PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI BERBASIS SOFTWARE DI MTS TAHFIDZUL QUR’AN AL IMAM ASHIM MAKASSAR
Abstrak
Pemanfaatan sistem informasi berbasis software di MTs Tahfidzul Qur'an Al Imam Ashim Makassar bisa didorong oleh kebutuhan spesifik dan visi dari pihak sekolah tersebut. Melalui integrasi teknologi, sekolah dapat mengoptimalkan proses pendidikan dan administratifnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan efisiensi operasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi dan manfaat yang diperoleh melalui penggunaan sistem informasi berbasis software dalam pengelolaan dan pengembangan lembaga pendidikan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui observasi langsung terhadap penggunaan sistem informasi, wawancara dengan staf sekolah, dan analisis dokumen terkait penggunaan sistem informasi di MTs Tahfidzul Qur'an Al Imam Ashim Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan sistem informasi berbasis software, seperti EMIS, SIMPATIKA, RDM, EDM, ERKAM, dan VERVAL, memberikan sejumlah manfaat yang signifikan bagi MTs Tahfidzul Qur'an Al Imam Ashim Makassar. Pemanfaatan sistem informasi berbasis software di MTS Tahfidzul Qur'an Al Imam Ashim Makassar memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan efisiensi operasional lembaga, memperbaiki pengambilan keputusan, dan meningkatkan kualitas layanan pendidikan. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan wawasan dan rekomendasi bagi lembaga pendidikan lainnya yang ingin memanfaatkan sistem informasi berbasis software dan integrasi sistem informasi yang berbeda.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Agustinus Rio Trilaksono. (2018). Efektivitas Penggunaan Google Drive Sebagai Media Penyimpanan Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Digital Teknologi Informasi, 1(2), 91–97. https://doi.org/10.32502/digital.v1i2.1651.
Arif Khairudin, H. Nasokha Alh, MSH (2022). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM) di MI Muhammadiyah Bakulan Desa Kalisatkidul, Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara Tahun Ajaran 2021/2022. http://repo.fitk-unsiq.ac.id/id/eprint/1328/1/ARIFKH%202018030112.pdf
Asio, J.M.R., Leva, E.F.,Lucero, L.C., & Cabrera, W. C. (2022). Education Management Information System (EMIS) and Its Implications to Educational Policy: A Mini-Review. International Journal of Multidisciplinary: Applied Business and Education Research, 3(8), 1389–1398. https://doi.org/10.11594/ijmaber.03.08.01
Athiyah, C. N. U. (2017). Implementasi penjaminan mutu pendidikan melalui evaluasi diri madrasah di man 4 jakarta (observasi pada diklat tugas tambahan kepala madrasah aliyah 2017). Diklat Teknis, 5(2), 75–94. https://pusdiklattekniskemenag.e-journal.id/andragogi/article/view/13
Awalia, S. & dkk. (2022). Sistem Informasi Manajemen: Tujuan Sistem Informasi Manajemen. CV. Pena Persada, April, 2. http://max21487.blogspot.com/2012/04/tujuan-sistem-informasi-manajemen.html
Balqis Salma Ines. (2020). Implementasi Aplikasi Rapor Digital Madrasah (Rdm) Dalam Meningkatkan Layanan Pendidikan Di Man 1 Bojonegoro Dan Man 2 Bojonegoro, 5(3), http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54641
Barnawi & M.Arifin. (2017). Sistem Penjamin Mutu Pendidikan. In Ar-Ruzz Media.
