IMPLEMENTASI DAN TANTANGAN MODEL PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DI ERA PANDEMI PADA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN ACEH BESAR

  • Restu Andrian SDN 2 Jeumpet Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Besar
    (ID)
  • Saddam Rassanjani Universitas Syiah Kuala
    (ID)
  • Syukran Syukran Madrasah Aliyah Ruhul Islam Anak Bangsa Kabupaten Aceh Besar
    (ID)
Kata Kunci: Covid-19, Pembelajaran, Pembelajaran Daring, Teknologi Informasi

Abstrak

Virus Covid-19 memaksa dunia pendidikan untuk menjalankan pembelajaran secara Daring (Dalam Jaringan). Bagi sekolah dan masyarakat yang terbiasa dengan Teknologi Informasi (TI), pembelajaran secara daring tidak menjadi sebuah permasalahan. Namun kondisi akan berbeda bagi sekolah dan masyarakat yang masih belum familier dengan TI, terutama bagi kelompok masyarakat yang berada dipinggiran perkotaan dan perdesaan. Penelitian ini ingin melihat bagaimana implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dan informasi didapat dari proses observasi dan interview dengan masyarakat yang menjalani pembelajaran di Provinsi Aceh. Hasil temuan memperlihatkan bahwa masih sangat banyak kendala dalam pembelajaran daring bagi kelompok masyarakat dengan ekonomi kelas bawah dan masyarakat yang tinggal diperdesaan. Bagi kelompok masyarakat ini, sangat sulit menjalankan pembelajaran daring. Mulai dari masalah fasilitas, dukungan orang tua hingga pada motivasi anak dalam belajar. Implementasi pembelajaran daring pada daerah perdesaan dan masyarakat ekonomi kelas bawah dapat dikatakan gagal, dan tidak berjalan sama sekali. Kondisi ini disebabkan oleh akses dan media yang tidak memadai.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Andrian, R. (2017). Pembelajaran Bermakna Berbasis Post It. MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1), 103–118. https://doi.org/10.22373/jm.v7i1.1911

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414–421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.

Daheri, M., Juliana, Deriwanto, & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Fojtik, R. (2018). Problems of Distance Education. Icte Journal, 7(1), 14–23. https://doi.org/10.2478/ijicte-2018-0002

Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120

Kemendikbud. (2020a). Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di lingkungan Kemendikbud. https://doi.org/pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-nomor-2-tahun-2o2o-tentang-pencegahan-dan-penanganan-coro-va-y-rus-d-sease-covid-19-di-kementerian-pendidikan-dan-kebudayaan

Kemendikbud. (2020b). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 pada Satuan Pendidikan. https://doi.org/www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/surat-edaran-pencegahan-covid19-pada-satuan-pendidikan

Kemendikbud. (2020c). Surat edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19). https://doi.org/https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9

Lestari, S. W. (2020). Kendala Pelaksanaan Pembelajaran jarak jauh (pjj) dalam masa pandemi ditinjau dari media pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 13–24.

Prasetya, A., Nurdin, M. F., & Gunawan, W. (2021). Perubahan Sosial Masyarakat dalam Perspektif Sosiologi Talcott Parsons di Era New Normal. Sosietas: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 11(1), 929–939. https://doi.org/10.17509/sosietas.v11i1.36088

Purwadi, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring Dalam Konteks Pandemi COVID-19 di SDLB PGRI Prembun. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 10(2), 201–212. https://doi.org/journal.student.uny.ac.id/ojs/index.phandphone/fiptp/article/view/17579

Rachmadyanti, P., & Wicaksono, V. D. (2016). Pendidikan Kewirausahaan bagi Anak Usia Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 419–437. https://doi.org/jurnal.fkip.uns.ac.id/index.phandphone/snip/article/view/8960

Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. J+ PLUS UNESA: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 1–12. https://doi.org/ejournal.unesa.ac.id/index.phandphone/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/19586

Suharto, T. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Berbasis Masyarakat. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 24(3), 323–346. https://doi.org/10.21831/cp.v0i3.376

Syaharuddin. (2020). Pembelajaran Masa Pandemi: dari Konvensional ke Daring. https://doi.org/repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/14064

Widiastuti, A. I. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 untuk Menjamin Hak Konstitusi Warga Negara Indonesia: Implementation of Online Learning in Facing the Covid-19 Pandemic to Guarantee the Constitutional Rights of Indonesian Citizens. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7(2), 577–590. https://doi.org/10.15294/snhunnes.v7i2.733

Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.458

Diterbitkan
2023-12-21
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 82 times