STRATEGI KEPALA SEKOLAH SMAIT IBNU ABBAS KLATEN DALAM MENINGKATKAN MUTU DAN KETERSERAPAN LULUSAN DI PERGURUAN TINGGI

  • Kusyaeni Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam UIN Raden Mas Said Surakarta
    (ID)
  • Heldy Ramadhan Putra Pembangunan Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam UIN Raden Mas Said Surakarta
    (ID)
  • Kelik Wardiyono Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam UIN Raden Mas Said Surakarta
    (ID)
Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Mutu, Keterserapan Lulusan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi Kepala Sekolah SMAIT Ibnu Abbas Klaten dalam meningkatkan mutu dan keterserapan lulusan di perguruan tinggi negeri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Kepala Sekolah SMAIT Ibnu Abbas Klaten memiliki strategi di antaranya yaitu: (1) Menetapkan dua target yaitu lulusannya bisa masuk 10 besar perguruan tinggi negeri berdasarkan Times Higher Education World University Ranking (THE WUR) dengan nilai rata-rata 600 dan berdasarkan Ujian Tertulis Berbasis Komputer oleh Lembaga Penyelenggara Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT); (2) Membuat dan melaksanakan program realisasi tujuan yaitu membentuk tim sukses studi lanjut, bimbingan belajar oleh guru internal, melibatkan tenaga profesional, uji coba, program ruhiyah, program mabit bersama orang tua, karyawisata ke perguruan tinggi negeri, kerja sama dengan perguruan tinggi swasta, peningkatan guru melalui pelatihan di rumah, Muyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan paguyuban lain; (3) Kepala sekolah melakukan evaluasi berjenjang melalui supervisi kepada wakil kepala sekolah kurikulum, kesiswaan dan bimbingan konseling.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Afidah, J., Darain, S., & Amrullah, A. M. K. (2022). Developing the School Quality Standard at Private Madrasah Aliyah. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 137–151. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/manageria.2022.72-09.

Akdon. (2016). Strategic Management for Educational Management. Bandung: Alfabeta.

Astuty, W., Hendriani, S., & Marsidin, S. (2021). Principal’s Strategy in Improving the Quality of Graduates at SMA Negeri 1 Batusangkar. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 32–44. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31958/jaf.v9i2.4089.

David, F. R., & David, F. R. (2016). Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts and Cases. London: Pearson Education.

Dian, Faizal, I., & Hasanah, N. D. (2022). Leadership and Capacity Building; The Construction of Madrasah Quality Improvement. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 79–90. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i1.3179.

Grant, R. M., & Baden-Fuller, C. (2018). How to Develop Strategic Management Competency: Reconsidering the Learning Goals and Knowledge Requirements of the Core Strategy Course. Academy of Management Learning and Education, 17(3), 322–338. https://doi.org/https://doi.org/10.5465/amle.2017.0126.

Hendro, O., & Rahayu, S. (2021). Manajemen Strategi: Konsep Dasar, Teori dan Implementasi. Palembang: CV. Amanah.

Hidayat, H., & Martina, N. (2022). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Jambura: Journal of Educational Management, 3, 44–54. https://doi.org/10.37411/jjem.v3i1.1272.

Ismaya, B., Darmawan, D., Jahroni, & Kholis, N. (2023). Strategy for Leadership: How Principals of Successful Schools Improve Education Quality. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 07(01), 247–259. https://doi.org/https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v7i1.4686.

Jhon W. Cresswell. (2021). Research Design. Pustaka Pelajar.

Lynch, R. (2019). Towards an Innovation Link between Dynamic Capabilities and Sustainability Strategy: Options for Emerging Market Companies. International Journal of Innovation and Technology Management, 16(4), 1–12. https://doi.org/10.1142/S0219877019400030.

Machali, I. (2018). The Handbook of Education Management. Jakarta: Prenadamedia Group.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. California: SAGE Publications.

Ringgawati, V. M. (2016). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan (Studi Multisitus di SMAN 1 Blitar dan SMAN 1 Sutojayan). Theses.Uin-Malang.ac.Id, 244.

Rizky, B., Puput, R., & Afidah, I. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Mempertahankan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Ar-Rahmah Malang. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 8(1), 45–53. https://doi.org/https://doi.org/10.53627/jam.v8i1.4349.

Sahabuddin (2022). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 21 Makassar. Jurnal Al – Qiyam, 3(1), 97–108. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v3i1.218.

Salusu, J. (2015). Pengambilan Keputusan Stratejik untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Profit. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sembiring, M. J., & Fatihudin, D. (2020). Manajemen Strategi dari Teori ke Praktek. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Sudiantini, D. (2022). Manajemen Strategi. Purwokerto: CV. Pena Persada.

Zulfayana, N. H. (2022). Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan Mutu Lulusan di SMA Negeri 2 Pare. Theses. IAIN Kendari. http://etheses.iainkediri.ac.id/5794/.

Diterbitkan
2023-06-15
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 134 times