Dwiyatno, S., Sulistiyono, S., Abdillah, H., & Rahmat, R. (2022). Aplikasi Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset Dan Observasi Sistem Komputer, 9(2), 83–89. https://doi.org/10.30656/prosisko.v9i2.5387
Handayani, Y. T., Nimah, A. C., Nurrita, Z., & Huda, M. N. (2019). Pemanfaatan Education Information Management System (Emis) dalam Sistem Pelaporan Lembaga Pendidikan Kementerian Agama Kabupaten Tuban. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 1(1), 57–68. https://doi.org/10.15642/japi.2019.1.1.57-68
Heryana, D., Setiawati, L., & Suhendar, B. (2020). Sistem Informasi Dan Potensi Manfaat Big Data Untuk Pendidikan. Gunahumas, 2(2), 350–357. https://doi.org/10.17509/ghm.v2i2.23023
Jamal Ali, B., & Anwar, G. (2021). An Empirical Study of Employees’ Motivation and its Influence Job Satisfaction. International Journal of Engineering, Business and Management, 5(2), 21–30. https://doi.org/10.22161/ijebm.5.2.3
Kementerian Agama RI (2020). Pedoman Operasional Evaluasi Diri Madrasah. Realizing Education’s Promise – Madrasah Education Quality Reform), 1–118. https://madrasahreform.kemenag.go.id/dokumen/edm.
Juita, D. R., Margana (2020). Pengaruh Penggunaan Google Drive Sebagai Sarana Penyimpanan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar. Teknologi5(September).https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekp/article/view/1558%0Ahttps://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekp/article/viewFile/1558/1036
Mahakena, M. L. (2022). The Effect of Using Simpatika to Improve Religion Ministry of Ambon City. Jurnal Diklat Keagamaan, 8(1), 57-65. https://doi.org/10.47655/12waiheru.v8i1.7
Mubarak. (2019). Implementasi Sistem Informasi Dan Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan (SIMPATIKA) Dalam Pembayaran Tunjangan Profesi Guru Madrasah (di Kantor Kementerian Agama Kota Binjai). https://repository.uma.ac.id/bitstream/123456789/13535/1/161801016 - Mubarak- Fulltext.pdf
Prasojo, L. D. (2016). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Raden, U. I. N., & Said, M. (n.d.). Implementasi Evaluasi Diri Madrasah Sebagai Penyusunan Rencana Kerja Anggaran Madrasah Modal. Jurnal of Islamic Education Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 2(2), 114–128. https://doi.org/10.30984/jmpi.v2i2.384.
Ramadina, E. (2017). Pengelolaan Education Management Information System ( Emis ) Dalam Pengambilan Keputusan. Jurnal Sistem Informasi Indonesia (JSII), 2(1), 1–13. https://aisindo.or.id/wp-content/uploads/2019/10/5.2-Pengelolaan-Education-Management-Information-System.
Romania Education Management Information Systems. (2016). Romania Education Management Information Systems, 1. https://doi.org/10.1596/26518
Samsuri, S. (2021). Pemanfaatan Education Management Information System (Emis) Dalam Pengambilan Keputusan Di Seksi Pai Kementerian Agama Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. JIEM (Journal of Islamic Education Management), 5(1), 30-39. https://doi.org/10.24235/jiem.v5i1.8571
Saputra, M. A., & Soedjarwo. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Berbasis Aplikasi Mobile pada Jenjang SMA. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(2), 361–376. http://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v11i2.9805.
Tupono Wahir, Syakdiah, R. K. (2020). Efektivitas Education Management Information System (Emis) Di Madrasah Aliyah Negeri 5 Sleman. Jurnal Manajemen Publik & Kebijakan Publik (JMPKP), 2(1), 24–37. http://dx.doi.org/10.36085/jmpkp.v2i1.702.
Wahyuni, A. (2019). Pentingnya Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Dalam Meningkatkan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling. https://osf.io/7rjku/download
Yunus, M., & Mitrohardjono, M. (2020). Pengembangan Tehnologi Di Era Industri 4.0 Dalam Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar Islam Plus Baitul Maal. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 129–138. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.2.129-138
Zamroni, A. (2020). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam E-ISSN: On Process, 1(1), 11–21. https://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/munaddhomah/article/download/28/23.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.