STRATEGI PENGEMBANGAN PEMAHAMAN MODERASI BERAGAMA PADA KURIKULUM MADRASAH

  • Listiyani Siti Romlah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
    (ID)
  • Uswatun Hasanah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
    (ID)
  • Farell Alhafiz Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
    (ID)
  • Rahmad Purnama Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
    (ID)
  • Wan Jamaluddin Z Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
    (ID)
Kata Kunci: Moderasi Beragama, Kurikulum, Strategi Pengembangan

Abstrak

Kondisi Indonesia yang majemuk harus disikapi secara bijaksana oleh seluruh rakyat Indonesia. Beberapa hasil studi menunjukkan tingginya sikap radikalisme pada peserta didik. Moderasi beragama juga dapat diartikan sebagai sebuah sikap untuk menjaga keseimbangan dan keharmonisan di tengah perbedaan. Pengembangan Moderasi Beragama terutama di madrasah bisa dilakukan dengan berbagai cara. penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih lanjut mengenai strategi pengembangan pemahaman moderasi beragama pada kurikulum madrasah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Subjek dari penelitian ini adalah mereka yang terlibat sepenuhnya dan menyatu di bidang tersebut, serta memiliki waktu yang cukup untuk memberikan informasi. Maka, subjek dalam penelitian ini adalah wakil kepala madrasah kurikulum, pembina peribadatan, dan guru fikih MTsN 2 Lampung Selatan. Hasil dari penelitian ini adalah pemahaman moderasi beragama dapat dikembangkan melalui beberapa strategi, salah satunya adalah kegiatan pengajian, pesantren kilat, tali kasih panti asuhan, serta internalisasi dalam proses pembelajaran.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Akhmadi, A. (2019). Moderasi Beragama dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation In Indonesia’s Diversity. Jurnal Diklat Keagamaan. 13(2), 45-55. https://bdksurabaya.e-journal.id/bdksurabaya/article/view/82.

Alfisya. (2009). Pengajian dan Transformasi Sosiokultural dalam Masyarakat Muslim Tradisionalis Banjar. Komunika: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 3(1), 75-89. https://doi.org/10.24090/komunika.v3i1.116.

Erlangga, A. (2021). Nilai Moderasi Perspektif Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Misbah serta Relevansinya terhadap ‎Pendidikan Islam. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). http://repository.radenintan.ac.id/15385/.

Fales, Suimi, I. R. S. (2022). Moderasi Beragama: Wacana dan Implementasi Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di Indonesia. Jurnal Manthiq, VII, 221–229.

Hasan, M. (2021). Prinsip Moderasi Beragama dalam Kehidupan Berbangsa. Journal Mubtadiin, 7(2), 110-123. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/104.

Herdiyansyah, H. (2013). Wawancara, Observasi, dan Focus Groups Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif. Depok: Rajagrafindo Persada.

Ismail, A. I., Nata, A., Bachmid, A., Lubis, A., Bakti, A. F., Arief, A., … Zulkifli. (2021). Moderasi Beragama: Perspektif Antropologi Sosial Budaya. In Konstruksi Moderasi Beragama: Catatan Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta: PPIM UIN Jakarta.

Kholida, N. M., & Satria, R. (2021). Peran Kegiatan Pengajian Sebagai Wadah Pelaksanaan Pendidikan Islam Berbasis Masyarakat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3825-3830. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1476.

Letek, B. S. B., & Keban, Y. B. (2021). Moderasi Beragama Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran PAK di SMP Negeri I Larantuk. Jurnal Reinha, 12(2), 32–44. https://doi.org/10.56358/ejr.v12i2.83.

Mokoginta, H. (2022). Penanaman Nilai Moderasi Beragama Siswa MTsN 2 Kotamobagu melalui Simbol Agama, Konten Moderat dan Realasi Sosial. Journal of Islamic Education Policy, 7(1), 1–10. https://journal.iain-manado.ac.id/index.php/jiep/article/view/1722.

Munir, Moh Badrul, H. (2020). Tingkat Pemahaman Moderasi Beragama Serta Korelasinya terhadap Pengaruh Kesehatan Mental, Keaktifan Berorganisasi, dan Prestasi Akademik. Prosiding Nasional, 3, 137-150.

Pratama, D. (2020). Pengembangan Skala Thurstone Metode Equal Appearing Interval untuk Mengukur Sikap Moderasi Beragama Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 11(1), 71-82. https://doi.org/10.26740/jptt.v11n1.p71-82.

Ramadhan, M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Ramadhani, A., & Setyoningrum, M. U. (2023). Penguatan Nilai Moderasi Beragama melalui Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 7 Samarinda. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 15(1), 76–89. https://doi.org/10.47498/tadib.v15i1.1802.

Rita, F. N., & Iswantir, I. (2022). Metode Guru PAI Mengembangkan Sikap Moderasi Beragama di SMP N 29 Sijunjung. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 493–503. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3798.

Romlah, L. S., Rahmatika, Z., Purnama, R., & Hakim, I. U. (2023). Mengintegrasikan Kecintaan Budaya Lokal dan Moderasi Beragama melalui Kurikulum Muatan Lokal. Tafahus: Jurnal Pengkajian Islam, 3(1), 45–61. https://www.researchgate.net/publication/371281433.

Santoso, J., Sarono, B. T., Sutrisno, S., & Putrawan, B. K. (2022). Moderasi Beragama di Indonesia: Kajian Tentang Toleransi dan Pluralitas di Indonesia. Jurnal Teologi Berita Hidup, 4(2), 324-338. https://doi.org/10.38189/jtbh.v4i2.167.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprapto. (2020). Integrasi Moderasi Beragama dalam Pegembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Integration of Religious Moderation in the Development of the Islamic Religious Education Curriculum). Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(3), 355–368. https://www.neliti.com/publications/378453/integrasi-moderasi-beragama-dalam-pengembangan-kurikulum-pendidikan-agama-islam.

Diterbitkan
2024-06-26
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 114 times