MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DAN EKSTRA ROBOTIK
Studi Kasus di MAN 01 Kota Kediri
Abstrak
Pada proses pendidikan tentunya membutuhkan fasilitas atau sarana prasarana yang memadai. Apabila sekolah telah memfasilitasi dengan mengadakan sarana prasarana sebagai penunjang pembelajaran, maka baik guru maupun peserta didik akan mampu mendayagunakan dan mengoptimalkan proses pembelajaran maupun kegiatan pelatihan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dari pendayagunaan sarana dan prasarana dalam pembelajaran dan pelatihan kegiatan robotik di MAN 1 Kota Kediri. MAN 1 Kota Kediri termasuk salah satu madrasah penyelenggara keterampilan yang unggul. Lengkapnya sarana dan prasarana yang ada di MAN 1 Kota Kediri maka akan semakin mudah dalam meningkatkan mutu pembelajaran akademik maupun non akademik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kualitatif. Sumber data diambil melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Salah satu keterampilan yang unggul di MAN 1 Kota Kediri adalah robotik. Keterampilan ini masih cukup baru namun diminati oleh banyak siswa. Hasil dari manajemen sarana dan prasarana MAN 01 Kota Kediri berjalan efektif dan efisien. Dampak dari manajemen sarana dan prasarana ialah program pembelajaran dan program ekstra robotik dapat berjalan dengan baik. Beberapa prestasi dan trofi dari program ekstra robotik berhasil diraih dari perlombaan-perlombaan yang diikuti, baik tingkat regional maupun nasional.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Akhtar, M., & Akram, M. (2022). A Study of Issues in Educational Management at High School Level at Punjab. Pakistan Journal of Social Research, 4(01), 213–219. https://doi.org/10.52567/pjsr.v4i1.644.
Akidah, S. (2020). Kepemimpinan Inspirational Motivation Kepala Sekolah dalam Pembelajaran Sains Robotika di SMA Averos Kota Sorong. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 12(1), 49-73. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v12i1.271.
Aulia, M. S. N. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana Madrasah. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 2(1), 49-61. https://doi.org/10.15575/isema.v2i1.4996.
Boko, Y. A. (2020). Perencanaan Sarana dan Prasarana (Sarpras) Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK), 1(1), 44-52. https://doi.org/10.5281/zenodo.4435225
Budiyanto, C. W., Amri, S., Yuana, R. A., Widiastuti, I., & Harjunowibowo, D. (2023). Integrasi Computational Thinking Menggunakan Lego Robotika pada Pembelajaran Pemrograman. DEDIKASI: Community Service Reports, 5(1), 36-46. https://doi.org/10.20961/dedikasi.v5i1.66483
Calvinus, Y., & Setyaningsih, E. (2020). Robo Soccer sebagai Media Edukasi Pengenalan Teknologi Robotika pada Siswa di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(1), 180-187. https://doi.org/10.24912/jbmi.v3i1.8047
Dodi, L. (2015). Metodologi Penelitian: Science Methods, Metode Tradisional, dan Natural Setting, Berikut Penulisannya. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Fathurrochman, I., Siswanto, S., Anggraeni, R., & Kumar, K. S. (2021). Pengadaan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Menunjang Mutu Pembelajaran di SDN Lubuk Tua Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi, dan Pemikiran Hukum Islam, 13(1), 65–75. https://doi.org/10.30739/darussalam.v13i1.1288.
Fatmawati, N., Mappincara, A., & Habibah, S. (2019). Pemanfaatan dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 3(2), 115–121.
Fauzan, A. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana Pondok Pesantren Shuffah Hisbullah Natar Lampung Selatan. Jurnal 'Iqra: Kajian Ilmu Pendidikan, 3(1), 249-276. https://doi.org/10.25217/ji.v3i1.240
Handayani, Y. S., Kurniawan, A., & Edriana, A. F. (2022). Penyuluhan tentang Robot Beroda Guna Meningkatkan Kreatifitas Siswa SMA Negeri 8 Kota Bengkulu dibidang Robotika. Abdi Reksa, 3(2), 1-5. https://doi.org/10.31186/abdi.
