TRANSISI MOTIVASI BELAJAR SISWA KALA DAN PASCA PANDEMI COVID-19
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar siswa selama dan setelah pandemi Covid-19, khususnya selama transisi dari pembelajaran hybrid ke tatap muka. Penelitian kuantitatif ini menggunakan desain deskriptif sederhana dan melibatkan populasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sentani, dengan total 266 siswa. Sampel sebanyak 156 siswa ditentukan melalui teknik simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner online yang disebar melalui Google Forms, dan diukur dengan skala likert lima poin. Pengolahan data melibatkan kategorisasi skor motivasi belajar siswa menjadi tinggi, sedang, dan rendah, berdasarkan persentase yang telah ditentukan. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami penurunan signifikan selama periode pembelajaran hybrid, yang ditandai dengan pembatasan interaksi fisik dan keterbatasan teknologi. Namun, dengan transisi kembali ke pembelajaran tatap muka, terjadi peningkatan yang signifikan dalam motivasi belajar siswa, didorong oleh interaksi sosial yang lebih baik dan dukungan langsung dari guru. Penelitian ini menegaskan bahwa interaksi sosial dan dukungan emosional berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya mempertimbangkan aspek humanis dalam pendidikan, terutama dalam merancang strategi pembelajaran pasca pandemi yang bertujuan meningkatkan kesuksesan akademik dan kesejahteraan emosional siswa.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ahmad, Aqilla Fadya, and Saiful Amin. 2022. “Pengaruh Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ips.” Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial 1(2):109–25. doi: 10.18860/dsjpips.v1i2.1488.
Astuti, Anita Dewi, Endah Rahmawati, Atika Dwi Evitasari, and Siwi Utaminingtyas. 2022. “Pendampingan Motivasi Belajar Melalui Media Genial Pasca Pandemi Covid Pada Siswa SMK Muhammadiyah 2 Wates.” BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(4):894–901. doi: 10.31949/jb.v3i4.3416.
Atkinson, J. W. (1957). Motivational determinants of risk-taking behavior. Psychological Review, 64(6), 359-372. https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/h0043445
Baumeister, R. F., & Leary, M. R. (1995). The need to belong: Desire for interpersonal attachments as a fundamental human motivation. Psychological Bulletin, 117(3), 497-529. doi:10.1037/0033-2909.117.3.497
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2002). Self-Determination Theory and the Facilitation of Intrinsic Motivation, Social Development, and Well-Being. Routledge Handbook of Adapted Physical Education, 55(1), 296–312. https://doi.org/10.4324/9780429052675-23
Harandi, S. R. (2015). Effects of e-learning on students’ motivation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 181, 423– 430. Diperoleh tanggal 23 September 2021 dari http://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04 .905
Islam, Syaiful, Hasan Baharun, Chusnul Muali, Moh Idil Ghufron, Mushfi El Iq Bali, Mualim Wijaya, and Ismail Marzuki. 2018. “To Boost Students’ Motivation and Achievement through Blended Learning.” Journal of Physics: Conference Series 1114(1):0–11. doi: 10.1088/1742-6596/1114/1/012046.
Izzatunnisa, Lita, Ade Suryanda, Anisa Siti Kholifah, Cynthia Loka, Peralihan Pertiwi Idea Goesvita, Priscila Sindy Aghata, and Salwa Anggraeni. 2021. “Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Dalam Proses Belajar Dari Rumah.” Jurnal Pendidikan 9(2):7–14. doi: 10.36232/pendidikan.v9i2.811.
Juliya, Mira, and Yusuf Tri Herlambang. 2021. “Analisis Problematika Pembelajaran Daring Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa [Analysis of Online Learning Problems and Its Influence on Students’ Learning Motivation].” Genta Mulia XII(1):281–94.
Kalsum, Umy. 2022. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Oleh Guru.” Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan 11(1):38–41. doi: 10.29406/jpk.v11i1.1950.
Kholil, Muhammad. 2022. “Implementasi Blended Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Arzusin 2(4):398–409. doi: 10.58578/arzusin.v2i4.502.
