STRATEGI PENINGKATAN CAPAIAN IKU-2 PADA PROGRAM MBKM DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS PALANGKA RAYA
Abstrak
Indikator Kinerja Utama (IKU) merupakan ukuran kinerja baru untuk mewujudkan perguruan tinggi yang adaptif dengan berbasis luaran lebih konkret. Kebijakan tersebut menjadi alat ukur untuk mengakselerasi implementasi Program MBKM. Perguruan Tinggi wajib mengimplementasikan kurikulum yang disesuaikan dengan MBKM untuk capaian IKU-2. Universitas Palangka Raya belum optimal dalam capaian IKU-2 yaitu masih di bawah dari standar yang ditetapkan sebesar 0,05% (9/16.920) di tahun 2020 dan 1,89% (250/13.207) di tahun 2021. Program Studi Pendidikan Biologi sebagai salah satu program studi yang wajib berkontribusi pada IKU-2 tentu memerlukan upaya strategi dalam peningkatan capaian IKU-2 pada Program MBKM. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Responden berjumlah 30 orang yang terdiri dari, ketua prodi, mahasiswa, dosen dan staff Pendidikan Biologi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur, observasi, dan kuisioner. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis SWOT dan QSPM. Berdasarkan hasil analisis diperoleh strategi alternatif untuk meningkatkan capaian IKU-2, yaitu strategi pengintegrasian Program MBKM dengan kegiatan asistensi penelitian proyek dosen.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Adamu, A. D., & Shakantu, W. M. W. (2016). Strategic Maintenance Management of Built Facilities in Organisation. International Scholarly and Scientific Research & Innovation , 10(4), 1104–1107.
Fuadi, T. M., & Aswita, D. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Bagaimana Penerapan dan Kedala yang Dihadapi oleh Perguruan Tinggi Swasta di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 603–614. http://Jurnal.Abulyatama.Ac.Id/Index.Php/Dedikasi
Kusumawati, W., Kurniasari, N., & Khusniyah, Z. (2019). Pengaruh Integrasi Model Pembelajaran Siklus 5E dengan Case Based Learning (CBL) terhadap Kecenderungan Berfikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Edunursing, 3(1), 43–58. http://Journal.Unipdu.Ac.Id
Metzger, E., Pino, S. P. D., Prowitt, S., Goodward, J., & Perera, A. (2012). Swot a Sustainability Swot. World Resources Institute.
Munawar, W., Amin, M., Kurnia, T., Alhifni, A., & Akbar, A. (2021). Strategi Peningkatan Intensi Mahasiswa Ekonomi Syariah dalam Partisipasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Strategy to Increase The Intention of Sharia Economic Students in Participation of The Independent Campus Learning Program. Jurnal Syarikah, 7(2), 204–214.
Pratiwi, H. E., Suwono, H., & Susilo, H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Socio-Biological Case Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 22–30.
Puspitasari, R., & Nugroho, R. (2021). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka Fisip UPN Veteran Jawa Timur. Dinamika Governance, 11(2), 276–292.
Roza, S., Erida, & Siregar, A. P. (2022). Implementasi Pembelajaran Case Method dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Mata Kuliah Pemasaran Jasa. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1795–1799. Https://Doi.Org/10.33087/Jiubj.V22i3.3022
Sabatini, S., Novianri, P., & Amijaya, S. (2022). Strategi Adaptasi Penerapan Program MBKM yang Kolaboratif dan Partisipatif. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 182–192.
Yulisna, R., Alyusfitri, R., & Jusar, I. . (2021). Analisis Dampak Pelaksanaan Program MBKM terhadap IKU Perguruan Tinggi pada Mahasiswa PGSD Universitas Bung Hatta dalam Menghasilkan Lulusan Yang Tangguh Bersaing Di Era Global. Jurnal Cerdas Proklamator, 9(2), 67–74.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.