IMPLEMENTASI PENGGUNAAN RAPOR DIGITAL MADRASAH (RDM) BERBASIS ONLINE DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI PENILAIAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

  • Nidaul Fajrin Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
    (ID)
  • Imam Machali Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
    (ID)
Kata Kunci: Rapor Digital Madrasah Berbasis Online, Administrasi Pendidikan, Administrasi Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik

Abstrak

Kajian penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi terkait dengan kemudahan dan penguasaan guru MI PUI Kaum dalam menggunakan rapor digital madrasah secara online. Perolehan data dengan melakukan wawanaca, obsevasi dan dokumentasi. Subjek penelitian yang dipilih sesuai dengan kriteria 3M (Mengetahui, Memahami, Mengalami) yakni kepala madrasah, waka kurikulum, operator dan wali kelas. Lokasi penelitian yang dipilih adalah Madrasah Ibtidaiyah Persatuan Umat Islam Banjarsari, terpilihnya lokasi ini karena MI tersebut baru mengimplementasikan aplikasi RDM pada tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan rapor digital madrasah berbasis online lebih efektif dibandingkan dengan rapor konvensional dan rapor pada Microsoft Excel. Hal tersebut dapat disimpulkan berdasarkan kemudahan wali kelas dalam menginput nilai siswa melalui template yang disediakan pada website RDM kemudian hanya perlu upload template tersebut dan akan muncul nilai hasil belajar peserta didik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

 

 

Referensi

Ahmadi, R. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Aisida, S., & Anam, S. (2020). Pendampingan Aplikasi Rapor Digital di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Jinan Wonoayu Sidoarjo. El-Banat: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 10(2), 254–279. https://doi.org/https://doi.org/10.54180/elbanat.2020.10.2.254-279.

Dahri, M., Ramadani, W., & Arsyam, M. (2018). Administrasi Evaluasi dan Penilaian dalam Pendidikan. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 5(4), 1–9. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/m376u.

Fahsya, M. A., Rusmayani, & Khoeron. (2020). Korelasi Penggunaan Aplikasi Raport Digital Terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kelurahan Tuban Tahun Pelajaran 2019/2020. Faidatuna, 1(1), 33–44. https://doi.org/https://doi.org/10.53958/ft.v1i1.91.

Fajriati, R., & Munastiwi, E. (2021). Evaluasi Pembelajaran Berbasis Aplikasi Rapor Digital (ARDIRA). Jurnal Smart Paud, 4(1), 48–56. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jspaud.v4i1.16080.

Ines, B. S. (2022). Implementasi Aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM) dalam Meningkatkan Layanan Pendidikan di MAN 1 Bojonegoro dan MAN 2 Bojonegoro. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Istiqomah, M. (2019). Digitalisasi Manajemen di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Jambi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Kemenag. (2023). Rekap Lembaga Penggunaan RDM. https://rdm.kemenag.go.id/#/beranda.

Loilatu, S. H., Rusdi, M., & Musyawir. (2020). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 4(4), 1408–1422. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.520

Marliani, L. (2018). Definisi Administrasi dalam Berbagai Sudut Pandang. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh, 5(4), 17–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v5i4.1743.

Mulyasa, E. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nuraini, R., Fadllurrohman, & Norfaizah. (2022). Implementasi Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis Rapor Digital Madrasah di MI Mathla’ul Anwar HSU. Al-Mafrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1053–1064. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1174.

Nurdin, M. A., & Mustofa, A. H. (2020). Implementasi Aplikasi Rapor Digital Madrasah dalam Penilaian Hasil Belajar Siswa. El Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 67–78. https://doi.org/https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.1041.

Nurhayati. (2021). Panduan Lengkap Rapor Digital Madrasah untuk Guru. https://man1brebes.sch.id/panduan-rdm-guru/.

Nuryadi, R. E. S. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengolahan Nilai Raport Siswa Berbasis Web dengan Fasilitas SMS Gateway (Studi Kasus SMK Muhammadiyah Kutowinangun). Universitas Teknologi Yogyakarta.

Rosmini, S., Samrin, Alim, N., & Badarwan. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Rapor Digital di Madrasah Aliyah Nahdlatul Wathan Bima Maroa. Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 41–46. http://ejournal.iainkendari.ac.id/dirasah.

Salem, M. A., & Samad, Y. A. (2021). Implementasi Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis Aplikasi Raport Digital ( ARD ) di MTs Negeri Kota Kupang. SATESI: Jurnal Sains Teknologi dan Sistem Informasi, 1(2), 79–84. https://doi.org/10.54259/satesi.v1i2.40.

Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Suryana, Y., Hidayat, W., & Nurbani, G. (2022). Hubungan Manajemen Penggunaan Aplikasi Rapor Digital dengan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Tarbawi STAI Al Fitrah, 10(2), 107–116.

Zein, R. (2020). Olah Data Kualitatif in Handout Metodologi Penelitian. https://elearning.ncie.or.id/

Diterbitkan
2023-06-15
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 351 times