MANAJEMEN PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN BAIT ET-TAUHIED

  • Diah Robiatul Adawiah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Indonesia
    (ID)
  • Anis Zohriah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Indonesia
    (ID)
Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan, Pondok Pesantren

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen pendidikan di pondok pesantren Bait Et-Tauhied. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data serta verfikasi (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan; bentuk manajemen pendidikan di Pondok Pesantren Bait Et-Tauhied meliputi; manajemen planning melalui penyusunan progam pendidikan karakter melalui visi, misi dan tujuan pendidikan yang ada di pondok pesantren, manajemen organizing melalui pembagian job description pada setiap bidang yang dilaksanakan, manajemen actuating dengan cara, mengatur dan mengarahkan penanggungjawab kegiatan beserta pelaksana kegiatan untuk segera merealisasikan program yang telah direncanakan, manajemen controling meliputi pengawasan serta memastikan kegiatan berjalan dengan baik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (1 ed.). Makassar: Syakir Media Press.

Afni, N., & Arimbi, W. (2022). Budaya Sekolah pada Pembentukan Karakter Religiusitas pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6409–6416. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3042.

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581.

Anwar, M., Ismayani, Harahap, N., & Murtafiah, N. H. (2022). Manajemen Pendidikan Islam dalam Peningkatan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Jati Agung Lampung Selatan. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman, 8(1), 44–75. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/286.

Batlajery, S. (2016). Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen pada Aparatur Pemerintahan Kampung Tambat Kabupaten Merauke. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 7(2), 135–155. https://doi.org/10.35724/jies.v7i2.507.

Haq, D. D., & Kirana, Z. C. (2022). Pembentukan Karakter Religius Santri di Pondok Pesantren Fathul Ulum Kwagean Kediri Melalui Kegiatan Mujahadah. Jurnal Kependidikan Islam, 12(2), 225–241. https://doi.org/0.15642/jpi.2022.12.2.225-241.

Istiqomah. (2017). Pola Asuh Kyai dalam Meningkatkan Motivasi Hafalan Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Tahfidz “Fathul Huda” Ringinanom Udanawu Blitar. Skripsi IAIN Kediri. https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/314.

Jannah, R., Yakin, N., & Ermawati. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Santri di Era Teknologi (Studi Pondok Pesantren Putri Nurul Hakim Kediri Lombok Barat). Schemata: Jurnal Pasca Sarjana IAIN Mataram, 9(2), 171–188. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/schemata 171.

Kurniawan, S. (2015). Konsep Manajemen Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadits (Studi Tentang Perencanaan). Nur El-Islami, 2(2), 1–34.

Lesmana, F. R., Salsabila, H., & Febrianti, B. A. (2021). Peran Pondok Pesantren dalam Pembentukan Karakter Santri dalam Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Syntax Transformation, 2(7), 963–970. https://doi.org/10.46799/jst.v2i7.319.

Nizarani, Kristiawan, M., & Sari, A. P. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains, 9(1), 38–44. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i1.5432.

Perawironegoro, D. (2019). Manajemen Asrama di Pesantren. TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 130–144. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.944.

Ramadhan, M. F., Ahmad, M., & Jakarta, U. N. (2022). Manajemen Pendidikan Asrama di Sekolah Menengah Kejuruan Musik. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 844–850. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1926.

Rohaenah, I. N., Ahmad, N. W., & Suhartini, A. (2020). Manajemen Pendidikan pada Pondok Pesantren Al Hikamussalafiyah Purwakarta. Jurnal Studi Islam Lintas Negara, 2(2), 85–91. https://doi.org/10.37567/cbjis.v2i2.400.

Sekretariat Negara RI. (2003). UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Fokus Media.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif (12 ed.). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (26 ed.). Bandung: Alfabeta.

Syahputra, R. D., & Aslami, N. (2023). Prinsip-Prinsip Utama Manajemen George R. Terry. Makreju: Manajemen Kreatif Jurnal, 1(3), 52–60. https://doi.org/0.55606/makreju.v1i3.1615.

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka Berfikir Penelitian Kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 160–166. https://jurnal.diklinko.id/index.php/tarbiyah/article/view/25.

Syam, A. R. A. P. S., & Nurdin. (2021). Manajemen Pembinaan Akhlak Santri Pondok Pesantren Al-Munawwarah Desa Tirawuta Kecamatan Pondidahan. Al-Munazzam, 1(2), 138–157. https://staitbiasjogja.ac.id/jurnal/index.php/alfahim/article/download/109.

Diterbitkan
2024-06-26
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 141 times