STRATEGI KEPALA SEKOLAH SMAIT IBNU ABBAS KLATEN DALAM MENINGKATKAN MUTU DAN KETERSERAPAN LULUSAN DI PERGURUAN TINGGI
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi Kepala Sekolah SMAIT Ibnu Abbas Klaten dalam meningkatkan mutu dan keterserapan lulusan di perguruan tinggi negeri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Kepala Sekolah SMAIT Ibnu Abbas Klaten memiliki strategi di antaranya yaitu: (1) Menetapkan dua target yaitu lulusannya bisa masuk 10 besar perguruan tinggi negeri berdasarkan Times Higher Education World University Ranking (THE WUR) dengan nilai rata-rata 600 dan berdasarkan Ujian Tertulis Berbasis Komputer oleh Lembaga Penyelenggara Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT); (2) Membuat dan melaksanakan program realisasi tujuan yaitu membentuk tim sukses studi lanjut, bimbingan belajar oleh guru internal, melibatkan tenaga profesional, uji coba, program ruhiyah, program mabit bersama orang tua, karyawisata ke perguruan tinggi negeri, kerja sama dengan perguruan tinggi swasta, peningkatan guru melalui pelatihan di rumah, Muyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan paguyuban lain; (3) Kepala sekolah melakukan evaluasi berjenjang melalui supervisi kepada wakil kepala sekolah kurikulum, kesiswaan dan bimbingan konseling.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Afidah, J., Darain, S., & Amrullah, A. M. K. (2022). Developing the School Quality Standard at Private Madrasah Aliyah. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 137–151. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/manageria.2022.72-09.
Akdon. (2016). Strategic Management for Educational Management. Bandung: Alfabeta.
Astuty, W., Hendriani, S., & Marsidin, S. (2021). Principal’s Strategy in Improving the Quality of Graduates at SMA Negeri 1 Batusangkar. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 32–44. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31958/jaf.v9i2.4089.
David, F. R., & David, F. R. (2016). Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts and Cases. London: Pearson Education.
Dian, Faizal, I., & Hasanah, N. D. (2022). Leadership and Capacity Building; The Construction of Madrasah Quality Improvement. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 79–90. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i1.3179.
Grant, R. M., & Baden-Fuller, C. (2018). How to Develop Strategic Management Competency: Reconsidering the Learning Goals and Knowledge Requirements of the Core Strategy Course. Academy of Management Learning and Education, 17(3), 322–338. https://doi.org/https://doi.org/10.5465/amle.2017.0126.
Hendro, O., & Rahayu, S. (2021). Manajemen Strategi: Konsep Dasar, Teori dan Implementasi. Palembang: CV. Amanah.
Hidayat, H., & Martina, N. (2022). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Jambura: Journal of Educational Management, 3, 44–54. https://doi.org/10.37411/jjem.v3i1.1272.
Ismaya, B., Darmawan, D., Jahroni, & Kholis, N. (2023). Strategy for Leadership: How Principals of Successful Schools Improve Education Quality. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 07(01), 247–259. https://doi.org/https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v7i1.4686.
Jhon W. Cresswell. (2021). Research Design. Pustaka Pelajar.
Lynch, R. (2019). Towards an Innovation Link between Dynamic Capabilities and Sustainability Strategy: Options for Emerging Market Companies. International Journal of Innovation and Technology Management, 16(4), 1–12. https://doi.org/10.1142/S0219877019400030.
Machali, I. (2018). The Handbook of Education Management. Jakarta: Prenadamedia Group.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. California: SAGE Publications.
Ringgawati, V. M. (2016). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan (Studi Multisitus di SMAN 1 Blitar dan SMAN 1 Sutojayan). Theses.Uin-Malang.ac.Id, 244.
Rizky, B., Puput, R., & Afidah, I. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Mempertahankan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Ar-Rahmah Malang. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 8(1), 45–53. https://doi.org/https://doi.org/10.53627/jam.v8i1.4349.
Sahabuddin (2022). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 21 Makassar. Jurnal Al – Qiyam, 3(1), 97–108. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v3i1.218.
Salusu, J. (2015). Pengambilan Keputusan Stratejik untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Profit. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sembiring, M. J., & Fatihudin, D. (2020). Manajemen Strategi dari Teori ke Praktek. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.
Sudiantini, D. (2022). Manajemen Strategi. Purwokerto: CV. Pena Persada.
Zulfayana, N. H. (2022). Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan Mutu Lulusan di SMA Negeri 2 Pare. Theses. IAIN Kendari. http://etheses.iainkediri.ac.id/5794/.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.