Herawati, S., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Manajemen Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Pembelajaran. Attractive : Innovative Education Journal, 2(3), 21-28. https://doi.org/10.51278/aj.v2i3.68.
Kadir, Abdul, dkk. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Khikmah, N. (2020). Manajemen Sarana dan Prasarana untuk Mengembangkan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 123–130. https://doi.org/10.17977/um027v3i22020p123
Kurniawati, P. I., & Sayuti, S. A. (2013). Manajemen Sarana dan Prasarana di SMKN 1 Kasihan BantuL. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(1), 98–108. https://doi.org/10.21831/amp.v1i1.2331.
Matin, N. Fuad. (2016). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Press.
Megasari, R. (2020). Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan untuk Meningkatan Kualitas Pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 636-831. https://doi.org/10.24036/bmp.v2i1.3808
Muhammad Haris. (2015). Pendidikan Islam dalam Perspektif Prof. H.M Arifin. Jurnal Ummul Qura, 6(2), 1–19.
Mulyasa. (2012). Manajemen dan kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nellyana S. (2019). Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana di SMA Muhammadiah 2 Bandar Lampung. Skripsi. Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Novita, M. (2017). Sarana Prasarana yang Baik menjadi Bagian Ujung Tombak Keberhasilan Lembaga Pendidikan, Sekolah Tinggi Agama Islam. Nur El-Islam, 4(2), 97–129.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2005). Standar Nasional Pendidikan.
Petrov, P., Radev, M., Dimitrov, G., & Simeonidis, D. (2022). Infrastructure Capacity Planning in Digitalization of Educational Services. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 17(03), 299-306. https://doi.org/10.3991/ijet.v17i03.27811
Rahimuddin, Hasan, Hasnawiyah, & Rivai, H. (2021). Robot Penggerak Dua Roda sebagai Media Pembelajaran Robotik Bagi Siswa di Pondok Pesantren Immim Makassar. Panrita Abdi, 5(2), 144–151. https://doi.org/10.20956/pa.v5i2.8974.
Rizky, D., Karnati, N., & Supadi, S. (2022). Management of Educational Facilities and Infrastructure in Islamic Junior High School. Journal of Education Research and Evaluation, 6(1), 26-35. https://doi.org/10.23887/jere.v6i1.37070.
Ruhyana, N. F., & Aeni, A. N. (2019). Effect of Educational Facilities and Infrastructure in Primary Schools on Students’ Learning Outcomes. Mimbar Sekolah Dasar, 6(1), 43-54. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v6i1.15225.
Shirrell, M., Hopkins, M., & Spillane, J. P. (2019). Educational Infrastructure, Professional Learning, and Changes in Teachers’ Instructional Practices and Beliefs. Professional Development in Education, 45(4), 599–613. https://doi.org/10.1080/19415257.2018.1452784.
Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal ISEMA: Jurnal Islamic Educational Management, 4(1), 77-92. https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5645.
Sonia, N. R. (2021). Implementasi Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan di Madrasah Aliyah Swasta. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(2), 237-256. https://doi.org/10.35719/jieman.v3i2.95.
Sopian, A. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana. Raudhah Proud to be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(2), 43–54. https://doi.org/10.48094/raudhah.v4i2.47
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Ya’cub, M., & Ga’a, D. S. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Pengembangan Sarana Prasarana. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 60–69. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i2.67.
Yulius, M. (2020). Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Sarana dan Prasarana pada SMK Negeri 1 Singkawang. Khazanah Pendidikan: Jurnal Ilmu Kependidikan, 13(2), 246-255.
Yunusov, K. A. (2021). "Educational Infrastructure” Is an Important Factor of The Beginning of The Third Renaissance Period in Uzbekistan. The American Journal of Social Science and Education Innovations, 3(05), 457–460. https://doi.org/10.37547/tajssei/Volume03Issue05-81
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.