IMPLEMENTASI PENGAMBILAN KEPUTUSAN KEPALA MADRASAH DI MA MA’ARIF NU LUMAJANG
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses, faktor pendukung dan penghambat pengambilan keputusan dalam pelaksanaan program tahfidzul Qur’an di MA Ma’arif NU Lumajang. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sedangkan pengumpulan data diperoleh dari kegiatan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengambilan keputusan dalam pelaksanaan program tahfidzul Qur’an terdiri dari beberapa tahap yaitu mengidentifikasi masalah, mengadakan rapat bersama stakeholder sekolah, membentuk tim pengelola tahfidzul Qur’an, menyusun program kegiatan tahfidzul Qur’an, mengadakan sosialisasi dengan orang tua/wali murid, membuat perjanjian hitam di atas putih. Faktor pendukungnya yaitu stakeholder berpartisipasi secara penuh, memperoleh persetujuan dari beberapa pihak orang tua/wali, terdapat beberapa guru yang memiliki keahlian dalam bidang al Qur’an. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi ketidaksetujuan dari beberapa pihak orang tua/wali dan jumlah pengelola program tahfidzul Qur’an masih terbatas. Oleh karena itu peran kepala madrasah sangat menentukan maju dan berkembangnya lembaga.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.
Anggito, A. dn J. S. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (Cetakan 1). Sukabumi: CV. Jejak.
Asmariani, Moh. Sain, N. K. (2022). Mekanisme Pengambilan Keputusan Kepala Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Desa Nusantara Jaya Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau. Jurnal Pendidikan, 3(3), 156–171. https://doi.org/10.46963/asatiza.v3i3.848.
Efendi, D. (2018). The Spirit of Dauzan Gagasan dan Aksi Pegiat Literasi Muhammadiyah (Cetakan 1). Jakarta: Titah Surga.
Fadhila, A. R., Husni, A., Aprison, W., & Iswantir. (2023). Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dengan Menggunakan Metode Tasmi’ di SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi. Journal on Education, 05(03), 6758–6767. http://jonedu.org/index.php/joe.
Hasan, A. R. (2022). Metode Tahfidz Al-Qur’an Metode Patas (Cepat & Berkualitas) (Cetakan 1). Jakarta: Yayasan Alumni Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an.
Ifit Novita Sari, Lilla Puji Lestari, et al. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (Cetakan 1). Yogyakarta: Unisma Press.
Muslihat. (2020). Kepala Madrasah pada Penilaian Kinerja Kepala Madrasah. Malang: CV Budi Utama.
Nurnaningsih, M., Rifa’i, A. A., & Supriyanto. (2021). Kontribusi Metode Muroja’ah Tahfidzul Quran dengan Model Simaan Estafet pada Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 60–65. https://doi.org/10.30599/jpia.v8i2.1092.
Rahma, F. N., & Kusumah, M. W. (2019). Proses Pengambilan Keputusan Efektif Islami di Sekolah (Studi Kasus di MTs al-Imam Cikembar Kab. Sukabumi). Jurnal Kajian Peradaban Islam, 2(2), 13–21. https://doi.org/10.47076/jkpis.v2i2.20.
Rahmat Putra, P. (2020). Pengantar Ilmu Pendidikan. Indramayu: CV Adam Abimayu.
Rohman, F. (2021). Modernisasi Manajemen Pendidikan Islam. (Cetakan 1). Yogyakarta: IRCiSoD.
Salam, A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. (Cetakan 1). Sumatra Barat: CV. Azka Pustaka.
Simatupang, L., Sitorus, M. W., Syekh, U. I. N., Hasan, A., & Addary, A. (2022). Pengambilan Keputusan dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam di Madrasah. Bunayya : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, III(1), 57–81. https://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/bunayya/article/view/197.
Uswatun Hasanah, Sefta Dwi Setia, Isti Fatonah, M. D. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Al Qur’an Melalui Pengenalan Mkhorijul Huruf pada Anak Menggunakan Metode Sorogan. Jurnal Kependidikan, 2(2), 15–29. https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.550.
Yona Septiana, T. S. (2020). Pengantar Praktik Ilmu Kebidanan (Cetakan 1). Bogor: Lindah Bestari.
Zen, S. Z. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (Cetakan-1). Depok: Kencana.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.