OPTIMALISASI SARANA RUANG BACA ERGONOMIS DALAM MEMBENTUK IKLIM KONDUSIF DI PERPUSTAKAAN PRAMA WIDYA PUSTAKA SMA NEGERI 1 WONOSARI
Abstrak
Sarana ruang baca pada perpustakaan perlu mendapat perhatian, terlebih jika perpustakaan tersebut tidak menyediakan sarana ruang baca yang ergonomis dengan memperhatikan kenyamanan, keselamatan, serta kesehatan pengguna dalam menggunakan alat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sarana ruang baca perpustakaan seperti apa yang menerapkan prinsip ergonomis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perpustakaan Prama Widya Pustaka sangat baik dan terorganisir dalam pengadaan, pemilihan alat, serta pemeliharaan sarana dan prasarananya. Iklim ruang baca yang kondusif sudah terlaksana yang didukung dengan sarana meja dan kursi yang ergonomis, suhu udara dan kelembaban yang baik, serta pencahayaan yang cukup. Kelengkapan sarana dan prasarana yang ergonomis telah menciptakan ruang baca yang baik dan membangun iklim yang kondusif di Perpustakaan SMA Negeri 1 Wonosari sehingga membentuk konsep ENASE (Efektif, Nyaman, Aman, Sehat, dan Efisien). Sejalan dengan itu, diharapkan penelitian ini memberikan kontribusi kepada pihak sekolah dalam menyediakan sarana dan prasarana yang baik dan nyaman.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Arkiyah, N. (2017). Analisis Tata Ruang Perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta dan Dampaknya terhadap Kepuasan Pemustaka. Pravoslavie.Ru, (43), 1–34. https://adoc.pub/analisis-tata-ruang-perpustakaan-universitas-ahmad-dahlan-yo.html.
Gulo, W. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Grasindo.
Handisa, R. H. (2016). Desain Tata Ruang Perpustakaan. Perpustakaan Cendana BPKK, 1–23. https://www.academia.edu/31826138/DESAIN_TATA_RUANG_PERPUSTAKAAN.
Hidayah, N. (2016). Perpustakaan Ergonomis. Makalah. Bandung: Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Nusantara.
Hidayat, T., Fitrianingrum, L., & Hudiwasono, K. (2021). Penerapan Prinsip Efektif dan Efisien dalam Pelaksanaan Monitoring Kegiatan Penelitian. Majalah Media Perencana 2(1), 42–50. https://mediaperencana.perencanapembangunan.or.id/index.php/mmp/article/view/15.
Juwinta, C. P. (2021). Modul Konsep Sehat dan Sakit. Jakarta: Fakultas Vokasi Univeritas Kristen Indonesia, 9–10.
Khumaidah, Nur Ayu & Jumino (2016). Penerapan Sistem Pencahayaan, Pewarnaan, dan Pengaturan Udara di Perpustakaan Umum Kabupaten Rembang untuk Menunjang Layanan Perpustakaan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 5(4), 1-10. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/15473.
Mustika, P. W. (2016). Ergonomis dalam Pembelajaran Menunjang Profesionalisme Guru di Era Global. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 82. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8933
Nasution, N. A. (2023). Strategi Kepala Madrasah dalam Optimalisasi Sarana Prasarana di Madrasah Aliyah. Munaddhomah Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 317–329. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.426.
Nurdin, M. N. I. (2023). Efektivitas Penerapan Manajemen Tenaga Kependidikan di MAN Pangkep Kabupaten Pangkep. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 103–114. https://doi.org/10.24252/edu.v3i1.38093.
Pertiwi, T. S. (2013). Ergonomis di Tempat Kerja. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://lms-paralel.esaunggul.ac.id/pluginfile.php?file=%2F278602%2Fmod_resource%2Fcontent%2F3%2F6_7704_mik633_102018.pdf.
Pratiwi, Niken Dwi & Retna Hidayah (2015). Tinjauan tentang Ergonomis dan Penataan Interior Perpustakaan di SMK Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Elektronik Mahasiswa Pendidik Teknik Sipil, 3(3), 1-9. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/sipil/article/view/4181.
Sidik, Machfud. (2010). Optimalisasi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Keuangan Daerah, 1–14.
Sriawan. (2016). Efektivitas Penggunaan Perpustakaan oleh Mahasiswa PGSD Angkatan 2011 di Kampus Wates. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 12(1), 42-50. https://doi.org/10.21831/jpji.v12i1.10215.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno. (2020). Penerapan Konsep Ergonomis terhadap Kenyamanan Pemustaka di Perpustakaan SMA Negeri Sumsel Palembang. Skripsi. Palembang: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang. https://repository.radenfatah.ac.id/8231/1/SKRIPSI%20SUTRISNO.pdf.
Wardani, L. K. (2003). Evaluasi Ergonomis dalam Perancangan Desain. Dimensi Interior, 1(1), 61-73. https://doi.org/10.9744/interior.1.1.pp.%2061-73.
Zadry, Raimona, H., Lusi, S., Yuliandra, B., & Desto, J. (2015). Analisis dan Perancangan Sistem Kerja. Padang: Andalas University Press.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.