IMPLEMENTASI PENGGUNAAN RAPOR DIGITAL MADRASAH (RDM) BERBASIS ONLINE DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI PENILAIAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstrak
Kajian penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi terkait dengan kemudahan dan penguasaan guru MI PUI Kaum dalam menggunakan rapor digital madrasah secara online. Perolehan data dengan melakukan wawanaca, obsevasi dan dokumentasi. Subjek penelitian yang dipilih sesuai dengan kriteria 3M (Mengetahui, Memahami, Mengalami) yakni kepala madrasah, waka kurikulum, operator dan wali kelas. Lokasi penelitian yang dipilih adalah Madrasah Ibtidaiyah Persatuan Umat Islam Banjarsari, terpilihnya lokasi ini karena MI tersebut baru mengimplementasikan aplikasi RDM pada tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan rapor digital madrasah berbasis online lebih efektif dibandingkan dengan rapor konvensional dan rapor pada Microsoft Excel. Hal tersebut dapat disimpulkan berdasarkan kemudahan wali kelas dalam menginput nilai siswa melalui template yang disediakan pada website RDM kemudian hanya perlu upload template tersebut dan akan muncul nilai hasil belajar peserta didik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ahmadi, R. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Aisida, S., & Anam, S. (2020). Pendampingan Aplikasi Rapor Digital di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Jinan Wonoayu Sidoarjo. El-Banat: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 10(2), 254–279. https://doi.org/https://doi.org/10.54180/elbanat.2020.10.2.254-279.
Dahri, M., Ramadani, W., & Arsyam, M. (2018). Administrasi Evaluasi dan Penilaian dalam Pendidikan. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 5(4), 1–9. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/m376u.
Fahsya, M. A., Rusmayani, & Khoeron. (2020). Korelasi Penggunaan Aplikasi Raport Digital Terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kelurahan Tuban Tahun Pelajaran 2019/2020. Faidatuna, 1(1), 33–44. https://doi.org/https://doi.org/10.53958/ft.v1i1.91.
Fajriati, R., & Munastiwi, E. (2021). Evaluasi Pembelajaran Berbasis Aplikasi Rapor Digital (ARDIRA). Jurnal Smart Paud, 4(1), 48–56. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jspaud.v4i1.16080.
Ines, B. S. (2022). Implementasi Aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM) dalam Meningkatkan Layanan Pendidikan di MAN 1 Bojonegoro dan MAN 2 Bojonegoro. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Istiqomah, M. (2019). Digitalisasi Manajemen di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Jambi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Kemenag. (2023). Rekap Lembaga Penggunaan RDM. https://rdm.kemenag.go.id/#/beranda.
Loilatu, S. H., Rusdi, M., & Musyawir. (2020). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 4(4), 1408–1422. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.520
Marliani, L. (2018). Definisi Administrasi dalam Berbagai Sudut Pandang. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh, 5(4), 17–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v5i4.1743.
Mulyasa, E. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nuraini, R., Fadllurrohman, & Norfaizah. (2022). Implementasi Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis Rapor Digital Madrasah di MI Mathla’ul Anwar HSU. Al-Mafrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1053–1064. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1174.
Nurdin, M. A., & Mustofa, A. H. (2020). Implementasi Aplikasi Rapor Digital Madrasah dalam Penilaian Hasil Belajar Siswa. El Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 67–78. https://doi.org/https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.1041.
Nurhayati. (2021). Panduan Lengkap Rapor Digital Madrasah untuk Guru. https://man1brebes.sch.id/panduan-rdm-guru/.
Nuryadi, R. E. S. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengolahan Nilai Raport Siswa Berbasis Web dengan Fasilitas SMS Gateway (Studi Kasus SMK Muhammadiyah Kutowinangun). Universitas Teknologi Yogyakarta.
Rosmini, S., Samrin, Alim, N., & Badarwan. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Rapor Digital di Madrasah Aliyah Nahdlatul Wathan Bima Maroa. Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 41–46. http://ejournal.iainkendari.ac.id/dirasah.
Salem, M. A., & Samad, Y. A. (2021). Implementasi Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis Aplikasi Raport Digital ( ARD ) di MTs Negeri Kota Kupang. SATESI: Jurnal Sains Teknologi dan Sistem Informasi, 1(2), 79–84. https://doi.org/10.54259/satesi.v1i2.40.
Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Suryana, Y., Hidayat, W., & Nurbani, G. (2022). Hubungan Manajemen Penggunaan Aplikasi Rapor Digital dengan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Tarbawi STAI Al Fitrah, 10(2), 107–116.
Zein, R. (2020). Olah Data Kualitatif in Handout Metodologi Penelitian. https://elearning.ncie.or.id/
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.