STRATEGI PEMBELAJARAN AKHLAK DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA SELAMA PANDEMI COVID-19

  • Mutia Eka Putri Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
    (ID)
  • Hanif Cahyo Adi Kistoro Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
    (ID)
  • Syafira Intan Muhliana Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
    (ID)
  • Prima Rosita Sari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
    (ID)
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Akhlak, Pandemi Covid-19, Pendidikan,, Pembelajaran Daring

Abstrak

Akhlak menjadi suatu hal yang sangat esensial. Pada masa pandemi Covid-19, sektor pendidikan mengalami perubahan kebijakan. Setiap guru lebih dituntut untuk menentukan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kondisi yang ada, khususnya guru akhlak yang harus menggunakan strategi tepat agar dapat mentransfer ilmu pengetahuan serta menanamkan akhlak mahmudah pada diri siswa dengan optimal. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran yang diterapkan guru akhlak Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta sekaligus kendala yang menyertainya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan sumber primer yang terdiri dari tujuh orang sebagai informan, yakni dua guru akhlak, wakil direktur bagian kurikulum, dan empat santri Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, sedangkan untuk sumber sekunder penelitian ini adalah buku, jurnal, skripsi terdahulu, RPP, dan dokumen lainnya. Kemudian, wawancara dan dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti. Analisis pengolahan data menggunakan teknik Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan, strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru mata pelajaran Akhlak Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta pada masa pandemi Covid-19 adalah ekspositori dan pembelajaran aktif. Sedangkan untuk kendala yang dihadapi yakni keterbatasan ruang, waktu (jam pelajaran), sumber daya (jaringan dan perangkat IT), serta motivasi santri yang kurang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka didapatlah kesimpulan bahwa pembelajaran Akhlak di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah berlangsung dengan lancar walaupun terdapat beberapa kendala, namun hal tersebut dapat ditangani/ diatasi dengan baik. Penelitian ini memiliki keterbatasan, diantaranya yakni sulitnya mengatur jadwal wawancara karena terhalang oleh hari libur semester dan pihak sekolah yang sibuk mengurus penerimaan peserta didik baru. Rekomendasi dari penelitian ini yakni guru harus lebih bisa mengelola kelas secara maksimal khususnya dengan menggunakan pendekatan dan strategi yang tepat. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat menjadi referensi dan acuan untuk penelitian selanjutnya yang serupa. 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Adi, H. C. (2021). Improved The Ability to Read The Quran for Slow Learner Students In Yogyakarta: Single Case Research Approach. Journal of Islamic Education and Innovation, 2(1), 59. https://doi.org/10.26555/jiei.v2i1.1476

Anjarsari, A. D. (2018). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Jenjang SD, SMP, dan SMA di Kabupaten Sidoarjo. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 1(2), 91. https://doi.org/10.26740/inklusi.v1n2.p91-104

Bosra, M. B., Kistoro, H. C. A., & Syawaliani, G. A. (2020). Teacher’s Communication Model in Learning Islamic Education for Autism Children. Al-Ta Lim Journal, 27(3), 306–317. https://doi.org/10.15548/jt.v27i3.636

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th Ed). Chicago: Sage Publications.

Elihami, E., & Syahid, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 79–96. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.17

Fathorrahman. (2017). Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian, dan Kompetensi Sosial Dosen. Jurnal Akademika, 15(1), 1–6. https://interoperabilitas.perpusnas.go.id/record/detail/714018/kompetensi-pedagogik-profesional-kepribadian-dan-kompetensi-sosial-dosen

Gusman, B. A., Kistoro, H. C. A., & Ru’iya, S. (2021). Strategy of Islamic Religious Education Teachers in Cultivating Islamic Character During the Covid-19 Pandemic. Al-Qalam, 38(2), 209–224. https://eprints.uad.ac.id/52535/

Hopid, A., & Kistoro, H. C. A. (2022). The Existence of Islamic Education in Pandemic (Case Study on Communities not Having Online Learning Facilities ). Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 15(2), 153–170. HTTPS://DOI.ORG/10.37812/FIKROH.V15I2.456.

Jalil, A. (2016). Karakter Pendidikan untuk Membentuk Pendidikan Karakter. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 175–194. https://doi.org/10.21580/nw.2012.6.2.586

Kementerian Pendidikan Nasional. (2003). UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Citra Umbara.

