KORELASI KINERJA GURU DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Abstrak
Tinggi rendahnya prestasi belajar dipengaruhi beberapa indikator di antaranya kinerja guru dan minat belajar. Riset ini berguna dalam membuktikan terdapatnya korelasi kinerja guru dan minat belajar lewat cara sama-sama atas prestasi belajar peserta didik di mata pelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 6 Makassar. Penelitian kuantitatif jenis field research ini memiliki sampel penelitian yakni peserta didik di SMP Muhammadiyah 6 Makassar berjumlah 46 orang. Hasil penelitian adanya korelasi di antara kinerja guru serta minat belajar dengan cara sama-sama atas prestasi belajar di SMP Muhammadiyah 6 Makassar. Hal ini berdasarkan hasil uji hipotesis statistik inferensial diperoleh sig. F change <ɑ(0,004<0,05) artinya terdapat korelasi antara kinerja guru serta minat belajar pada prestasi belajar peserta didik untuk mata pelajaran dapat diterima atau terbukti kebenarannya. Implikasi hasil riset diinginkan jadi bahan referensi untuk periset yang sama. Lebih dari itu, diinginkan terdapatnya riset lanjutan mengenai aspek yang mempengaruhi kinerja guru, minat belajar, serta prestasi belajar peserta didik atas pandangan yang lebih luas.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Akbar, M. (2021). Hubungan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya. Jurnal Equity in Educational, 3(2) 163-168. https://doi.org/10.37304/eej.v3i2.2687
Amaluddin, L. O. (2021). Kinerja Guru Profesional Konsep dan Penerapannya. Banyumas: CV. Amerta Media.
Aziz, A. (2020). Konsep Kinerja Guru dan Sumber Belajar dalam Meraih Prestasi. In Konsep Kinerja Guru dan Sumber Belajar dalam Meraih Prestasi (pp. 21-22). Pekanbaru: Guepedia.
Fajri, A. (2019). Hubungan Kinerja Guru dengan Prestasi Belajar. Jurnal Annual Conference on Islamic Education and Social Sains, 1(2), 260-266. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/download/508/454
Noor, J. (2015). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah. Jakarta: Prenadamedia.
Prastika, Y. D. (2021). Hubungan Minat Belajar dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMK Yadika Bandar Lampung. Jurnal Matematika Realistik, 2(1), 26-32. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.772
Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Psikoborneo, 5(2),289-293. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4377
Rosyid, M. Z. (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.
Rozikin, S. (2018). Hubungan Minat Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 1 Tebat Karai dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kapahiang. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 2(1), 78-81. https://doi.org/10.33369/atp.v2i1.4740
Widiasworo, E. (2017). Masalah-Masalah Peserta Didik dalam Kelas dan Solusinya. Yogyakarta: Araska.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.