MANAJEMEN KETATAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN ADMINISTRASI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perencanaan, pelaksanaan dan kendala dalam meningkatkan mutu pelayanan administrasi di SMK Negeri 1 Sinjai. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan ketatausahaan di SMK Negeri 1 Sinjai melibatkan perumusan tugas dan fungsi layanan administrasi, penetapan tujuan, evaluasi pekerjaan, pengalokasian dana, pengadaan sarana dan prasarana, serta pemecahan masalah. Pelaksanaan ketatausahaan dilakukan dengan baik mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengelolaan, hingga pengawasan. Kegiatan ketatausahaan meliputi administrasi kepegawaian, keuangan, data dan informasi, sarana dan prasarana, serta persuratan. Kendala dalam meningkatkan mutu pelayanan di SMK Negeri 1 Sinjai adalah kurangnya sumber daya manusia di bagian tenaga administrasi dan masalah koneksi jaringan yang dapat menghambat proses pelayanan di sekolah. Implikasi dari penelitian ini adalah berfungsinya sistem manajemen ketatausahaan, peningkatan mutu pelayanan administrasi sekolah, serta terjalinnya kerja sama antara pengelola, pendidik dan peserta didik dalam mencapai tujuan tersebut.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Aedi, N. (2016). Manajemen Pendidikan dan Tenaga Pendidikan. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Astari, N. K. Y. S., & Januraga, P. P. (2021). Strategi Puskesmas Kuta II dalam Mempertahankan dan Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan pada Masa Pandemi Covid-19. Arc. Com. Health, 8, 475–495. https://ojs.unud.ac.id/index.php/ach/article/download/82498/42840.
Elviera, C. D., Irawan, D., & Syafrina, D. N. (2019). Pengembangan Tata Usaha Sekolah Berbasis Teknologi Informasi. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.30743/mkd.v3i1.676.
Fajar, M., & Iskandar, F. I. (2023). Manajemen Administrasi Ketatausahaan di SMKN 1 Cijulang. Jurnal Pelita Nusantara: Kajian Ilmu Sosial Multidisiplin, 1(1), 50–55. https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i1.106.
Hardyanti, Anisa, N., Suciyati, A., Sarifudin, & Israihin, S. (2022). Manajemen Administrasi Pekantoran pada Tata Usaha Sekolah. DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). https://jurnal.habi.ac.id/index.php/Dikmat/article/view/137.
Haryanti, A. T., Suryani, N., & Rozi, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Sekolah dan Emosional Terhadap Kepuasan Peserta Didik. Economic Education Analysis Journal, 8(3). https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.34955.
Hidayat, M., Rozak, R. W. A., Hakam, K. A., Kembara, M. D., & Parhan, M. (2022). Character Education in Indonesia: How is it Internalized and Implemented in Virtual Learning?. Cakrawala Pendidikan, 41(1), 186–198. https://doi.org/10.21831/cp.v41i1.45920.
Indrawan, I., Wijoyo, H., Selian, N., Sugianto, Muzaki, F. K., Subhan, M., Wilyanty, N., Astuti, D., & Aprianto, I. (2020). Manajemen Personalia dan Kearsipan Sekolah. Klaten: Penerbit Lakeisha.
Karimah, F. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Islam dalam Peningkatan Mutu Layanan di MIS Tahfidz Ash-Habul Kahfi Beran Jawa Timur. Jurnal Seumubeuet, 1(2), 167–182. https://ejournal.iaialaziziyah.ac.id/index.php/yayasanmadinahjsmbt/article/view/466.
Khaerudin, M., Srisulistiowati, D. B., & Setiawati, S. (2021). Model Kepuasan Orang Tua/Wali Siswa Berdasarkan Peningkatan Kualitas Pelayanan Sekolah Secara Berkelanjutan (Studi Kasus TK. Bina Mulia). Journal of Informatic and Information Security, 2(1), 11–22. https://doi.org/10.31599/jiforty.v2i1.653.
Kompri. (2017). Standarisasi Kompetensi Kepala Sekolah. Jakarta: Kencana.
Mahmud, H. (2015). Administrasi Pendidikan (Menuju Sekolah Efektif). Makassar: Aksara Timur.
Mayasari, A., Supriani, Y., & Arifudin, O. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340–345. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.277.
Maylitha, E., Hikmah, S. N., Hanifa, S., & Windayana, H. (2021). Revitalisasi Tata Usaha dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Sekolah. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 80–88. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.169.
Miles, B. M., & Huberman, M. (2014). Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications.
Muhtar, T., & Ruswan Dallyono. (2020). Character Education from the Perspectives of Elementary School Physical Education Teachers. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 395–408. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.30647.
Nawawi, H. (1983). Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT Gunung Agung.
Pike, M. A., Harta, P., Paul, S.-A. S., Lickona, T., & Clarke, P. (2021). Character Development Through the Curriculum: Teaching and Assessing the Understanding and Practice of Virtue. Journal of Curriculum Studies, 53(4), 449–466. https://doi.org/10.1080/00220272.2020.1755996.
Ramadhan, L. N., & Safitri, N. (2022). Pengaruh Manajemen Ketatausahaan Terhadap Layanan Pendidikan. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(7), 897–901. https://doi.org/10.32670/ht.v1i7.1663.
Ritonga, A. W. (2022). Role of Teachers and Parents in Realizing Character Education in the Digital Era. Indonesian Values and Character Education Journal, 5(1), 9–18. https://doi.org/10.23887/ivcej.v5i1.39729.
Rohiat. (2012). Manajemen Sekolah: Teori dan Praktek. Bandung: PT Refika Aditama.
Saputra, S. (2020). Peran Operator Sekolah dalam Mengelola Sistem Data Informasi sebagai Penjaminan Mutu Pelayanan Pendidikan di SMP Negeri 1 Telukjambe Timur Karawang. JS Jurnal Sekolah, 5(1), 21–28. https://doi.org/10.24114/js.v5i1.22701.
Sellang, K., Jamaluddin, & Mustanir, A. (2022). Strategi dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik: Dimensi Konsep, Indikator dan Implementasinya. Pasuruan: Qiara Media.
Syahputri, A., Azzahra, A., & Sahara, R. (2023). Perbedaan Proses Administrasi Tata Usaha pada Masa Covid di MTs Hifzhil Qur’an. Al-Ittihadu: Jurnal Pendidikan, 3(3), 293–301. https://jurnal.asrypersadaquality.com/index.php/alittihadu/article/view/71.
Tanjung, R., Cecep, Sulaeman, D., Hanafiah, & Arifudin, O. (2019). Manajemen Pelayanan Prima dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STIT Rakeyan Santang Karawang). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 3(1), 234–242. https://doi.org/10.31955/mea.v3i1.627.
Triwijayanti, N., Sanoto, H., & Paseleng, M. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan, Budaya Sekolah, Citra Sekolah Terhadap Kepuasan Orang Tua. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(1), 74–80. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i1.p74-80.
Triyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Triyono, U. (2019). Kepemimpinan Transformasional dalam Pendidikan (Formal, Non Formal dan Informal). Yogyakarta: Deepublish.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.