Kistoro, H. C. A., Kartowagiran, B. K., & Latipah, E. L. (2020). Implementation of Islamic Religious Learning Strategies in Children with Autism in Indonesia. University of Belgrade - Faculty of Special Education and Rehabilitation, Belgrade 19(594), 227–246. https://Doi.Org/10.5937/Specedreh19-28813

Kistoro, H. C. A., & Kurdiansyah, M. (2022). Implementation of the Tahsin Program for Students of the Islamic Education Study Program at Ahmad Dahlan University Yogyakarta. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan,10(1), 68–78. https://Doi.Org/10.36052/Andragogi.V10i1.277

Kistoro, H. C. A., Masduki, Y., & Yusutria. (2021). Pelatihan Pembuatan RPP Merdeka Belajar Bagi Guru Agama Islam SD Dan MI Muhammadiyah Se-Kulon Progo. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 1545–1552.

Kistoro, H. C. A., Ru’iya, S., Husna, D., & Burhan, N. M. (2022). Dynamics of the Implementation of Experience-Based Religious Learning in Indonesian and Malaysian Senior High Schools. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 19(2), 283–296. https://doi.org/10.14421/jpai.2022.192-08

Latipah, E. (2021). Psikologi Pendidikan. Jombang: Pustaka Pelajar.

Latipah, E., Kistoro, H. C. A., & Khairunnisa, I. (2020). Scientific Attitudes in Islamic Education Learning: Relationship and the Role of Self-Efficacy and Social Support. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 15(1), 37. https://doi.org/10.21043/edukasia.v15i1.7364

Lestari, P., & Hudaya, A. (2018). Penerapan Model Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP PGRI 3 Jakarta. Research And Development Journal Of Education, 5(1), 45. https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3387

Maftuhin, M., & Fuad, A. J. (2018). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 3(1), 76–90. https://doi.org/10.33367/psi.v3i1.502

Mardianto, Anas, N., Baniah, S., & Sadat, M. A. (2021). Strategi dan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Pandemi Covid-19. Fitrah:Jurnal Of Islamic Education, 2(1), 13–24. https://media.neliti.com/media/publications/393089-none-23690774.pdf

Maulida, R. (2022). Strategi Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Membina Akhlak Siswa Kelas VII MTs Al-Hikmah Marihat Bandar. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 88–95. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i1.9937

Miles, M.B, Huberman, A.M, Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook (3rd Ed). California: Sage Publications.

Naseh, A. H., Kistoro, Hanif C. A., Latipah, E., & Putranta, H. (2022). Implementation of Religious Learning for Students with Special Education Needs Through Online Applications During the Covid-19 Pandemic. Journal Of Theoretical And Applied Information Technology, 100(3), 690–704. https://search.bvsalud.org/global-literature-on-novel-coronavirus-2019-ncov/resource/en/covidwho-1728370

Rohman, M., & Amri, S. (2013). Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Saepuddin. (2019). Konsep Pendidikan Karakter dan Urgensianya dalam Pembentukan Pribadi Muslim Menurut Imam Al-Ghazali (Telaah Atas Kitab Ayyuha Al Walad Fi Nashihati Al Muta’allimin Wa Mau’izhatihim Liya’lamuu Wa Yumayyizuu ‘Ilman Nafi’an). Riau: STAIN Sultan Abdurrahaman Press.

Slameto, S. (2015). Pembelajaran Berbasis Riset Mewujudkan Pembelajaran yang Inspiratif. Satya Widya, 31(2), 102–112. https://doi.org/10.24246/j.sw.2015.v31.i2.p102-112

Sudiantini, D., & Dewi Shinta, N. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif dan Penalaran Matematis Siswa, JPPM: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran, 11(1), 177–186.

http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2996

Titu, A. M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa pada Materi Konsep Masalah Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional, 176–186.

Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2018). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Pecahan di Sekolah Dasar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 451–462. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.333

Widyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 04(02), 16–35. https://ejournal.iahntp.ac.id/index.php/SatyaSastraharing/article/view/607

Zufar, Z., Thaariq, A., Media, S., Resource, L., Normal, N., Sosial, M., Belajar, S., & Normal, N. (2020). The Use Of Social Media As Learning Resources To Support The New Normal, Teknodika, 18(02), 80–93. https://www.researchgate.net/publication/344389783_The_Use_of_Social_Media_as_Learning_Resources_to_Support_the_New_Normal

Diterbitkan
2023-12-10
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 140 times