PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN MUTU MAN 1 TULUNGAGUNG DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

  • Antiq Kusthon Tiniyyah Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
    (ID)
  • Binti Maunah Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
    (ID)
Kata Kunci: Perencanaan Sumber Daya Manusia, Peningkatan Mutu Pendidikan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Revolusi Industri 4.0

Abstrak

Dampak logis dari usaha meningkatkan kualitas pendidikan yaitu perlunya peningkatan kualitas komponen dalam sistem pendidikan, termasuk sumber daya manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu Pendidikan di MAN 1 Kota Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah perencanaan sumber daya manusia di MAN 1 Tulungagung dilaksanakan dalam perencanaan pendidik serta tenaga pendidikan yang dibutuhkan di madrasah. Selain itu perekrutan, juga penempatan pendidik serta tenaga kependidikan dengan tepat. Pendidik serta tenaga kependidikan diberikan bimbingan berupa seminar serta pendidikan dan pelatihan agar meingkatkan kemampuannya serta tetep bisa bekerja dengan efektif.  Mutu pendidikan di MAN 1 Tulungagung tergolong sangat baik, MAN 1 Tulungagung terakreditasi A. Perencaanaan sumber daya manusia di MAN 1 Tulungagung dalam meningkatkan mutu pendidikan dinilai berhasil yakni perencanaan dilaksanakan dengan baik serta mutu pendidikan sangat baik. Peserta didik di MAN 1 Tulungagung mengalami peningatan dalam hal prestasi, tahun ini lebih banyak peresentase siswa yang diterima di perguruan tinggi daripada tahun sebelumnya. Implikasi temuan penelitian ini diharapkan bisa menjadi acuan bagi madrasah untuk melaksanakan perencanaan sumber daya manusia dengan baik dan kontinu agar terwujud mutu madrasah yang unggul dan mampu bersaing di era Revolusi Industri 4.0.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Agung, Agung. 2017. Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 2(1), 43-53. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v2i1.2026.

Ansori, Ari Hasan. 2015. Strategi Peningkatan Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan Islam. Jurnal Qathruna 2(2), 19-56. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/qathruna/article/view/3/3.

Berk, Lauren, Dimitris Bertsimas, Alexander M. Weinstein, and Julia Yan. 2019. Prescriptive Analytics for Human Resource Planning in The Professional Services Industry. European Journal of Operational Research 272(2):636–41. https://doi.org/10.1016/j.ejor.2018.06.035.

Hidayat, Wahyu. 2021. Peran Pengelolaan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Sekolah di SMPN 2 Pare-Pare. Jurnal Pendidikan Islam 19(2), 143-170. https://doi.org/10.35905/alishlah.v19i2.2025.

Kurniawan, Benny. 2020. Pengembangan SDM dalam Pendidikan Islam. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial 4(2):105–25. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v4i2.323.

Kusyaeni, Kusyaeni, Heldi Ramadhan Putra Pembangunan, and Kelik Wardiyono. 2023. Strategi Kepala Sekolah SMAIT Ibnu Abbas Klaten dalam Meningkatkan Mutu dan Keterserapan Lulusan di Perguruan Tinggi. Jurna Idaarah 7(1), 108-122. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/idaarah/article/view/37020/17374.

Miles, Matthew B., A. M. Huberman, and Johnny Saldaña. 2014. Qualitative Data Analysis: A ,Ethods Sourcebook. Third edition. Thousand Oaks, Califorinia: SAGE Publications, Inc.

Moleong, Lexi J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwadi, Didik. 2012. The Role of Japanese Human Resource Planning Practices for Increasing Industrial Competitiveness. Procedia - Social and Behavioral Sciences 65:253–59. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.119.

Putriani, Jesika Dwi, and Hudaidah Hudaidah. 2021. Penerapan Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(3), 831-838. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.407.

Rahmawati, Anggi, Diana Riski Sapitri Siregar, Muhamad Syukron, Hasyim Asyari, and Armai Arif. 2022. Perencanaan Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Mutu di SD Islam Al-Azhar 4 Kebayoran Lama. Jurnal Kependidikan Islam 12(2), 159–70. https://doi.org/ 10.15642/jkpi.2022.12.2.159-170.

Sangsurya, Yoky, Muazza Muazza, and Rahman Rahman. 2021. Perencanaan Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SD Islam Mutiara Al Madan Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial 2(2),766–78. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.644.

Siahaan, Amiruddin. 2016. Strategi Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia. Almufida 1(1), 1-2. https://doi.org/10.46576/almufida.v1i1.102.

Sugiyono, Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Warisno, Andi. 2018. Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Mutu Lulusan pada Lembaga Pendidikan Islam di Kabupaten Lampung Selatan. Ri’ayah 03(02), 99-113. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/riayah/article/download/1322/1132/.

Yuliyati, Erlina. 2020. Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Total Quality Management di SMK Muhammadiyah Prambanan. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4(1):24–35. https://doi:10.33650/al-tanzim.v4i1.967.

Zahroh, Aminatul, and Binti Maunah. 2022. Total Quality Management (TQM): Sebuah Langkah dalam Mengedepankan Kualitas Output melalui Sistem Kontrol Mutu (Quality Control) Sekolah. Realita : Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam 13(2):224–34. https://doi.org/10.30762/realita.v13i2.65.

Zain Sarnoto, Ahmad. 2017. Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan Islam. Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya 6(2):51–60. https://doi.org/10.53976/jmi.v6i2.45.

Diterbitkan
2023-12-29
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 168 times