MANAJEMEN PELAKSANAAN BIMBINGAN KONSELING BERNILAI ISLAMI

  • Fathur Riyadhi Arsal UIN Sunan Gunung Djati Bandung
    (ID)
Kata Kunci: Pelaksanaan, Manajemen Bimbingan Konseling, Bimbingan Konseling Islami

Abstrak

Pelaksanaan bimbingan konseling yang didapat peserta didik dari pendidik diharapkan  meningkatkan kepercayaan dan ketakwaan mereka kepada Allah  Swt dengan mengajarkan prinsip-prinsip dan tuntunan yang terdapat dalam al-Qur’an dan hadis. Peneliti menggunakan jenis penelitian literature review. Metode yang digunakan adalah metode tafsir tematik (maudhu’i). Implementasinya adalah meningkatkan manajemen pelaksanaan bimbingan konseling dengan menerapkan nilai Islami dalam pelaksanaan jadwal, ketersediaan prasarana, serta pengadministrasian layanan bimbingan konseling. Hasil penelitian menemukan bahwa nilai-nilai yang dapat diterapkan dalam manajemen pelaksanaan bimbingan konseling adalah nilai muamalah, akhlakul karimah, dan amaliah dalam pelaksanaan jadwal bimbingan konseling di kelas secara tatap muka sebanyak sekali seminggu. Nilai kehormatan dalam ketersediaan prasarana layanan bimbingan konseling. Nilai mu’awanah dan nilai tauhid dalam menemukan gejala-gejala peserta didik yang bermasalah, sebab, serta pemecahannya, serta nilai amanah dalam pengadministrasian layanan bimbingan konseling.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Anis, I. (1972). al-Mu’jam al-Wasith. Yaman: Darul Ma’arif.

Anwar, C. (2018). Ulumul Qur’an. Bandung: Pusat penelitian dan Penerbitan UIN Sunan Gungung Djati.

Arifin. (1978). Pokok-pokok Pikiran Tentang Bimbingan dan Penyuluhan Agama: (Di Sekolah dan di Luar Sekolah). Jakarta: Bulan Bintang.

Badruddin. (2020). Dasar-dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Baraja, A. B. (2014). Psikologi Konseling dan Teknik Konseling Sebagai Cara Menyelesaikan Masalah Psikologis, Pribadi, Orang Lain dan Kelompok. Bekasi: Studiapress.

Diniaty, A. (2013). Urgensi Teori Konseling Dan Perspektifnya Dalam Islam Menjawab Tuntutan Konseling Religius Di Masa Depan. Al-Ta Lim Journal, 20(1), 312–232. https://doi.org/10.15548/jt.v20i1.27.

Djuhartono, T., Endaryono, B. T. (2021). Bimbingan Konseling Berpengaruh Terhadap Akhlak Siswa Kelas II Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. SAP: Susunan Artikel Pendidikan, 6(2), 240-246. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/viewFile/10285/4365.

Fitriani, E., Neviyarni, N., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2022). Problematika Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(3), 174–180. https://doi.org/10.24036/nara.v1i3.69.

Fitri,S. R. A., & Tantowie, T. A. (2017). Nilai-Nilai Pendidikan Kedisiplinan dalam Al-Qur'an Surah Al-‘Ashr Ayat 1-3 Menurut Tafsir Al-Maraghi. Tarbiyah Al-Aulad, 2(1), 1–22. https://riset-iaid.net/index.php/TA/article/view/109.

Haolah, S., Atus, A., & Irmayanti, R. (2018). Pentingnya Kualitas Pribadi Konselor dalam Pelaksanaan Konseling Individual. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 1(6), 215-226. https://doi.org/10.22460/fokus.v1i6.2962

Jamilah, S., & Lukman, L. (2021). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA ANAK USIA DINI. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 3(2), 16–28. https://doi.org/10.52266/pelangi.v3i2.679.

