IMPLEMENTASI DAN TANTANGAN MODEL PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DI ERA PANDEMI PADA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN ACEH BESAR
Abstrak
Virus Covid-19 memaksa dunia pendidikan untuk menjalankan pembelajaran secara Daring (Dalam Jaringan). Bagi sekolah dan masyarakat yang terbiasa dengan Teknologi Informasi (TI), pembelajaran secara daring tidak menjadi sebuah permasalahan. Namun kondisi akan berbeda bagi sekolah dan masyarakat yang masih belum familier dengan TI, terutama bagi kelompok masyarakat yang berada dipinggiran perkotaan dan perdesaan. Penelitian ini ingin melihat bagaimana implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dan informasi didapat dari proses observasi dan interview dengan masyarakat yang menjalani pembelajaran di Provinsi Aceh. Hasil temuan memperlihatkan bahwa masih sangat banyak kendala dalam pembelajaran daring bagi kelompok masyarakat dengan ekonomi kelas bawah dan masyarakat yang tinggal diperdesaan. Bagi kelompok masyarakat ini, sangat sulit menjalankan pembelajaran daring. Mulai dari masalah fasilitas, dukungan orang tua hingga pada motivasi anak dalam belajar. Implementasi pembelajaran daring pada daerah perdesaan dan masyarakat ekonomi kelas bawah dapat dikatakan gagal, dan tidak berjalan sama sekali. Kondisi ini disebabkan oleh akses dan media yang tidak memadai.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Andrian, R. (2017). Pembelajaran Bermakna Berbasis Post It. MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1), 103–118. https://doi.org/10.22373/jm.v7i1.1911
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414–421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.
Daheri, M., Juliana, Deriwanto, & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Fojtik, R. (2018). Problems of Distance Education. Icte Journal, 7(1), 14–23. https://doi.org/10.2478/ijicte-2018-0002
Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120
Kemendikbud. (2020a). Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di lingkungan Kemendikbud. https://doi.org/pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-nomor-2-tahun-2o2o-tentang-pencegahan-dan-penanganan-coro-va-y-rus-d-sease-covid-19-di-kementerian-pendidikan-dan-kebudayaan
Kemendikbud. (2020b). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 pada Satuan Pendidikan. https://doi.org/www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/surat-edaran-pencegahan-covid19-pada-satuan-pendidikan
Kemendikbud. (2020c). Surat edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19). https://doi.org/https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9
Lestari, S. W. (2020). Kendala Pelaksanaan Pembelajaran jarak jauh (pjj) dalam masa pandemi ditinjau dari media pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 13–24.
Prasetya, A., Nurdin, M. F., & Gunawan, W. (2021). Perubahan Sosial Masyarakat dalam Perspektif Sosiologi Talcott Parsons di Era New Normal. Sosietas: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 11(1), 929–939. https://doi.org/10.17509/sosietas.v11i1.36088
Purwadi, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring Dalam Konteks Pandemi COVID-19 di SDLB PGRI Prembun. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 10(2), 201–212. https://doi.org/journal.student.uny.ac.id/ojs/index.phandphone/fiptp/article/view/17579
Rachmadyanti, P., & Wicaksono, V. D. (2016). Pendidikan Kewirausahaan bagi Anak Usia Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 419–437. https://doi.org/jurnal.fkip.uns.ac.id/index.phandphone/snip/article/view/8960
Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. J+ PLUS UNESA: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 1–12. https://doi.org/ejournal.unesa.ac.id/index.phandphone/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/19586
Suharto, T. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Berbasis Masyarakat. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 24(3), 323–346. https://doi.org/10.21831/cp.v0i3.376
Syaharuddin. (2020). Pembelajaran Masa Pandemi: dari Konvensional ke Daring. https://doi.org/repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/14064
Widiastuti, A. I. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 untuk Menjamin Hak Konstitusi Warga Negara Indonesia: Implementation of Online Learning in Facing the Covid-19 Pandemic to Guarantee the Constitutional Rights of Indonesian Citizens. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7(2), 577–590. https://doi.org/10.15294/snhunnes.v7i2.733
Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.458
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.