Lincoln, Abraham, and Sudirman Sudirman. 2019. “Perbedaan Motivasi Belajar antara Mahasiswa yang Indekos dengan Mahasiswa yang Tinggal Bersama Orang Tua.” Journal of Millennial Community 1(2):45. doi: 10.24114/jmic.v1i2.14370.
Lomu, Lidia, and Sri Adi Widodo. 2018. “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 745–51. https://core.ac.uk/outputs/230384602/
Marwanti, Endah, Ida Megawati, Dewi Anggreini, and Irfan Adi Nugroho. 2022. “Taman Cendekia : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar Pasca Pandemi.” Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 6(2):49–58.
Musfiqon. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Prestasi Pustakaraya
Oetari, Nanda Apriella, Rahmadya Azzahra, R. Tangson Pangaribuan, and Prosiding Seminar Nasional. 2021. “Strategi Meningkatkan Semangat Pembelajaran Siswa Di Masa Pandemi.” Prosiding Seminar Nasional. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43407
Pajares, Frank. 2002. “Gender and Perceived Self-Efficacy in Self-Regulated Learning. Theory Into Practice.” 41(2):116–25. doi: https://doi.org/10.1207/s15430421tip4102_8.
Permata, Deli. 2021. “Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Negeri 2 Kota Bengkulu.” Skripsi.
Pratama, Farabdy, Firman, and Neviyarni. 2019. “Pengaruh Motivasi Belajar IPA Siswa Terhadap Hasil Belajar.” EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan 1(3):280–86. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index%0APENGARUH
Rafiola, Ryan Hidayat, Punaji Setyosari, Carolina Ligya Radjah, and M. Ramli. 2020. “The Effect of Learning Motivation, Self-Efficacy, and Blended Learning on Students’ Achievement in the Industrial Revolution 4.0.” International Journal of Emerging Technologies in Learning 15(8):71–82. doi: 10.3991/ijet.v15i08.12525.
Reeve, Johnmarshall. 2018. Understanding Motivation and Emotion. 7th ed. (7). : John Wiley & Sons Inc. Korea.
Sassler, Sharon, Kristi Williams, Fenabarenae Addo, Adrianne M. Frech, and Elizabeth C. Cooksey. 2013. “Family Structure and High School Graduation: How Children Born to Unmarried Mothers Fare.” Genus 69(2):1–33.
Sembiring, Desy A. K., and Meylani A. Tijow. 2021. “PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PERKULIAHAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19.” Noken: Jurnal Pengelolaan Pendidikan 2(2):103–14.
Shavira, Nadya, Ganis Indriati, and Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Riau. 2022. “Motivasi Belajar Mahasiswa Pasca Pandemi Covid-19.” JOM FKp 9(2).
Sirait, Herbin, Binsar Tison Gultom, and Benjamin Albert Simamora. 2022. “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar IPS.” Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 2(02):435–40. doi: 10.47709/educendikia.v2i02.1731.
Syarifuddin, Syarifuddin, St Aisyah, and Yuli Triana. 2021. “Meningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tatap Muka Usai Belajar Online Akibat Pandemi Covid-19.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(1):278–88. doi: 10.31004/edukatif.v4i1.1700.
Slavin, R.E. (2006) Educational Psychology, Theory and Practice. Twelfth Edition. New York: Pearson Education, Inc.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sweller, J. (1988). Cognitive Load During Problem Solving: Effects on Learning. Cognitive Science, 12(2), 257-285. doi:10.1207/s15516709cog1202_4
Tayebinik, Maryam, and Marlia Puteh. 2013. “Blended Learning or E-Learning?” (2008). http://arxiv.org/abs/1306.4085
Wigfield, A., & Eccles, J. S. (2000). Expectancy-value Theory of Achievement Motivation. Contemporary educational psychology, 25(1), 68-81. https://psycnet.apa.org/doi/10.1006/ceps.1999.1015
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Yuangga, Kharisma Danang, Denok Sunarsi, Syawaludin Syawaludin, Aidil Amin Effendy, and Anggada Bayu Seta. 2022. “Determinan GAP Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5(9):3663–66. doi: 10.54371/jiip.v5i9.896.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.