PLANNING STRATEGY MERDEKA BELAJAR AT SMP NEGERI 3 SUNGGUMINASA
Abstrak
Program merdeka belajar pada pendidikan menengah menjadi program yang harus dilaksanakan namun belum semua sekolah dapat menerapkan secara penuh karena masih mencari model yang tepat. Penting ada penelitian yang dapat menjadi best practice bagi sekolah lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan program merdeka belajar pada kegiatan asesmen nasional, kegiatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disederhanakan, dan kegiatan sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP Negeri 3 Sungguminasa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dari Miles dan Huberman melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dalam penelitian dan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan program merdeka belajar pada kegiatan asesmen nasional, kegiatan RPP yang disederhanakan, dan kegiatan sistem zonasi pada PPDB di SMP Negeri 3 Sungguminasa sudah berjalan didasarkan pada indikator perencanaan yaitu: (1) penentuan sasaran dan tujuan (2) menetapkan sumber-sumber daya yang digunakan (3) memilih dan menetapkan metode atau cara yang akan dilakukan. Hasil temuan mengimplikasikan pihak sekolah untuk dapat menerapkan kebijakan merdeka belajar bukan hanya pada perencanaan yang baik saja tapi juga pelaksanaan, pengontrolan, sampai pada tahap evaluasi.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Arifin, Z. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik 1 Halaman Melalui Workshop Daring dengan Variasi Model Jigsaw di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Sekolah Dasar (SD) Negeri Genteng 2 Bangkalan. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 3(2), 201–215. https://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/rejiem/article/view/4722/2597
Astini, N. K. S. (2022). Tantangan Implementasi Merdeka Belajar Pada Era New Normal Covid-19 dan Era Society 5.0. Lampuhyang, 13(1), 164–180. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v13i1.298
Hariyanto, M. P. (2022). Transformasi Asesmen Pembelajaran dalam Bingkai Merdeka Belajar. sekolahku.web.id. https://www.sman1manggar.sch.id/read/676/transformasi-asesmen-pembelajaran-dalam-bingkai-merdeka-belajar
Hasim, E. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/view/403
Indahri, Y. (2021). Asesmen Nasional sebagai Pilihan Evaluasi Sistem Pendidikan Nasional. Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 12(2), 195–215. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v12i2.2364
Insani, M. J. (2022). 5 Kendala Guru dalam Menghadapi Program Merdeka Belajar. Kejarcita.
Jogloabang. (2021). Permendikbud Ristek 17 tahun 2021 tentang Asesmen Nasional. jdih.kemdikbud.co.id.
Kemdikbud. (2021). Memahami Konsep Pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2021. Permendikbud.
Kurniawan, S. (2015). Konsep Manajemen Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadits (Studi Tentang Perencanaan). Nur El-Islam, 2(2), 1–34. https://media.neliti.com/media/publications/226467-konsep-manajemen-pendidikan-islam-perspe-afe103b0.pdf
Lukum, A. (2019). Pendidikan 4.0 di Era Generasi Z: Tantangan dan solusinya. Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia, 2(Back Issue), 1–3.
Luthfiyana, N. H., Husna, E. S., Nida, S. K., & Kinesti, R. D. A. (2022). Upaya Pemanfaatan Teknologi: Aplikasi RPP Digital dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (Sikl)(Studi Kasus Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL)). JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 7(2), 84–90. https://doi.org/10.26618/jkpd.v7i2.4699
Mayudana, I. K. Y., & Sukendra, I. K. (2020). Analisis Kebijakan Penyederhanaan RPP: Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 62–70. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760682
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(1), 141–147. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248
Nursobah, A. (2019). Perencanaan Pembelajaran MI/SD (Vol. 122). Jawa Timur: Duta Media Publishing.
Pradewi, G. I., & Rukiyati, R. (2019). Kebijakan Sistem Zonasi dalam Perspektif Pendidikan. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 28–34.
PUSMENDIK. (2022). Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi: Implementasi Kurikulum Merdeka tetap Berjalan Sesuai Rencana. Pusat Asesmen Pendidikan.
Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830–838. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.407
Rahman, M. S., Nurhayati, N., & Luawo, D. W. M. (2021). Persepsi Guru Terhadap Kebeijakan Merdeka Belajar Tentang Penyederhaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Di MTs Negeri 1 Manado. Journal of Islamic Education: The Teacher of Civilization, 2(1), 1-21. http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v2i1.1708
Rokhim, D. A., Rahayu, B. N., Alfiah, L. N., Peni, R., Wahyudi, B., Wahyudi, A., Sutomo, S., & Widarti, H. R. (2021). Analisis Kesiapan Peserta Didik Dan Guru Pada Asesmen Nasional (Asesmen Kompetensi Minimum, Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 61–71. http://dx.doi.org/10.17977/um027v4i12021p61
Ruhaliah, R., Sudaryat, Y., Isnendes, R., & Hendrayana, D. (2020). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran “Merdeka Belajar” Bagi Guru Bahasa Sunda di Kota Sukabumi. Dimasatra, 1(1), 42-55. https://ejournal.upi.edu/index.php/dimasatra
Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran.(Cetakan Ke 1) Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Syaifullah, H., Nugroho, A. P., & Wardhiyani, B. P. (2020). KKN Online UMJ: Terobosan Pembelajaran Berbasis Online di Era Pandemi dan Relevansinya Pasca Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1). http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.