IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 TAKALAR

  • Muhammad Nur SD Inpres Kaluara Gowa, Indonesia
    (ID)
  • Azhar Arsyad Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sattu Alang Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Shabir U Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Nilai-Nilai Karakter, Karakter Peserta Didik

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi implementasi nilai-nilai pendidikan karakter di SMA Negeri 3 Takalar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis. Sumber data diperoleh melalui guru pembina rohani islami, pembina pramuka, pembina paskibraka, pembina seni budaya, kepala sekolah dan wakasek kurikulum, serta peserta didik sebagai subjek utama. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang diterapkan pada SMA Negeri 3 Takalar dalam pembelajaran adalah nilai religius, nilai nasionalis, nilai kemandirian, nilai gotong royong dan nilai integritas. Penerapan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Islam tergambar pada kegiatan ekstrakurikuler, seperti kegiatan rohani Islam (rohis), paskibraka, pramuka, dan sanggar seni. Dari kegiatan ini, terlihat pada diri peserta didik memiliki sikap kedisiplinan, kerja sama, ketekunan, tanggung jawab, serta sikap religius yang semakin meningkat. Pembentukan karakter dilakukan melalui pembiasaan yang ditunjukkan oleh para pembina ekstrakurikuler bersama dengan staf dan Kepala SMA Negeri 3 Takalar. Pembiasaan yang dimaksud adalah kedisiplinan, kerja sama, ketekunan, tanggung jawab, dan nilai religius, sehingga peserta didik memiliki akhlakul kharimah, baik di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, maupun lingkungan masyarakat.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(11), 25–38. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/179.

Anwar, A. S. (2020). Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru pada Satuan Pendidikan MTs Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147–173. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.79.

Aqib, Z., & Sujak. (2011). Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.

Asmani, J. M. (2013). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, California: SAGE Publications, Inc.

Danial, D., Damopolii, M., & Syamsudduha, S. (2019). Hubungan antara Budaya Madrasah dengan Motivasi Kerja Guru di MTs se-Kecamatan Sinjai Barat. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 22(1), 141–156. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i12.

Destiniar. (2018). Membangun Generasi Berkualitas Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Wahana Didaktika: Ilmu Kependidikan, 16(1), 42–52. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/1925.

Elmubarok, Z. (2019). Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Gestiardi, R., & Suyitno. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Sekolah Dasar di Era Pandemi. Pendidikan Karakter, 11(1), 1–11. https://dx.doi.org/10.21831/jpk.v0i1.39317.

Getteng, A. R. (2014). Menuju Guru Profesional dan Ber-Etika. Yogyakarta: Graha Guru.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Bandung: Alfabeta.

Hariyanto, M. S. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Helmi, J. (2015). Kompetensi Profesionalisme Guru. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 7(2), 318–336. https://doi.org/10.35445/alishlah.v7i2.43.

Kementerian Agama RI. (2013). Al-Qur’an dan Terjemahan. Bandung: Mikhraj Khazanah Ilmu.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Lisayanti, D. (2014). Implementasi Kegiatan Pramuka Sebagai Estrakurikuler Wajib Berdasarkan Kurikulum 2013 dalam Upaya Pembinaan Karakter. Journal of Educational Social Studies, 3(2), 13–18. https://doi.org/10.15294/JESS.V3I2.6638.

Maulana, S. A., Monica, Asmarita, R., Pendi, Aji, S., Sukro, Pratama, S., & Sevin. (2020). Pembentukan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Rohis di SMA Negeri 1 Mendo Barat. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(2), 11–21. https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i2.247.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. New York: Sage Publications.

Muhsinin. (2013). Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam untuk Membentuk Karakter Siswa yang Toleran. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 205–228. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.751.

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhasanah, A., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Upaya Membangun Karakter yang Unggul dengan Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8745–8751. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2386.

Octavia, S. A. (2021). Profesionalisme Guru dalam Memahami Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Deepublish.

Parida, Dudi, A., & Mulyani, D. (2022). Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam (ROHIS) dalam Pembentuan Karakter Religius Siswa di MAN 2 Kota Sukabumi. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(1), 49–56. https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i1.2044.

Rahmayani, S., & Ramadan, Z. H. (2021). Peran Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 475–480. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40779.

Ramayulis. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rambe, U. K. (2020). Konsep dan Sistem Nilai dalam Persfektif Agama-Agama Besar di Dunia. Al-Hikmah: Jurnal Theosofi dan Peradaban Islam, 2(1), 91–106. https://doi.org/10.51900/alhikmah.v2i1.7608.

Ratnasari, K. (2021). Analisis Pembentukan Karakter Siswa Berbasis Pendidikan Seni Budaya. Lentera Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, 20(1), 146–156. https://doi.org/10.29138/lentera.v20i01.444.

Regi, B. (2021). Peran Pendidikan Seni Budaya dalam Mengembangkan Karakter Siswa SDK ST. Yoseph Maumere. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(3), 26–271. https://doi.org/10.5281/zenodo.5535152.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19. https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830.

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sulistyo, D. B., Nusarastriya, Y. H., & Mediatati, N. (2018). Implementasi Program Kerja Ekstrakurikuler Paskibra dalam Mengembangkan Sikap Kepemimpinan Siswa Kelas XI SMK Tahun Pembelajaran 2017-2018. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 133–139. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jpi/article/view/11832/8475.

Syamsuddin. (2019). Pembentukan Karakter Siswa Berbasis Pendidikan Seni Budaya di MAN 1 Palu. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 29–36. https://doi.org/10.31970/gurutua.v2i1.20.

Woro, S., & Marzuki. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di SMP Negeri 2 Windusari Magelang. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 59–73. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10733.

Yapono, A. (2015). Strategi Penanaman Nilai Peradaban Islam dalam Merespon Globalisasi. TSAQAFAH: Jurnal Peradaban Islam, 11(1), 71–88. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v11i1.254.

Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zamhuri, A. (2020). Pembinaan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Rohis di Madrasah Aliyah Fathul Anwar Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 1–14. https://doi.org/10.55403/hikmah.v9i2.216.

Zubaedi. (2012). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya pada Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Diterbitkan
2024-06-26
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 74 times