PERSEPSI MAHASISWA TINGKAT AKHIR DI UIN DATOKARAMA PALU DALAM MEMAHAMI KEDUDUKAN TEORI PADA PENELITIAN KUALITATIF
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tingkat akhir di UIN Datokarama Palu dalam memahami kedudukan teori pada penelitian kualitatif. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, sumber data dalam penelitian adalah data primer yang berasal dari wawancara dan observasi serta data sekunder yang berasal dari kajian literatur baik yang bersumber dari jurnal atau buku yang berkaitan dengan tujuan penelitian yang diajukan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan Focus Group Discussion (FGD), setelah data terkumpul selanjutnya adalah analisis data untuk menghasilkan kesimpulan. Adapun kesimpulan dari hasil penelitian ini, diketahui bahwa sebagian kecil mahasiswa tingkat akhir UIN Datokarama Palu yang menjadi peserta FGD cukup memahami kedudukan teori dalam penelitian kualitatif dan mampu mengartikulasi atau meramu teori ke dalam bentuk narasi dan disertai dengan contoh. Sementara sisanya hanya sampai pada tahap memahami dan belum mampu mengartikulasi atau meramu teori ke dalam bentuk narasi yang disertai dengan contoh. Kurangnya kemampuan tersebut, erat kaitannya dengan minat membaca dan menulis yang dimiliki oleh para mahasiswa tingkat akhir yang menjadi peserta FGD. Dari informasi tersebut, maka perlu kiranya bagi dosen mata kuliah bahasa Indonesia dan dosen metodologi penelitian berkolaborasi mengambil langkah efektif pada pengajaran mata kuliah yang dapat menunjang penyelesaian tugas akhir atau skripsi.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Aisiah, A., & Firza, F. (2019). Kendala yang Dihadapi Mahasiswa Jurusan Sejarah dalam Menulis Proposal Skripsi. Diakronika, 18(2), 90. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol18-iss2/70
Bungin, B. (2015). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya (8th ed., Vol. 2). Jakarta: Kencana.
Hatmanti, G. S., Hamzah, S., & Trianto, A. (2017). Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca Cepat Siswa Kelas X IPA 6 SMA Negeri 1 Curup Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah KORPUS, 1(1), 44–51. https://doi.org/10.33369/jik.v1i1.3204
Latief, M. A. (2018). Research Methods on Language Learning: An Introduction. Malang: Universitas Negeri Malang (Vol. 2).
Madekhan, M. (2019). Posisi dan Fungsi Teori dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Reforma, 7(2), 62. https://doi.org/10.30736/rfma.v7i2.78
Marliyah, L. (2021). Hakekat Teori dalam Riset Sosial. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 2(1), 30. https://doi.org/10.31331/jeee.v2i1.1691
Mustofa, I. (2016). Jendela Logika dalam Berfikir; Deduksi dan Induksi sebagai Dasar Penalaran Ilmiah. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 6(2), 1–21. https://doi.org/https://doi.org/10.54180/elbanat.2016.6.2.1-21
Nimehchisalem, V. (2018). Exploring Research Methods in Language Learning-Teaching Studies. Advances in Language and Literary Studies, 9(6), 27. https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.9n.6p.27
Riyanti, S., Susetyo, S., & Wardhana, D. E. C. (2019). Korelasi antara Minat Baca dengan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Sumber Rejo Kabupaten Musi Rawas. Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 42–51. https://doi.org/10.33369/diksa.v5i1.9236
Sari Pertiwi, W. H., & Weganofa, R. (2015). Pemahaman Mahasiswa atas Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Refleksi Artikel Hasil Penelitian. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 10(1), 18. https://doi.org/10.18860/ling.v10i1.3029
Spielmann, R., & Lin, N. (1977). Foundations of Social Research. Contemporary Sociology, 6(4), 449. https://doi.org/10.2307/2066441
Sulasteri, S., Nur, F., & Kusumayanti, A. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Mahasiswa UIN Alauddin Makassar Menyelesaikan Skripsi. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 96–113. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i1.9389
Wahyono, H. (2005). Makna dan Fungsi Teori dalam Proses Berpikir Ilmiah dan dalam Proses Penelitian Bahasa. Jurnal Penelitian Inovasi, 23(1), 17701.
Yanto, M. (2018). Manajemen Keterampilan Membaca dan Menulis Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Estetik: Jurnal Bahasa Indonesia, 1(2), 167. https://doi.org/10.29240/estetik.v1i2.701
Yuspiani, & Hidayat, M. (2022). Manajemen Keuangan Pendidikan. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 101–114. https://doi.org/10.24252/idaarah.v6i1.27545
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.