MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI SEKOLAH DASAR BERBASIS AGAMA DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN: OPTIMALISASI DAN STRATEGI PENGEMBANGANNYA
Abstrak
Penelitian ini bertuliskan mengenai perubahan dari era ke era yang menuntut mutu pendidikan dan kualitas pembelajaran yang semakin baik, dengan didukung optimalisasi seluruh sarana prasarana pendidikan secara efisien dan efektif. Tuntutan tersebut harus dipenuhi oleh setiap instansi di bidang pendidikan, sehingga setiap instansi pendidikan harus dapat menganalisis dan mengevaluasi suatu masalah di lembaganya melalui model analisis SWOT. Selanjutnya mampu menemukan solusi, strategi pengembangan, dan cara pengoptimalan pada peningkatan kualitas pembelajaran lembaganya. Metode yang digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang menganalisis dan memahami keadaan secara objektif melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi di salah satu SD Islam. Untuk menentukan strategi perlu analisis situasi pada variabel internal dan eksternal di lingkungan pendidikan. Hasil pada penelitian ditemukan, sekolah sudah memiliki sarana prasarana yang baik dan memadai dan memerlukan pengoptimalan pada manajemen sarana dan prasarana guna meningkatkan kualitas pembelajaran di SD Islam Melati Nusantara Kabupaten Gresik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2008). Psikologi belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Benu, Y. K., Oedjoe, R. M., & K, B. (2019). Optimalisasi Pemanfaatan Sarana Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu. Pembelajaran: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 3(2), 102–110. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i2.10068
Danim, S., & Danim, Y. (2011). Administrasi sekolah dan manajemen kelas : Strategi membangun disiplin kelas dan suasana edukatif di sekolah. Bandung: Pustaka Setia.
Darmastuti, H. dan K. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pada Jurusan Teknik Komputer dan Informatika di SMK Negeri 2 Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 3(3), 9–20. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/6606
David, F. R. (2009). Manajemen Strategis (Strategic Management). Jakarta: Salemba Empat.
Huda, M. N. (2018). Optimalisasi Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2). https://e-jurnal.stail.ac.id/index.php/tadibi/article/view/9
Matin, & Nurhattati Fuad. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya. Depok: Rajawali Pers.
Munir, M. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(4). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/7745
Musolin, M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Pondok Pesantren: Studi Kasus Pondok Pesantren An Nawawi Berjan Purworejo. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 5(2), 148–162. https://doi.org/10.26594/dirasat.v5i2.1811
Nasruddin, N., & Maryadi, M. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD. Manajemen Pendidikan, 13(1), 15–23. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.6363
OECD. (2021). Equity and Quality in Education: Supporting Disadvantaged Students and Schools. https://doi.org/10.1787/9789264130852-en
Rizky, D., Karnati, N., & Supadi, S. (2022). Management of Educational Facilities and Infrastructure in Islamic Junior High School. Journal of Education Research and Evaluation, 6(1), 26–35. https://doi.org/10.23887/jere.v6i1.37070
Rue, L. W., & Byars, L. L. (2005). Management: Skills and Application. Irwin McGraw-Hill.
Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal Islamic Education Manajemen, 4(1). https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5645
Supadi, Listyasari, W. D., Soraya, E., & Rochanah, S. (2020). Multicultural Personality of Principals of Public Elementary Schools in East Jakarta. Proceedings of the 2nd Yogyakarta International Conference on Educational Management/Administration and Pedagogy (YICEMAP 2019). https://doi.org/10.2991/assehr.k.201221.047
Taber, K. S. (2017). The Nature of Student Conceptions in Science. Science Education. https://doi.org/10.1007/978-94-6300-749-8_9
Tobing, P., & Hasanah, E. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kreativitas dan Inovasi Pembelajaran Guru Pada Masa COVID-19. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2). http://dx.doi.org/10.58258/jime.v7i2.1789
Wibisono, D. (2006). Manajemen Kinerja : Konsep, Desain, dan Teknik Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta: Erlangga.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.