PENGARUH KEPEMIMPINAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 5 ENREKANG

  • Kasmawati . UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

This study aims to Know the leadership of teachers in SMP Negeri 5 Enrekang, to determine the motivation of learners in SMP Negeri 5 Enrekang, to know the leadership of teachers to motivation learners in SMP Negeri 5 Enrekang. The type of research is quantitative. The population in this study were all students in SMP Negeri 5 Enrekang which amounted to 280 people. The sampling technique used is Random Sampling. The instruments used are teacher leadership and scale of learning motivation. Processing techniques and data analysis using descriptive statistical analysis and inferential statistics. Based on the technique of descriptive statistical data analysis, teacher leadership in SMP Negeri 5 Enrekang is in the medium category, and the motivation to study in SMP Negeri 5 Enrekang also in the medium category. Based on the technique of analyzing inferential statistic data obtained p value = 0.000 (p <0.005). This means that there is influence of teacher leadership to motivation learners learn in SMP Negeri 5 Enrekang.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

A.M., Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008.

Abror, Rahman. Kepemimpinan Pendidikan Bagi Perbaikan dan Peningkatan Pengajaran. Yogyakarta: Nur Cahaya, 1984

Alwi, Marjani. Mengapa Anak Malas Belajar? Makassar: Alauddin University Press, 2012.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Azisah, Siti. Guru dan Pengembangan Kurikulum Berkarakter Implementasi pada Tingkat Satuan Pendidikan. (Cet. I: Jakarta: Alauddin University Press, 2014).

Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar: 2007.

Buchari, Alma. Guru Profesional. Bandung: Alfabeta, 2014

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Semarang: PT. KaryaToha Putra Semarang, 2002

Departemen Agama RI. Himpunan Peraturan Perundang-undangan Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Binbaga Islam, 1991/1992

Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Hadi, Sutrisno. Metodologi Research Jilid 1, Yogyakarta: Andi Offset, 1991.

Hasbullah. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Edisis Revisi PT. Raja Grafindo Persada, 2005

Kartono, Kartini. Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: PT. Grafindo, 1992.

Karwati, Euis & Donni Juni Priansa. Manajemen Kelas. Bandung: ALFABETA, 2014.

Masnur, Muslich. KTSP, Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2007

Mudjiono dan Dimyati. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2006

Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Rosda Karya, 2006.

Muzakkir. Microteaching Teori dan Aplikasinya, (Makassar: Alauddin University Press, 2012).

Nashar. Peranan motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran, Jakarta: Delia Press, 2004

Ormrod, Jeanne Ellis. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2009.

Rahim, Abdul, Sistem Pemberian Balikan dan Motivasi Berprestasi. Makassar: Alauddin University Press, 2012

Rivai, Veithzal & Sylviana Murni. Education Management Analisis Teori dan Praktik, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.

Siagian, Sondang P. Teori dan Praktek Kepemimpinan, Jakarta: Bina Aksara, 1988.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.

Supardi. Kinerja guru. Cet. II: Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Surya, Mohamad. Psikologi Guru, Konsep dan Aplikasi Dari Guru untuk Guru. Bandung: Alfabeta,2014

Sutrisno, Edy. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta: BP. Cipta Jaya, 2003).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widoyono, Eko Putro. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Yamin, Martinis. Kiat Pembelajaran Siswa, Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta, 2007.

Diterbitkan
2017-12-18
Abstrak viewed = 863 times