PENGELOLAAN PROGRAM CREATIVE STUDENT DAY DALAM PENGEMBANGAN BAKAT MINAT SANTRI
Abstrak
Pengembangan bakat dan minat merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan pendidikan. Salah satu bentuk perhatian untuk pengembangan bakat dan minat santri adalah dengan membuat program Creative Student Day Madrasah Aliyah Salafiyah Darul Muta’allimin dalam rangka mengembangkan bakat dan minat santri juga membuat program Creative Student Day atau juga disebut dengan istilah musabaqah santri seperti kaligrafi, pidato tiga bahasa, fahmil Qur’an dan baca kitab kuning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program Creative Student Day dalam mengembangkan bakat dan minat santri di Madrasah Aliyah Salafiyah Darul Mut’allimin Tanah Merah Aceh Singkil. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Program Creative Student Day berhasil mengembangkan bakat sehinga santri memiliki daya saing, dan motivasi belajar untuk mengasah kemampuan dan prestasi yang diraih ketika mengikuti lomba di luar.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ali, Muhamad. 2017. Psikologi Remaja. Bandung: PT Bumi Aksara.
Amanu, Alchakim. 2015. Manajemen Pengembangan Bakat Minat Santri di Mts Al-Wathoniyyah Pedurungan Semarang. Skripsi.
Anshori, Muslich, dan Sri Iswati. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Edisi 1. Airlangga University Press.
Antika, Bergita Rindy. 2015. Studi Pengembangan Diri (Bakat Minat) pada Santri Komunitas Sastra di Sekolah Alternatif Qoryah Thoyyibah Salatiga (Studi Kasus pada Santri Komunitas Sastra di Sekolah Alternatif Qoryah Thoyyibah). Skripsi.
Arikunto dan Cepi. 2010. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Bangun, Sabaruddin Yunis. 2019. Peran Pelatih Olahraga Ekstrakurikuler dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Olahraga pada Peserta Didik. Jurnal Prestasi 2(4):29. doi: 10.24114/jp.v2i4.11913.
Daryanto. 2013a. Administrasi dan Manajemen Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. 2013b. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fatmawati, Eva. 2019. Manajemen Pembelajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fattah, Nanang. 2014. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Haluty, D. 2014. Islam dan Manajemen Sumber Daya Manusia yang Berkualitas. Jurnal Irfani 10(1):29299.
Hasibuan, Aulia rahmi. 2019. Studi Tentang Peserta Didik Berbakat Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Taman Pendidikan Islam. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Hayati, Abdul Hadi dan. 2010. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Hidayat, Imam Machali &. Ara. 2019. The Handbook of Education Manajemen, Teori dan Praktek Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenamedia.
Ismail, Iqbal Maulana, and Mazda Husniyah. 2020. Pengembangan Pendidikan Pesantren dalam Meningkatkan Profesionalisme Santri (Studi Pada Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’Iyah Nurul Huda Mergosono Malang). Transformatif 4(1):63–74. doi: 10.23971/tf.v4i1.1878.
Jabar, Suharsimi Arikunto dan Cepi Safruddin Abdulu. 2010. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahassantri dan Praktisi Pendidikan. Jakata: Bumi Aksara.
Kopri. 2015. Manajemen Pendidikan 1. Bandung: Alfabeta.
Miles & Huberman, A. M. 2014. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. London: Sage.
Miranda, Varianta Java Yuam. 2022. Implementasi Program Cipta Karya Sesuai (Bakat Minat) dalam Membangun Kreativitas dan Konsistensi Siswa di Sekolah Dasar Islam Bani Hasyim Singosari Malang. Universitas Islam Malang.
Muizzudin, Muizzudin. 2022. Managing Lecturers’ Performance By Using Student Satisfaction Survey. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 6(2):237–49. doi: 10.24252/idaarah.v6i2.24265.
Nurma Yuli. 2020. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Al Mabhats 2(2):33–52.
Rahayu, Mutiya. 2020. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Hizas Pustaka Mandiri.
Rizki Ramadhani, Yulia dkk. 2021. Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis
Sunaengsih, Cucun. 2017. Buku Ajar Pengelolaan Pendidikan. Sumedang: UPI Sumedang Press.
Syah, Darwin. 2007. Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Gaung Persada.
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya.
Syelviani, Meilisa. 2020. Pentingnya Manajemen Waktu Dalam Mencapai Efektivitas Bagi Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen UNISI). Molecules 2(1):1–12.
Tauer, John M., and Judith M. Harackiewicz. 2004. The Effects of Cooperation and Competition on Intrinsic Motivation and Performance. Journal of Personality and Social Psychology 86(6):849–61. doi: 10.1037/0022-3514.86.6.849.
Usman, Husaini. 2019. Administrasi, Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Widyaningrum, Silvi Destriana, Syafa Felanda Amalia, and Mustiningsih. 2020. “Pentingnya Penyusunan Jadwal Pelajaran Dalam Proses Pembelajaran Di Tengah Pandemi Covid-19.” Arah Manajemen Pada Masa Dan Pasca Pandemi 306–12.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.