID)
  • Maisyaroh Maisyaroh Universitas Negeri Malang
    (ID)
  • Burhanuddin Burhanuddin Universitas Negeri Malang
    (ID)
Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Profesionalisme Guru, Kinerja Guru, Raudatul Atfal

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi gaya kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan kinerja guru di jenjang TK/RA. Kepala sekolah selaku pemimpin memberikan banyak pengaruh terhadap keberlangsungan mutu pendidikan di sekolah. Guru sebagai pendidik memiliki peran penting dalam berkomunikasi dan memberikan pelayanan pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan mengumpulkan data melalui beberapa teknik seperti wawancara, dokumentasi serta observasi lapangan. Data yang terkumpul selanjutnya di reduksi sesuai dengan fokus penelitian, dianalisa dan ditarik kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah di RA AL-Mahmud Bacem menunjukan dampak positif pada perilaku dan kinerja guru. Dengan menerapkan nilai-nilai kepemimpinan transformasional, motivasi guru untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme meningkat dengan diikutsertakan dalam berbagai kegiatan rutin sekolah, pemberian kesempatan pada guru untuk berpendapat dan mengarahkan guru dalam bekerja memberikan dampak positif terhadap perilaku guru.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Akbar, L., & Imaniyati, N. (2019). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. JP Manper: Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 176-181. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18012

Djuraidi, A., & Laily, N. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja Karyawan melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 13(1), 1-13. https://doi.org/10.26623/jreb.v13i1.2182

Faqihudin, M. (2019). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Mutu Sekolah. Jurnal Dirosah Islamiyah, 1(1), 51-63. https://doi.org/10.47467/jdi.v1i1.60

Faridah, I., & Kurniady, D. (2015). Kompetensi Kerja Guru, Kepemimpinan Pembelajaran dan Kinerja Mengajar Guru TK Kota Bandung. JAP: Jurnal Administrasi Pendidikan, 12(2), 58–68. https://doi.org/10.17509/jap.v22i2.5388

Faruq, M. Al, & Supriyanto. (2020). Kepemimpinan Transfomasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Guru. JDMP: Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), 68–76. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p68-76

Hardono, H., Haryono, H., & Yusuf, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Educational Management, 6(1), 26–33. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman/article/view/16460

Harun. (2009). Manajemen Sumber Daya Pendidikan. Purwokerto: Pena Persada.

Hendrawan, A., Laras, T., Sucahyowati, H., & Cahyandi, K. (2020). Peningkatan Kepemimpinan Transformasional dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB). URECOL: Prosiding University Research Colloquium, 78–89. http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/949

Imam Gunawan. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 1018–1027. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.2061

Kuswaeri, I. (2016). Kepemimpinan Transformasional Kepala. Tarbawi: Jurnal Kilmuan Manajemen Pendidikan, 2(2), 1-13. https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/tarbawi/article/download/59/60

Maris, I. S., Komariah, A., & Bakar, A. (2016). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kinerja Guru, dan Mutu Sekolah. JAP: Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(2), 173–188. https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5645

Moleong, L. J. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nazir. (2014). Metode Penelitian. Makassar: Penerbit Ghalia Indonesia.

Novrinda, Kurniah, N., & Yulidesni. (2017). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Potensia, 2(1),39–46. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/3721

Oviyanti, F. (2013). Tantangan Pengembangan Pendidikan Keguruan di Era Global. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 267–282. https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.2.562

Putra Rustamaji, A. C., Purwana, D., & Yohana, C. (2017). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Kinerja Guru SMK Swasta di Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 5(2), 148–161. https://doi.org/10.21009/jpeb.005.2.3

Rahayu, R. S. (2018). Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dasar Negeri. JMSP: Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(3), 192–201. https://doi.org/10.17977/um025v2i32018p192

Raihani. (2010). Kepemimpinan Sekolah Transformatif. Yogyakarta: LKiS.

Robbins, & Judge. (2017). Perilaku Organisasi. Makassar: Salemba Empat.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sule, E. T., & Saefullah. (2014). Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Supardi, & Aulia Anshari. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan PTPN IX Batujamus. JUPUMI: Jurnal Publikasi Manajemen Informatika, 1(1), 85–95. https://doi.org/10.55606/jupumi.v1i1.243

Suryati. (2021). Gaya Kepemimpinan Servant Leadership, Kepuasan Kerja, Loyalitas Kerja terhadap Komitmen Organisasional (Studi Kasus Pada Kantor BPKAD “Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah) Kabupaten Mappi). JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 1002–1018. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.768

Diterbitkan
2023-12-27
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 154 times