IMPLEMENTASI PENGAMBILAN KEPUTUSAN KEPALA MADRASAH DI MA MA’ARIF NU LUMAJANG

  • Fatia Ainur Rosyida Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur
    (ID)
  • Khusnul Hanifah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur
    (ID)
  • Ahmad Barizi Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur
    (ID)
Kata Kunci: Implementasi, Pengambilan Keputusan, Kepala Madrasah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses, faktor pendukung dan penghambat pengambilan keputusan dalam pelaksanaan program tahfidzul Qur’an di MA Ma’arif NU Lumajang. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sedangkan pengumpulan data diperoleh dari kegiatan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengambilan keputusan dalam pelaksanaan program tahfidzul Qur’an terdiri dari beberapa tahap yaitu mengidentifikasi masalah, mengadakan rapat bersama stakeholder sekolah, membentuk tim pengelola tahfidzul Qur’an, menyusun program kegiatan tahfidzul Qur’an, mengadakan sosialisasi dengan orang tua/wali murid, membuat perjanjian hitam di atas putih. Faktor pendukungnya yaitu stakeholder berpartisipasi secara penuh, memperoleh persetujuan dari beberapa pihak orang tua/wali, terdapat beberapa guru yang memiliki keahlian dalam bidang al Qur’an. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi ketidaksetujuan dari beberapa pihak orang tua/wali dan jumlah pengelola program tahfidzul Qur’an masih terbatas. Oleh karena itu peran kepala madrasah sangat menentukan maju dan berkembangnya lembaga.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.

Anggito, A. dn J. S. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (Cetakan 1). Sukabumi: CV. Jejak.

Asmariani, Moh. Sain, N. K. (2022). Mekanisme Pengambilan Keputusan Kepala Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Desa Nusantara Jaya Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau. Jurnal Pendidikan, 3(3), 156–171. https://doi.org/10.46963/asatiza.v3i3.848.

Efendi, D. (2018). The Spirit of Dauzan Gagasan dan Aksi Pegiat Literasi Muhammadiyah (Cetakan 1). Jakarta: Titah Surga.

Fadhila, A. R., Husni, A., Aprison, W., & Iswantir. (2023). Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dengan Menggunakan Metode Tasmi’ di SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi. Journal on Education, 05(03), 6758–6767. http://jonedu.org/index.php/joe.

Hasan, A. R. (2022). Metode Tahfidz Al-Qur’an Metode Patas (Cepat & Berkualitas) (Cetakan 1). Jakarta: Yayasan Alumni Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an.

Ifit Novita Sari, Lilla Puji Lestari, et al. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (Cetakan 1). Yogyakarta: Unisma Press.

Muslihat. (2020). Kepala Madrasah pada Penilaian Kinerja Kepala Madrasah. Malang: CV Budi Utama.

Nurnaningsih, M., Rifa’i, A. A., & Supriyanto. (2021). Kontribusi Metode Muroja’ah Tahfidzul Quran dengan Model Simaan Estafet pada Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 60–65. https://doi.org/10.30599/jpia.v8i2.1092.

Rahma, F. N., & Kusumah, M. W. (2019). Proses Pengambilan Keputusan Efektif Islami di Sekolah (Studi Kasus di MTs al-Imam Cikembar Kab. Sukabumi). Jurnal Kajian Peradaban Islam, 2(2), 13–21. https://doi.org/10.47076/jkpis.v2i2.20.

Rahmat Putra, P. (2020). Pengantar Ilmu Pendidikan. Indramayu: CV Adam Abimayu.

Rohman, F. (2021). Modernisasi Manajemen Pendidikan Islam. (Cetakan 1). Yogyakarta: IRCiSoD.

Salam, A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. (Cetakan 1). Sumatra Barat: CV. Azka Pustaka.

Simatupang, L., Sitorus, M. W., Syekh, U. I. N., Hasan, A., & Addary, A. (2022). Pengambilan Keputusan dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam di Madrasah. Bunayya : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, III(1), 57–81. https://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/bunayya/article/view/197.

Uswatun Hasanah, Sefta Dwi Setia, Isti Fatonah, M. D. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Al Qur’an Melalui Pengenalan Mkhorijul Huruf pada Anak Menggunakan Metode Sorogan. Jurnal Kependidikan, 2(2), 15–29. https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.550.

Yona Septiana, T. S. (2020). Pengantar Praktik Ilmu Kebidanan (Cetakan 1). Bogor: Lindah Bestari.

Zen, S. Z. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (Cetakan-1). Depok: Kencana.

Diterbitkan
2024-06-26
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 126 times