STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENJAMIN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN
Abstrak
Pembelajaran merupakan kegiatan pokok yang terjadi di satuan pendidikan, pembelajaran yang berkualitas akan berdampak pada hasil pembelajaran peserta didik dan hasil lulusan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengungkap strategi kepala sekolah dalam menjamin proses pembelajaran yang berkualitas. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan desain penelitian studi kasus. Serta teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Hasil yang peneliti temukan pada penelitian ini bahwa kepala sekolah melakukan beberapa strategi dalam menjamin kualitas pembelajaran di sekolah, antara lain: menjamin karir guru dalam program guru penggerak, melakukan supervisi, dan memberi evaluasi berupa saran dan masukan. Sedangkan guru berperan dalam menentukan strategi pembelajaran, pengelolaan kelas, merancang modul ajar, menentukan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, serta menjalin hubungan baik dengan peserta didik dan wali peserta didik. Penjaminan kualitas proses pembelajaran tidak serta-merta menjadi tanggung jawab kepala sekolah, akan tetapi menjadi bagian tugas pokok dari seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran di dalam kelas, sehingga dengan diterapkannya beberapa strategi tersebut sangat berdampak pada proses pembelajaran yaitu siswa ikut aktif dalam pembelajaran, meningkatkan hasil belajar, dan menghasilkan lulusan sekolah yang berkualitas.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Arfin, & Anggraeni, L. D. (2017). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 1–9. https://doi.org/10.30651/didaktis.v17i1.1552
Bahri, S. (2022). Pemulihan Pembelajaran di Sekolah Melalui Kurikulum Prototipe. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 204–215. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p204-215
Banun, S., Yusrizal, & Usman, N. (2016). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada SMP Negeri 2 Unggul Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 4(1), 137–147. https://jurnal.usk.ac.id/JAP/article/view/2615
Chervony, & Mahmudah, F. N. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 9(2), 156–164. https://doi.org/https://doi.org/10.35569/biormatika.v9i2.1366
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. In A. Syaddad (1st ed.), Sulawesi Selatan: CV Kaaffah Learning Center
Ekayani, N. L. P. (2021). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–11. https://www.researchgate.net/publication/315105651
Fathurrohman, M., & Sulistyorini. (2012). Belajar & Pembelajaran (1st ed.). Bengkulu: CV. Teras
Fhatul, arifin toatubun. (2018). Profesional Dan Mutu Pembelajaran. Ponorogo: CV. Uwais Inspirasi Indonesia
Gaol, N. T. L., & Siburan, P. (2018). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Dan Mutu Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 66–73. https://doi.org/10.47467/jdi.v1i1.60
Hardani, dkk. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kualitatif. In Repository.Uinsu.Ac.Id (Issue April). Yogyakarta: CV.Pustaka Ilmu Grup
Hidayat, R. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dalam Mewujudkan Mutu Pembelajaran. Khazanah Akademia, 4(02), 11–21. https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v4i02.74
Ideswal, I., Yahya, Y., & Alkadri, H. (2020). Kontribusi Iklim Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 460–466. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.381
Kadarsih, I., Marsidin, S., Sabandi, A., & Febriani, E. A. (2020). Peran dan Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 194–201. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.138
Kusen, Hidayat, R., Fathurrochman, I., & Hamengkubuono. (2019). Strategi kepala sekolah dan implementasinya dalam peningkatan kompetensi guru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, III(2), 175–193. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.7751
Labibah, R. (2018). Manajemen Pembelajaran Aktif dan Efektif Berbasis Role Model Pada Generasi Millenial. Jurnal Improvment, 5(1), 89–99. https://doi.org/10.21009/improvement.v5i1.11249
Mahmudah, F. N. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif Manajemen Pendidikan Berbantu software atlas.ti versi 8 (Vol. 1). Yogyakarta: CV. UAD PRESS
Miles, B. ., Huberman, M. ., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis a methods (3rd ed.). SAGE Publications, INc.
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Bandung: Rosda Karya.
Nasution, I., Monalisa, F. N., Lestari, E., Saraini, I., & Maqfiroh, L. (2021). Academic Supervision To Improve Madrasah Teacher Performance. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 165–178. https://journal.uny.ac.id/index.php/jmp/article/download/49239/17820
Orno, G. C. N., & Hasbullah, D. (2020). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas, Motivasi Kerja, Iklim Kerja, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMKN. Jurnal SIPATOKKONG BPSDM-SULSEL 1(1), 96–110. https://ojs.bpsdmsulsel.id/index.php/sipatokkong/article/view/18
Putri, R. (2019). Pengaruh Kebijakan Perubahan Kurikulum Terhadap Pembelajaran Sekolah. Pendidikan Seni Rupaupa, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.31227/osf.io/8xw9z
Rahmasyah, M. F. (2021). Merdeka Belajar: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah/ Madrasah. Ar-Rosikhun, 1(1), 47–52. https://doi.org/10.18860/rosikhun.v1i1.13905
Rusman. (2018). Manajemen Pengelolaan Kelas (Syarifuddin (ed.); 1st ed.). UM Surabaya Publishing.
Said, A. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah. Evaluasi, 2(1). http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.77
Saputro, Z. H., Mahmudah, F. N., & Hidayati, N. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah Penggerak di SMAN 2 Klaten. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16261–16266. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.5059
Shalehah. (2019). Strategi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa ( SMP AL-HIDAYAH Medan Tembung). Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 1–24. https://doi.org/10.18592/moe.v5i1.5236
Sholeh, M. (2017). Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 41. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p41-54
Sisdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasioanl. 4, 1–33.
Susanto, B., & Mattalata. (2019). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah dan kompetensi guru terhadap mutu pendidikan di MTS kabupaten Jeneponto. Yume: Journal of Management, 2(3). https://doi.org/10.37531/yum.v2i3.460
Wafa, A. (2017). Peningkatan Mutu Pembelajaran Berbasis Aneka Sumber Belajar di MTsN Sumber Bungur Pamekasan. Portal Jurnal Online Kopertais Wilayah IV (EKIV), 2(2), 237–253. DOI:10.35127/kbl.v2i2.3136
Wibowo, A., & Subhan, A. Z. (2020). Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 3(2). https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IJIEM/article/view/10527/5639
Ya’cub, M., & Ga’a, D. S. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Pengembangan Sarana Prasarana. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 60–69. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i2.67
Yohamir, Rimy, Y., & Prima Arthania, F. (2016). Modul Kepala Sekolah Peningkatan Kualitas Pembelajaran.
Yunus, M., Mahmudah, F. ., & Nasaruddin, D. . (2022). Kompetensi akademik kepala sekolah dalam dinamika pendidikan masa pandemi covid-19 di mi al ihsan kecamatan tanjung redeb kabupaten berau. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 3092–3040. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5990
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.