MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DAN EKSTRA ROBOTIK

Studi Kasus di MAN 01 Kota Kediri

  • M. Ubaidillah Ridwanulloh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
    (ID)
  • Zulfa Nabila Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
    (ID)
  • Rizki Amilatul Afifah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
    (ID)
  • Siti Rodhotul Jannah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
    (ID)
  • Fredi Ganda Putra UIN Raden Intan Lampung
    (ID)
Kata Kunci: Ekstra Robotik, Manajemen Sarana dan Prasarana, Mutu Pembelajaran

Abstrak

Pada proses pendidikan tentunya membutuhkan fasilitas atau sarana prasarana yang memadai. Apabila sekolah telah memfasilitasi dengan mengadakan sarana prasarana sebagai penunjang pembelajaran, maka baik guru maupun peserta didik akan mampu mendayagunakan dan mengoptimalkan proses pembelajaran maupun kegiatan pelatihan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dari pendayagunaan sarana dan prasarana dalam pembelajaran dan pelatihan kegiatan robotik di MAN 1 Kota Kediri. MAN 1 Kota Kediri termasuk salah satu madrasah penyelenggara keterampilan yang unggul. Lengkapnya sarana dan prasarana yang ada di MAN 1 Kota Kediri maka akan semakin mudah dalam meningkatkan mutu pembelajaran akademik maupun non akademik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kualitatif. Sumber data diambil melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Salah satu keterampilan yang unggul di MAN 1 Kota Kediri adalah robotik. Keterampilan ini masih cukup baru namun diminati oleh banyak siswa. Hasil dari manajemen sarana dan prasarana MAN 01 Kota Kediri berjalan efektif dan efisien. Dampak dari manajemen sarana dan prasarana ialah program pembelajaran dan program ekstra robotik dapat berjalan dengan baik. Beberapa prestasi dan trofi dari program ekstra robotik berhasil diraih dari perlombaan-perlombaan yang diikuti, baik tingkat regional maupun nasional.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Akhtar, M., & Akram, M. (2022). A Study of Issues in Educational Management at High School Level at Punjab. Pakistan Journal of Social Research, 4(01), 213–219. https://doi.org/10.52567/pjsr.v4i1.644.

Akidah, S. (2020). Kepemimpinan Inspirational Motivation Kepala Sekolah dalam Pembelajaran Sains Robotika di SMA Averos Kota Sorong. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 12(1), 49-73. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v12i1.271.

Aulia, M. S. N. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana Madrasah. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 2(1), 49-61. https://doi.org/10.15575/isema.v2i1.4996.

Boko, Y. A. (2020). Perencanaan Sarana dan Prasarana (Sarpras) Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK), 1(1), 44-52. https://doi.org/10.5281/zenodo.4435225

Budiyanto, C. W., Amri, S., Yuana, R. A., Widiastuti, I., & Harjunowibowo, D. (2023). Integrasi Computational Thinking Menggunakan Lego Robotika pada Pembelajaran Pemrograman. DEDIKASI: Community Service Reports, 5(1), 36-46. https://doi.org/10.20961/dedikasi.v5i1.66483

Calvinus, Y., & Setyaningsih, E. (2020). Robo Soccer sebagai Media Edukasi Pengenalan Teknologi Robotika pada Siswa di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(1), 180-187. https://doi.org/10.24912/jbmi.v3i1.8047

Dodi, L. (2015). Metodologi Penelitian: Science Methods, Metode Tradisional, dan Natural Setting, Berikut Penulisannya. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Fathurrochman, I., Siswanto, S., Anggraeni, R., & Kumar, K. S. (2021). Pengadaan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Menunjang Mutu Pembelajaran di SDN Lubuk Tua Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi, dan Pemikiran Hukum Islam, 13(1), 65–75. https://doi.org/10.30739/darussalam.v13i1.1288.

Fatmawati, N., Mappincara, A., & Habibah, S. (2019). Pemanfaatan dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 3(2), 115–121.

