MANAJEMEN PROGRAM PEMBELAJARAN MARKAS BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL-KHOIROT MALANG

  • Rokim Rokim Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Bangil Pasuruan
    (ID)
  • Nur Khozim Muhlis UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Muhammad Amin Fathih UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
Kata Kunci: Organizing, Learning Programs, Arabic

Abstrak

Pengorganisasian merupakan salah satu fungsi manajemen yang berperan penting atas terealisasinya pelaksanaan program pembelajaran yang telah direncanakan agar dapat maksimal. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji manajemen program pembelajaran Markas Bahasa Arab Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya melalui reduksi data, penguraian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan manajemen program pembelajaran di Markas Bahasa Arab Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang dilaksanakan melalui beberapa langkah: (1) Menentukan tujuan pembelajaran. Tujuan diorientasikan kepada empat keterampilan yang meliputi membaca (qiro’ah), mendengar (istima’), menulis (kitabah) dan berbicara (kalam); (2) Pengelompokan peserta didik diklasifikasikan menurut jenjang kemampuan santri; (3) Rentan kendali dilakukan dengan memberikan tugas dan wewenang terhadap asatidz yang ada di markas bahasa Arab sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing; dan (4) Pembentukan struktur markas bahasa Arab ditentukan oleh pengasuh dan pembimbing markas bahasa Arab. Pengasuh bertugas sebagai orang yang memiliki kebijakan tertinggi sekaligus pembuat kurikulum, memberi wewenang kepada pembimbing markas bahasa Arab untuk membentuk divisi-divisi yang dibutuhkan di asrama bahasa Arab. 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Aliyah, V. H., Maghfur, A. ’Ali, & Hilmi, D. (2019). Manajemen Perencanaan Program Bahasa Arab di Mayantara School Malang. Arabia, 11(1), 175. https://doi.org/10.21043/arabia.v11i1.5214.

Fathih, M. A., Supriyatno, T., & Nur, M. A. (2021). Visionary Leadership of the Head of Diniyah Madrasah in Improving the Quality Santri. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(3), 513–525. https://doi.org/10.31538/ndh.v6i3.1527.

Hasan, A. W., & Hilmi, D. (2022). Manajemen Pelaksanaan Program Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Sunan Kalijogo Surabaya. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 7(1), 75–90. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v7i1.4602.

Mar, N. A., & Hilmi, D. (2021). Manajemen Program Pembelajaran Bahasa Arab pada Anak Pra Sekolah Yayasan PAUD Sultan Qaimuddin di Kendari. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.36943

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (I. Taufik (ed.); revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muradi, A. (2013). Tujuan Pembelajaran Bahasa Asing (Arab) di Indonesia. Al-Maqayis, 1, 140–149. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jba/article/view/18256.

Rahmawati, A. D. (2018). Manajemen Pengorganisasian. Arabi: Journal of Arabic Studies, 3(1), 52–60. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v21i01.1376.

Roviin, R. (2020). Manajemen Program Kursus Intensif Bahasa Arab: Studi pada Metode Mustaqilli. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 118–128. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i2.1237.

Thoha, M. (2016). Manajemen Pendidikan Islam Konseptual dan Operasional. Surabaya: Pustaka Radja, 1–171.

Umam, I., Hasin, M., & Arifa, Z. (2019). Manajemen Pengorganisasian Program Kursus Markas Bahasa Arab Darul Lughah Waddirasat Islamiyah. An Nabighoh: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab, 21(01), 43. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v21i01.1376.

Yadewani, D. (2018). Pengantar Manajemen (I, Issue April). Yogyakarta: Deepublish

Diterbitkan
2023-12-10
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 191 times