KORELASI KINERJA GURU DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

  • Sri Musdalifah Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Muhammad Ramli Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Mardyawati Mardyawati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Sitti Mania Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Mardhiah Mardhiah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
Kata Kunci: Kinerja Guru, Minat Belajar, Prestasi Belajar

Abstrak

Tinggi rendahnya prestasi belajar dipengaruhi beberapa indikator di antaranya kinerja guru dan minat belajar. Riset ini berguna dalam membuktikan terdapatnya korelasi kinerja guru dan minat belajar lewat cara sama-sama atas prestasi belajar peserta didik di mata pelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 6 Makassar. Penelitian kuantitatif jenis field research ini memiliki sampel penelitian yakni peserta didik di SMP Muhammadiyah 6 Makassar berjumlah 46 orang. Hasil penelitian adanya korelasi di antara kinerja guru serta minat belajar dengan cara sama-sama atas prestasi belajar di SMP Muhammadiyah 6 Makassar. Hal ini berdasarkan hasil uji hipotesis statistik inferensial diperoleh sig. F change <ɑ(0,004<0,05) artinya terdapat korelasi antara kinerja guru serta minat belajar pada prestasi belajar peserta didik untuk mata pelajaran dapat diterima atau terbukti kebenarannya. Implikasi hasil riset diinginkan jadi bahan referensi untuk periset yang sama. Lebih dari itu, diinginkan terdapatnya riset lanjutan mengenai aspek yang mempengaruhi kinerja guru, minat belajar, serta prestasi belajar peserta didik atas pandangan yang lebih luas.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Akbar, M. (2021). Hubungan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya. Jurnal Equity in Educational, 3(2) 163-168. https://doi.org/10.37304/eej.v3i2.2687

Amaluddin, L. O. (2021). Kinerja Guru Profesional Konsep dan Penerapannya. Banyumas: CV. Amerta Media.

Aziz, A. (2020). Konsep Kinerja Guru dan Sumber Belajar dalam Meraih Prestasi. In Konsep Kinerja Guru dan Sumber Belajar dalam Meraih Prestasi (pp. 21-22). Pekanbaru: Guepedia.

Fajri, A. (2019). Hubungan Kinerja Guru dengan Prestasi Belajar. Jurnal Annual Conference on Islamic Education and Social Sains, 1(2), 260-266. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/download/508/454

Noor, J. (2015). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah. Jakarta: Prenadamedia.

Prastika, Y. D. (2021). Hubungan Minat Belajar dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMK Yadika Bandar Lampung. Jurnal Matematika Realistik, 2(1), 26-32. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.772

Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Psikoborneo, 5(2),289-293. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4377

Rosyid, M. Z. (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.

Rozikin, S. (2018). Hubungan Minat Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 1 Tebat Karai dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kapahiang. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 2(1), 78-81. https://doi.org/10.33369/atp.v2i1.4740

Widiasworo, E. (2017). Masalah-Masalah Peserta Didik dalam Kelas dan Solusinya. Yogyakarta: Araska.

Diterbitkan
2024-06-26
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 158 times