Fauzan, A. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana Pondok Pesantren Shuffah Hisbullah Natar Lampung Selatan. Jurnal 'Iqra: Kajian Ilmu Pendidikan, 3(1), 249-276. https://doi.org/10.25217/ji.v3i1.240

Handayani, Y. S., Kurniawan, A., & Edriana, A. F. (2022). Penyuluhan tentang Robot Beroda Guna Meningkatkan Kreatifitas Siswa SMA Negeri 8 Kota Bengkulu dibidang Robotika. Abdi Reksa, 3(2), 1-5. https://doi.org/10.31186/abdi.

Herawati, S., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Manajemen Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Pembelajaran. Attractive : Innovative Education Journal, 2(3), 21-28. https://doi.org/10.51278/aj.v2i3.68.

Kadir, Abdul, dkk. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Khikmah, N. (2020). Manajemen Sarana dan Prasarana untuk Mengembangkan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 123–130. https://doi.org/10.17977/um027v3i22020p123

Kurniawati, P. I., & Sayuti, S. A. (2013). Manajemen Sarana dan Prasarana di SMKN 1 Kasihan BantuL. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(1), 98–108. https://doi.org/10.21831/amp.v1i1.2331.

Matin, N. Fuad. (2016). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Press.

Megasari, R. (2020). Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan untuk Meningkatan Kualitas Pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 636-831. https://doi.org/10.24036/bmp.v2i1.3808

Muhammad Haris. (2015). Pendidikan Islam dalam Perspektif Prof. H.M Arifin. Jurnal Ummul Qura, 6(2), 1–19.

Mulyasa. (2012). Manajemen dan kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nellyana S. (2019). Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana di SMA Muhammadiah 2 Bandar Lampung. Skripsi. Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Novita, M. (2017). Sarana Prasarana yang Baik menjadi Bagian Ujung Tombak Keberhasilan Lembaga Pendidikan, Sekolah Tinggi Agama Islam. Nur El-Islam, 4(2), 97–129.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2005). Standar Nasional Pendidikan.

Petrov, P., Radev, M., Dimitrov, G., & Simeonidis, D. (2022). Infrastructure Capacity Planning in Digitalization of Educational Services. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 17(03), 299-306. https://doi.org/10.3991/ijet.v17i03.27811

Rahimuddin, Hasan, Hasnawiyah, & Rivai, H. (2021). Robot Penggerak Dua Roda sebagai Media Pembelajaran Robotik Bagi Siswa di Pondok Pesantren Immim Makassar. Panrita Abdi, 5(2), 144–151. https://doi.org/10.20956/pa.v5i2.8974.

Rizky, D., Karnati, N., & Supadi, S. (2022). Management of Educational Facilities and Infrastructure in Islamic Junior High School. Journal of Education Research and Evaluation, 6(1), 26-35. https://doi.org/10.23887/jere.v6i1.37070.

Ruhyana, N. F., & Aeni, A. N. (2019). Effect of Educational Facilities and Infrastructure in Primary Schools on Students’ Learning Outcomes. Mimbar Sekolah Dasar, 6(1), 43-54. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v6i1.15225.

Shirrell, M., Hopkins, M., & Spillane, J. P. (2019). Educational Infrastructure, Professional Learning, and Changes in Teachers’ Instructional Practices and Beliefs. Professional Development in Education, 45(4), 599–613. https://doi.org/10.1080/19415257.2018.1452784.

Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal ISEMA: Jurnal Islamic Educational Management, 4(1), 77-92. https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5645.

Sonia, N. R. (2021). Implementasi Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan di Madrasah Aliyah Swasta. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(2), 237-256. https://doi.org/10.35719/jieman.v3i2.95.

Sopian, A. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana. Raudhah Proud to be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(2), 43–54. https://doi.org/10.48094/raudhah.v4i2.47

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ya’cub, M., & Ga’a, D. S. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Pengembangan Sarana Prasarana. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 60–69. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i2.67.

Yulius, M. (2020). Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Sarana dan Prasarana pada SMK Negeri 1 Singkawang. Khazanah Pendidikan: Jurnal Ilmu Kependidikan, 13(2), 246-255.

Yunusov, K. A. (2021). "Educational Infrastructure” Is an Important Factor of The Beginning of The Third Renaissance Period in Uzbekistan. The American Journal of Social Science and Education Innovations, 3(05), 457–460. https://doi.org/10.37547/tajssei/Volume03Issue05-81

Diterbitkan
2023-06-15
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 599 times