ANALISIS KOMPETENSI MAHASISWA PADA PRAKTIK MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kompetensi mahasiswa dalam program magang, ditinjau dari empat aspek utama yaitu kompetensi kepribadian, profesional, sosial, dan manajerial. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam terhadap mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Ampel Surabaya yang melaksanakan magang di beberapa lembaga mitra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program magang berkontribusi terhadap peningkatan kompetensi mahasiswa. Dalam aspek kepribadian terlihat mahasiswa mampu memahami uraian pekerjaan, melaksanakan tugas dengan baik, menunjukkan tanggung jawab, dan disiplin dalam bekerja. Pada aspek profesional mahasiswa menunjukkan kemampuan menyelesaikan pekerjaan sesuai waktu yang ditentukan, memanfaatkan sarana pendukung pekerjaan, mengelola kegiatan, dan menentukan kajian manajemen serta klasifikasinya. Dari segi kompetensi sosial mahasiswa mampu beradaptasi dengan tempat kerja, berinteraksi dan bekerjasama dengan rekan kerja, serta beradaptasi dengan pekerjaan yang diberikan. Terakhir, pada aspek manajerial mahasiswa mampu merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, serta melakukan kontrol dan evaluasi terhadap tugas yang diberikan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Badrudin, B. (2020). Management Of Islamic Education Management (MPI) Graduates Competence Improvement Through Madrasa Internship In MPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01), 1-20. https://doi.org/10.30868/ei.v9i01.680
Darodjat, D., Sulaeman, A., Zakiyah, Z., Makhful, M., & Kusno, K. (2023). Evaluasi Magang Persekolahan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(001), 521–534. https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.4459
Febriani Putri, S., Maha Putri, D., Purnamasari, F., Puspan- ingtyas, M. P., & Narullia, D. (2020). Composing Professional Human Resource: The Necessity of Excellent Internship Mentoring System. KnE Social Sciences. 935-944. https://doi.org/10.18502/kss.v4i6.6652
Gohae, A. S. (2020). Pengalaman Magang, Minat Kerja dan Pengaruhnya Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Ilmiah MEA, 4(3), 1954-1964. https://doi.org/10.31955/mea.v4i3.748
Ifendi, M. (2020). Kompetensi Manajerial Mahasiswa Prodi MPI STAI Sangatta Kutai Timur dalam Pengenalan Lapangan Pendidikan. Jurnal Tarbawi STAI AL Fithrah, 09(01), 39-58. https://orcid.org/0000-0002-1260-9150.
Jasmadi, J., Lasri, L., & Juaris, J. (2023). Analisis Kemampuan Praktik Kerja Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara Stisip Al Washliyah dalam Penerapan Sistem E-Governance Pada Lembaga Pemerintah Kota Banda Aceh. Jurnal Serambi Ilmu, 25(1), 10-22. https://doi.org/10.32672/jsi.v25i1
Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., & Ayu, H. D. (2022). Analisis keterampilan abad 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 39-53. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2482
Juliyanto, I., Utina, R. A., & Hardiyono, H. (2023). Integrasi Teori dan Praktik: Peran Magang MBKM dalam Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Desa Bontorappo. Journal of Career Development, 1(3), 36–40. https://doi.org/10.37531/jcd.v1i3.85
Kemal, I., Hidayat, F. P., & Ginting, N. (2023). Pengaruh Kepribadian, Manajerial, dan Sosial Terhadap Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah SMP di Serdang Bedagai Dengan Pelatihan Sebagai Variabel Moderating. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 9(1), 11-20. https://doi.org/10.30596/edutech.v9i1.11787
Khoiriyah, S., & Shofiyuddin, A. (2024). Manajemen Soft Skill Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam: Menumbuhkan Kesadaran Berwirausaha Di Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 16(1), 48–67. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v16i1.1294
Lutfia, D. D., & Rahadi, D. R. (2020). Analisis Internship Bagi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(3), 199-204. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i3.340
Mei, C. C., & Hua, S. C. (2015). Influence Internship Learning Effect in Business Service Sector: Using Internship Self-Efficacy as the Mediator Variable. Financial Risk and Management Reviews, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.18488/journal.89/2015.1.1/89.1.1.7
Muaddab, H., Zunitasari, I., & Martha, J. A. (2024). Problematika Green Skill Terhadap Kesiapan Kerja Lulusa SMK di Sektor Industri Hijau. Research and Development Journal Of Education, 10(1), 460–470. https://doi.org/10.30998/rdje.v10i1.23324
Muslima, Fakhri, & Mukhlis. (2021). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Melaksanakan Magang III Prodi Bimbingan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. ESTETIC: Education, Science, and Technology International Conference, 1(1), 120-132. https://doi.org/10.22374/es.v1i1.12604
Nurhadi, A. (2021). Pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi Sebagai Upaya Penguatan Kompetensi Lulusan Bagi Mahasiswa MPI. … Menghadapi Tantangan di Era Global Abad 21.
Pahrijal, R., Priyana, Y., & Sukuni, S. (2023). Keterampilan Penting dalam Abad ke-21: Pendidikan dan Kesuksesan Profesional. Jurnal Pendidikan West Science, 01(09), 583-589. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i09.679
Putri, D. M., Narullia, D., Putri, S. F., Purnamasari, F., Puspaningtyas, M., & Palil, M. R. (2020). Towards the Qualified Human Resource: Internship Program at Leading Ex-LPTK Universities in Indonesia, 97-101. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200812.018
Saniuk, S., Caganova, D., & Saniuk, A. (2023). Knowledge and Skills of Industrial Employees and Managerial Staff for the Industry 4.0 Implementation. Mobile Networks and Applications, 28(1), 221-230. https://doi.org/10.1007/s11036-021-01788-4
Septianingsih, I. R., & Faridatussalam, S. R. (2024). Model Kolaboratif untuk Pengembangan UMKM : Kegiatan Gathering Kewirausahaan sebagai Upaya Bersama Mahasiswa Magang dan Pengusaha Lokal. Jurnal Pengabdian Nasional ( JPN ) Indonesia, 5(2), 521–527. https://doi.org/10.35870/jpni.v5i2.883
Siswanto, Bahri, S., & Bastian, D. (2022). Kontribusi Mahasiswa dan Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dalam Kegiatan Program Latihan Profesi (PLP). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 357-374. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i2.993
Suhendra, H., Irdhayanti, E., & Mufrihah, M. (2023). Peran Internship bagi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat. Jurnal Economina, 2(5), 1101-1116. https://doi.org/10.55681/economina.v2i5.537
Supriyatno, H., & Luailik, E. (2022). Peningkatan Kompetensi Melalui Program Magang: Studi Kasus di Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya. AL Maktabah, 7(1), 54-69. https://doi.org/10.29300/mkt.v7i1.6398
Susanto, R. (2022). Profesi Kependidikan: Membangun Nilai Profesi, Keterampilan Pribadi, dan Strategi Kompetensi Profesi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Taufik, Mansyuri, A., Wulandari, R., Indarwati, D., & Ahmad, M. S. (2023). Pedoman Praktik Manajemen pendidikan Islam. Surabaya: Prodi S1 MPI FTK UINSA.
Wiriateja, M. A. J., & Mardalis, A. (2024). Pengaruh Motivasi Kerja , Profesionalisme , Locus Of Control dan Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Bank Jateng Syariah Cabang Surakarta. YUME : Journal of Management, 7(2), 672–687. https://doi.org/10.37531/yum.v7i2.6772
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.