ANALISIS REKRUTMEN SUMBER DAYA MANUSIA ERA DIGITAL DI PONDOK PESANTREN AL-MANAAR BATUHAMPAR
Abstrak
Pondok Pesantren Al-Manaar Batuhampar adalah sebuah lembaga pendidikan swasta yang telah berdiri sejak tahun 1943. Namun, sejak berdirinya pondok pesantren ini belum pernah mengadakan proses rekrutmen secara resmi/formal, kecuali pada tahun 2022 karena jumlah santri yang meningkat sehingga membutuhkan tenaga SDM yang banyak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses rekrutmen sumber daya manusia di Pondok Pesantren Al-Manaar Batuhampar era digital sekarang ini. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dianalisis menggunakan metode analisis data yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini, penulis menemukan bahwa Pondok Pesantren Al-Manaar Batuhampar tidak menggunakan metode yang tepat dalam merekrut SDM dan juga belum memanfaatkan teknologi secara maksimal. Hanya dilakukan wawancara satu kali tanpa adanya wawancara lanjutan dan tidak dilakukan tes tertulis sebelum calon tersebut diterima, bahkan sebagian proses rekrutmen juga masih dilakukan secara manual. Idealnya tahap rekrutmen SDM melalui tahapan seleksi administratif, tes akademik, serta tes wawancara, Khusus pesantren wawancara dilakukan lebih dari satu kali. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa proses rekrutmen sumber daya manusia di Pondok Pesantren Al-Manaar Batuhampar masih belum sesuai dengan langkah-langkah rekrutmen SDM yang ideal yang berdampak terhadap terganggunya proses belajar mengajar.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Alshoubaki, W., & Harris, M. 2018. “The Impact of Syrian Refugees on Jordan: A Framework Analysis. Journal of International Studies.” 11 (2). https://doi.org/10.14254/2071-8330.2018/11-2/11
Anggara, Dameis Surya, and Candra Abdillah. 2019. FKIP Universitas Pamulang Modul Metode Penelitian Lapangan. https://perpus.unpam.ac.id/index.php?p=show_detail&id=36675&keywords=
Aulia, Nurul Affika, Amirudin Amirudin, and Iqbal Amar Muzaki. 2022. “Pelaksanaan Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SDN Mekar Mukti 01 Cikarang Utara Bekasi.” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 6(2): 370–79. https://doi.org/10.24252/idaarah.v6i2.29406
Budiywono, Eko, Muhamad Annas, and Mahya Aliya. 2019. “Efektifitas Sistem Rekrutmen Guru Pendidikan Formal Yayasan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi tahun Pembelajaran 2018/2019.” JMPID (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam) 1(1): 80–112.https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/jmpid/article/view/524
Efendi, M. T. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grasindo. https://repository.unpar.ac.id/bitstream/handle/123456789/1726/Marihot_142383-p.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Fahmi, Nur Khafid Nizam, and Ahmad Zahidin. 2020. “Sistem Rekrutmen Tenaga Pendidik dan Kependidikan pada Pendidikan Formal di Yayasan Pondok Pesantren Mukhtar Syafa’at Banyuwangi.” 2(2): 363–76. http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/jmpid/article/download/860/619
Harahap, Tuti Khairani et al. 2023. “Manajemen Sumber Daya Manusia.” Penerbit Tahta Media. https://doi.org/10.55080/ptm.v1i01
Harbes, Beni et al. 2023. “Manajemen Sumber Daya Tenaga Pendidik di SMKS Pembangunan Bukittinggi.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3(4): 3683–97.http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/2297/2815/5930
Hasanah, Ma’rifatul, Rina Delvani, Vernalita Anata Dharmayanti, and Afita Nur Hayati. 2023. “Analisis Kriteria Rekrutmen dan Seleksi Pendidik di Pondok Pesantren As- Sa ’ Adiyah Samarinda.” Jurnal Dinamika 4(1): 53–62. https://doi.org/10.18326/dinamika.v4i1.53-62
Iran, Gunawan, and Jamal Bake. 2023. “Analisis Implementasi Standar Operasional Prosedur Layanan Administrasi Kepegawaian pada Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Kendari.” Jurnal Administrasi Pembangunan dan Kebijakan Publik 14(1): 56–63.
Island, Fukue-jima et al. 2021. 4.” 71(1): 63–71.
Kesumaningrum, M, W P Lan, and ... 2021. “Analisis Rekrutmen Sumber Daya Manusia di PD. Anugrah Mas Perkasa.” Seminar Nasional https://prosiding.seminar-id.com/index.php/sensasi/article/view/610
Komariyah, Laili et al. 2021. Manajemen Pendidik & Tenaga Kependidikan Abad 21. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. https://repository.unmul.ac.id/bitstream/handle/123456789
Moekijat. 2018. Administrasi Perkantoran. Bandung: Maju Mundur.
Mustopa, Ali Mustopa Yakub Simbolon, and Iswantir Iswantir. 2023. “Pengembangan Manajemen Lembaga Pendidikan Islam di Era Disrupsi.” Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan 15(1): 1–12. https://journal.uiad.ac.id/index.php/al-qalam/article/download/1565/908/
Mutohar, Achmad. 2018. “Analisi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil.” Jurnal Ilmu Manajemen 2(2): 73–84. https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/mgs/article/view/660/376
Nuraeni, Nuraeni. 2019. “Manajemen Sumber Daya Manusia Lembaga Pendidikan.” Idaarah 3(1): 124–37. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i1.9792
Nurmasyitah, Puspa et al. 2023. “Rekrutmen dan Seleksi Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Pendidikan.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 5(1): 2046–52. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11266
Pratiwi, Warih Anggi, Iis Prasetyo, and Monita Nur Shabrina. 2021. “Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2): 1741–53. DOI: 10.31004/obsesi.v5i2.970
Rony. 2018. “Sistem Rekrutmen Tenaga Pendidik ( Guru ).” MIYAH : Jurnal Studi Islam 14(2): 37–57. https://ejournal.unkafa.ac.id/index.php/miyah/article/download/147/117
Rotty, Viktory Nicodemus Joufree, and Damianus Pongoh. 2022. “Urgensi Manajemen Rekrutmen Guru.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4(6): 1349–58. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10375
Simbolon, Ali Mustopa Yakub et al. 2023. “Hubungan Kualitas Pelayanan Jasa Pendidikan dengan Kepuasan Santri Pondok Pesantren Almanaar Batuhampar.” PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5(1). https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v5i1.7128
Suwarto, 2020. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai.” Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis 11(1): 15. http://dx.doi.org/10.33087/eksis.v11i1.180
W. P. Han, E. Erviriani, A. R. A. Siregar, I. Ivone, and L. Lisa. 2019. “‘Analisis Kepuasan Kerja Dan Lingkungan Kerja Karyawan Di Sekolah EN Mandarin – Medan,.’” 4(2). https://makarioz.sciencemakarioz.org/index.php/JIM/article/view/138
Widodo, Rochmad, Nabilah Saputri, and Nova Intania. 2022. “Strategi Rekrutmen SDM untuk Memenuhi Kebutuhan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Pendidikan Terintegrasi Pondok Pesantren Mahasina Darul Qur’an Wal Hadits (MTs dan MA).” Jurnal Kependidikan Islam 12(2): 171–81. https://doi.org/10.15642/jkpi.2022.12.2.171-181
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.