PLANNING STRATEGY MERDEKA BELAJAR AT SMP NEGERI 3 SUNGGUMINASA

  • Satriani Satriani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Baharuddin Baharuddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Eka Damayanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID) http://orcid.org/0000-0002-2441-6700
  • St. Syamsudduha Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
Kata Kunci: Strategi Perencanaan, Merdeka Belajar, Asesmen Nasional, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Sistem Zonasi

Abstrak

Program merdeka belajar pada pendidikan menengah menjadi program yang harus dilaksanakan namun belum semua sekolah dapat menerapkan secara penuh karena masih mencari model yang tepat. Penting ada penelitian yang dapat menjadi best practice bagi sekolah lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan program merdeka belajar pada kegiatan asesmen nasional, kegiatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disederhanakan, dan kegiatan sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP Negeri 3 Sungguminasa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dari Miles dan Huberman melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dalam penelitian dan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan program merdeka belajar pada kegiatan asesmen nasional, kegiatan RPP yang disederhanakan, dan kegiatan sistem zonasi pada PPDB di SMP Negeri 3 Sungguminasa sudah berjalan didasarkan pada indikator perencanaan yaitu: (1) penentuan sasaran dan tujuan (2) menetapkan sumber-sumber daya yang digunakan (3) memilih dan menetapkan metode atau cara yang akan dilakukan. Hasil temuan mengimplikasikan pihak sekolah untuk dapat menerapkan kebijakan merdeka belajar bukan hanya pada perencanaan yang baik saja tapi juga pelaksanaan, pengontrolan, sampai pada tahap evaluasi.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Arifin, Z. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik 1 Halaman Melalui Workshop Daring dengan Variasi Model Jigsaw di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Sekolah Dasar (SD) Negeri Genteng 2 Bangkalan. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 3(2), 201–215. https://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/rejiem/article/view/4722/2597

Astini, N. K. S. (2022). Tantangan Implementasi Merdeka Belajar Pada Era New Normal Covid-19 dan Era Society 5.0. Lampuhyang, 13(1), 164–180. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v13i1.298

Hariyanto, M. P. (2022). Transformasi Asesmen Pembelajaran dalam Bingkai Merdeka Belajar. sekolahku.web.id. https://www.sman1manggar.sch.id/read/676/transformasi-asesmen-pembelajaran-dalam-bingkai-merdeka-belajar

Hasim, E. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/view/403

Indahri, Y. (2021). Asesmen Nasional sebagai Pilihan Evaluasi Sistem Pendidikan Nasional. Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 12(2), 195–215. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v12i2.2364

Insani, M. J. (2022). 5 Kendala Guru dalam Menghadapi Program Merdeka Belajar. Kejarcita.

Jogloabang. (2021). Permendikbud Ristek 17 tahun 2021 tentang Asesmen Nasional. jdih.kemdikbud.co.id.

Kemdikbud. (2021). Memahami Konsep Pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2021. Permendikbud.

Kurniawan, S. (2015). Konsep Manajemen Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadits (Studi Tentang Perencanaan). Nur El-Islam, 2(2), 1–34. https://media.neliti.com/media/publications/226467-konsep-manajemen-pendidikan-islam-perspe-afe103b0.pdf

Lukum, A. (2019). Pendidikan 4.0 di Era Generasi Z: Tantangan dan solusinya. Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia, 2(Back Issue), 1–3.

Luthfiyana, N. H., Husna, E. S., Nida, S. K., & Kinesti, R. D. A. (2022). Upaya Pemanfaatan Teknologi: Aplikasi RPP Digital dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (Sikl)(Studi Kasus Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL)). JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 7(2), 84–90. https://doi.org/10.26618/jkpd.v7i2.4699

Mayudana, I. K. Y., & Sukendra, I. K. (2020). Analisis Kebijakan Penyederhanaan RPP: Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 62–70. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760682

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(1), 141–147. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248

Nursobah, A. (2019). Perencanaan Pembelajaran MI/SD (Vol. 122). Jawa Timur: Duta Media Publishing.

Pradewi, G. I., & Rukiyati, R. (2019). Kebijakan Sistem Zonasi dalam Perspektif Pendidikan. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 28–34.

PUSMENDIK. (2022). Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi: Implementasi Kurikulum Merdeka tetap Berjalan Sesuai Rencana. Pusat Asesmen Pendidikan.

Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830–838. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.407

Rahman, M. S., Nurhayati, N., & Luawo, D. W. M. (2021). Persepsi Guru Terhadap Kebeijakan Merdeka Belajar Tentang Penyederhaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Di MTs Negeri 1 Manado. Journal of Islamic Education: The Teacher of Civilization, 2(1), 1-21. http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v2i1.1708

Rokhim, D. A., Rahayu, B. N., Alfiah, L. N., Peni, R., Wahyudi, B., Wahyudi, A., Sutomo, S., & Widarti, H. R. (2021). Analisis Kesiapan Peserta Didik Dan Guru Pada Asesmen Nasional (Asesmen Kompetensi Minimum, Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 61–71. http://dx.doi.org/10.17977/um027v4i12021p61

Ruhaliah, R., Sudaryat, Y., Isnendes, R., & Hendrayana, D. (2020). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran “Merdeka Belajar” Bagi Guru Bahasa Sunda di Kota Sukabumi. Dimasatra, 1(1), 42-55. https://ejournal.upi.edu/index.php/dimasatra

Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran.(Cetakan Ke 1) Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syaifullah, H., Nugroho, A. P., & Wardhiyani, B. P. (2020). KKN Online UMJ: Terobosan Pembelajaran Berbasis Online di Era Pandemi dan Relevansinya Pasca Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1). http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat

Diterbitkan
2024-06-26
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 72 times