Kemendikbud. (2014). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 tentang bimbingan dan konseling pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Lisnawaty, R. (2016). Pengelolaan Bimbingan Konseling Di Sekolah Menengah Pertama. Manajer Pendidikan, 10(1), 64–71. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/view/1236.

Mahmudi, I. (2011). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Bimbingan dan Konseling Islami. CONSELLIA: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(2), 298–310. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/counsellia.v1i2.189.

Marimbun, M., & Pohan, R. A. (2021). Gambaran Sarana dan Prasarana Bimbingan dan Konseling pada Sekolah Menengah Negeri di Indonesia. ENLIGHTEN (Jurnal Dan Bimbingan Konseling Islam), 4(2), 76–87. https://doi.org/10.32505/enlighten.v4i2.3365.

Mas’ari, A. (1981). Study Tentang Ilmu Dakwah. Surabaya: PT Bina Ilmu.

Moenada, M. S. (2011). Bimbingan Konseling dalam Perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadits. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 8(1), 57-72. https://journal.uir.ac.id/index.php/alhikmah/article/view/1540.

Munawir, A. W. (1984). Al-Munawwir: Kamus Arab Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nata, A. (2002). Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan (Tafsir al-Ayat al-Tarbawiy). Depok: Raja Grafindo Persada.

Prayitno, H. J. (2019). Directive Politeness Act Strategy in the Discourse of Education Column in National Newspaper as the Formation of Students’ Character in Indonesia. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(2), 349–362. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7241.

Rufaedah, E., A. (2015). Kajian Nilai-Nilai Bimbingan dan Konseling Islami, (Telaah Berdasarkan al-Qur’an dan al-Hadist). Risalah; Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam,2(1),124–132. https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/18/13.

Sakdiah. (2016). Karakteristik Kepemimpinan dalam Islam (Kajian Historis Filosofis) Sifat-Sifat Rasulullah. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu, 22(33), 29–49. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bayan/article/view/636.

Septy, D. (2022). Keterampilan Konselor Menggunakan Bahasa Lemah Lembut dalam Wawancara Konseling Menurut Al- Qur’an Surah Thaha Ayat 44. Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Setyaningrum, D., & Setiawati, D. (2013). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Layanan Konseling Individu dan Persepsi tentang Kompetensi Kepribadian Konselor terhadap Minat Memanfaatkan Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal BK UNESA, 1(1), 245–252. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/3374.

Shihab, M. Q. (1999). Tafsir Al-Qur`an al-Karim: Tafsir atas Surat-surat Pendek Berdasarkan Urutan Turunnya Wahyu. Malang: Pustaka Hidayah.

Shihab, M. Q. (2002). Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur`an. Jakarta: Lentera Hati.

Sugiarto, S., Neviyarni, S., & Firman, F. (2021). Peran Penting Sarana dan Prasarana dalam Pembelajaran Bimbingan Konseling di Sekolah. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 2(1), 60-66. https://www.siducat.org/index.php/jpt/article/view/223.

Sukarna. (2011). Dasar-dasar Manajemen. Bandung: CV. Mandar Maju.

Tasdidi, R., & Jumari. (2022). Pembinaan Akhlakul karimah Melalui Bimbingan dan Konseling di SMK PGRI 1 Jombang. El-Islam: Education, Learning and Islamic Journal, 4(2), 48–68. http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/el-Islam/article/view/3237.

Widodo, B. (2019). Manajemen Konseling Individual (Studi Kasus: Pelaksanaan Konseling Individual di SMP N 7 Madiun). Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 24-30. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNBK/article/view/1373.

Willis, S. s. (2007). Konseling Individual: Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, S. L. ., & Nurihsan, A. J. (2005). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zulfa, N. (2017). Nilai-Nilai dan Makna Bimbingan Konseling Islam dalam Hadis Shahîh Bukhari (Studi Hadis Tentang Rukun Islam). Religia: Jurnal Ilmu-Ilmu KeIslaman, 20(2), 124-144. https://doi.org/10.28918/religia.v20i2.854.

Diterbitkan
2023-06-15
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 245 times