OPTIMALISASI MODEL SUPERVISI DISTRIBUTIF UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MTS AL-MUSLIM

(Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Almuslim)

  • Ibnu Hajar Pascasarjana IAIN Lhokseumawe Aceh
    (ID)
  • Susi Yusrianti Pascasarjana IAIN Lhokseumawe Aceh
    (ID)
Kata Kunci: Model, Supervisi, Distributif, Profesionalisme, Guru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan model supervisi distributif dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Al-Muslim. Pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus digunakan dalam penelitian ini untuk menggali pemahaman mendalam mengenai implementasi supervisi distributif di madrasah. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru dan kepala sekolah, serta studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan supervisi distributif meningkatkan kualitas pengajaran guru melalui kolaborasi dan refleksi bersama. Partisipasi guru dalam kegiatan pengembangan profesional juga meningkat secara signifikan dari 50% menjadi 80%, dan dampak positif terhadap kesejahteraan emosional guru terlihat melalui peningkatan rasa percaya diri dan motivasi dalam mengajar. Penelitian ini juga menemukan bahwa supervisi distributif yang dilaksanakan di MTs Al-Muslim memperkuat nilai-nilai Islam, seperti syura (musyawarah) dan ta’awun (kerja sama) yang menjadi landasan dalam pengelolaan pendidikan di madrasah. Model ini memberikan kontribusi kebaharuan dengan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dalam supervisi pendidikan. Saran yang diajukan untuk pengelolaan sekolah mencakup penyesuaian jadwal supervisi yang fleksibel, pelatihan bagi mentor, dan dukungan kebijakan pendidikan untuk mendukung implementasi model ini secara lebih luas di lembaga pendidikan Islam.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Atikah, C. (2020). Kegiatan Supervisi Pendidikan dalam Menunjang Kinerja Guru di TK Islam Tirtayasa Serang. Jurnal PAUD Agapedia, 2(1), 45-52. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/24387.

Ayubi, U. Y., Syahmuntaqy, M. T., & Prayoga, A. (2020). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik. Manazhim, 2(2), 118–130. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i2.706.

B.Miles, M., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcbook (3rd ed.). SAGE Publication Asia Pacific.

Baharuddin, L. N. (2020). Kepemimpinan dalam Supervisi Pendidikan di Madrasah. Jurnal Idaarah, 4(2), 253. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16798.

Bali, A., & Iriani, A. (2024). Implementation of Clinical Supervision with a Collaborative Approach to Enhance Teachers’ Pedagogical Competence in Junior High Schools. Inovasi Kurikulum, 21(3), 1383–1364. https://doi.org/10.17509/jik.v21i3.70337.

Beddu, M., & Fatnah, F. (2018). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Pegawai di SMP Negeri 1 Amali Kecamatan Amali Kabupaten Bone. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 37–49. https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i1.5148.

Dewi, U. S. (2023). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kinerja Guru dan Mutu Pendidikan di SDN Plawad III Karawang. Journal on Education, 5(4), 17792–17800. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.4619.

Gunawan, I., Djum, D., Benty, N., Adetya., & Wardani, D. (2023). Principal Instructional Leadership Within the Framework of Clinical Supervision. JMSP: Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 7(2), 48–57. http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/34525.

Herlilawati, H. (2021). Penerapan Pendekatan Supervisi Kolaboratif untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(2), 31–41. https://doi.org/10.33084/neraca.v6i2.2642.

Ismail, S. N., Don, Y., Husin, F., & Khalid, R. (2018). Instructional Leadership and Teachers Functional Competency Across the 21st Century Learning. International Journal of Instruction, 11(3), 135–152. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11310a.

Kurniati. (2020). Pendekatan Supervisi Pendidikan. Jurnal Idaarah, 4(1), 52–59. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.7894.

Musdalifah, M. (2020). Supervisi Manajerial Profesi Keguruan dalam Jabatan. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 119. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.14062.

Nurhayati, N., Siraj, A., & Yaumi, M. (2020). Pengaruh Kompetensi Supervisi dan Manjerial Kepala Madrasah terhadap Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Se--Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 4(1), 60–76. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.14057.

Rahayuningsih, T., Setyaningsih, S., & Sunardi, O. (2023). Pengaruh Supervisi Pengawas dan Kepuasan Kerja terhadap Peningkatan Kinerja Kepala Sekolah. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i2.75723.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Junal Alhadharah, 17(33), 81–95. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/alhadharah/article/view/2374.

Safitri, I. N. (2023). Model Pendidikan Karakter Interaktif (Transformasi Disiplin Siswa Melalui Kreativitas Pembelajaran). Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 1(6), 977–991. https://jip.joln.org/index.php/pendidikan/article/view/102/101.

Shaifudin, A. (2020). Supervisi Pendidikan. El-Wahda: Jurnal Pendidikan, 1(2), 36–37. https://doi.org/10.35888/elwahdah.v1i2.4158.

Sola, E. (2018). Ada Apa dengan Supervisi Pendidikan? Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 130–140. https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i1.5406.

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Mulloh, T. & Muslim, A. (2022). Analisis Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru. Journal Publicuho, 5(3), 763–775. https://doi.org/10.35817/publicuho.v5i3.29.

Wahyudi, M. F., Harris, T., Wahyudi, M. F., Harris, T., & Profetik, F.-S. P. (2023). Supervisi Pendidikan Profetik. Jurnal Reforma, 13(1), 101–115. https://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/721.

Diterbitkan
2024-12-28
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 4 times