PENGEMBANGAN KUALITAS PENDIDIKAN MELALUI PROGRAM GURU PENGGERAK

  • Azah Zakiyatul Miskiyah Universitas Negeri Surabaya
    (ID)
  • Umi Anugerah Izzati Universitas Negeri Surabaya
    (ID)
  • Karwanto Karwanto Universitas Negeri Surabaya
    (ID)
Kata Kunci: Guru Penggerak, Pengembangan, Kepemimpinan

Abstrak

Artikel ini memaparkan mengenai bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas guru yakni dengan melalui program guru penggerak. Metode yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan kajian pustaka berupa jurnal-jurnal dan buku. Di era saat ini guru diharapkan mampu untuk dapat mengembangkan kemampuan maupun keterampilannya dalam bidang pendidikan sehingga pada proses belajar mengajar dapat memberikan pendidikan yang berkualitas untuk para siswa dan menghasilkan siswa yang berkualitas pula. Terdapat empat standar kompetensi guru penggerak diantaranya ialah: (1) Kompetensi pedagogik; (2) Kompetensi kepribadian; (3) Kompetensi profesional; dan (4) Kompetensi sosial. Guru penggerak memiliki peran penting dalam menciptakan suasana pembelajaran yang dapat menarik dan memotivasi peserta didik untuk dapat mengembangkan bakat dan potensi yang ada pada dirinya secara mandiri. Tujuan dari adanya guru penggerak adalah untuk memberikan motivasi pada siswa untuk meningkatkan prestasi akademik, dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis, dan juga menumbuhkan kreativitas yang ada pada dirinya. Hasil dari penelitian menununjukkan bahwa program guru penggerak menjadi solusi dari berbagai permasalahan utamanya yaitu pemerataan pendidikan, dengan adanya program ini mampu untuk meningkatkan kualitas guru baik dalam perkotaan maupun dalam pedesaan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Bagea, I., Said, H., & Suprapto, I. (2023). Pengelolaan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Mewujudkan Kualitas Lembaga Pendidikan. Pasaman Barat: Cv. Azka Pustaka.

Bakhtiar, B. (2022). Pengembangan Keterampilan Kepemimpinan. Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 13 (7), 103-112. https://doi.org/10.47498/bidayah.v13i1.1003.

Damayanti, D., Asbari, M., & Zaharantika, A. (2024). Guru Penggerak: Pengembangan Pendidikan Melalui Kepemimpinan Guru. JISMA: Journal of Information Systems and Management, 3(2), 5-10. https://doi.org/10.4444/jisma.v3i2.895.

Durach, C. F., Kembro, J., & Wieland, A. (2017). A New Paradigm for Systematic Literature Reviews in Supply Chain Management. Journal of Supply Chain Management, 53(4), 67–85. https://doi.org/10.1111/Jscm.12145.

Efendi, N., & Sholeh, M.I. (2023). Manajemen Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68–85. https://doi.org/10.59373/academicus.v2i2.25.

Fadil, K., Amran & Alfaien, N. I. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Mewujudkan Suistanable Developments Goal’s. Attadib: Journal of Elementary Education, 7(2), 1-27. https://doi.org/10.32507/attadib.v7i2.1944.

Friesen, N., & Su, H. (2023). What is Pedagogy? Discovering the Hidden Pedagogical Dimension. Educational Theory, 73(1), 6–28. https://doi.org/10.1111/edth.12569.

Henthorn, R., Lowden, K., & Mcardle, K. (2024). It Gives Meaning and Purpose to What You Do: Mentors’ Interpretations of Practitioner Action Research in Education. Educational Action Research, 32(2), 169–185. https://doi.org/10.1080/09650792.2022.2106260.

Hermoso, J. R., & Brobo, M. A. (2023). Influence of Teaching Competencies to Performance: Basis for Professional Development. Asian Journal of Education and Social Studies, 44(4), 33–46. https://doi.org/10.9734/ajess/2023/v44i4969.

Hutamy, E. T., Nirmalasari, P., & Lestari, A. (2023). Guru Penggerak Sebagai Bentuk Peningkatan Kualitas Pendidikan. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 1-14. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/148 31.

Inganati, V. O. N., & Fernadi, M. F. (2022). Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Peserta Didik di SMP Muhammadiyah Lubuk Banjar Lubuk Raja Ogan Komering Ulu Tahun Pelajaran 2022/2023. UNISAN Jurnal, 2(2), 394-402. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal.

Irhamsyah, T. (2023). Kebijakan Umum Implementasi Merdeka Belajar. Jurnal At-Tabayyun, 6(2), 70–81. https://doi.org/10.62214/Jat.V6i2.130.

Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru Penggerak dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1714.

Kashah, E. (2023). Pedagogical Apparatus of a Text Book, Text and Methodical Work With it, Class Time and Forms of its Organization. British Journal of Multidisciplinary and Advanced Studies, 4(2), 68–78. https://doi.org/10.37745/bjmas.2022.0177.

Lubis, R. R., Amelia, F., Alvionita, E., Nasution, I. E., & Lubis, Y. H. (2023). Peran Guru Penggerak dalam Meningkatkan Pemerataan Kualitas Kinerja Guru. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan, 33(1), 70–82. https://doi.org/10.52030/attadbir.v33i1.170.

Mowisch, D., Brose, A., & Schmiedek, F. (2021). Do Higher Educated People Feel Better in Everyday Life? Insights From a Day Reconstruction Method Study. Social Indicators Research, 153(1), 227–250. https://doi.org/10.1007/s11205-020-02472-y.

Ninghardjanti, P., Murtini, W., Hindrayani, A., & Sangka, K. B. (2023). Evaluation of the Smart Indonesia Program as a Policy to Improve Equality in Education. Sustainability, 15(6), 5114. https://doi.org/10.3390/Su15065114.

Norozi, S. A. (2023). The Nexus of Holistic Wellbeing and School Education: A Literature-Informed Theoretical Framework. Societies, 13(5), 113. https://doi.org/10.3390/Soc13050113.

Nugroho, A. S., Suryanti, S., & Wiryanto, W. (2022). Peningkatan Kualitas Guru, Sebanding dengan Peningkatan Pendidikan? Jurnal Basicedu, 6(5), 7758–7767. https://doi.org/10.31004/basicedu.V6i5.3354.

Patilima, S. (2021). Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1069/766.

Prasetyo, M. A. M., & Kifla, W. (2023). Participatory Leadership and Teacher Motivation in Improving School Quality. Edukasi: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 214–229. https://doi.org/10.54956/edukasi.v11i2.387.

Rahmawati, H., Iskandar, S., Rosmana, P., Nabilah, A.P., Rahmawati. A., Herlina, P., & Agustiani, N. (2023). Peran Guru Penggerak Terhadap Penerapan Pembelajaran Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 4039-4050. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/779.

Riowati, R., & Yoenanto, N. H. (2022). Peran Guru Penggerak pada Merdeka Belajar untuk Memperbaiki Mutu Pendidikan di Indonesia. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 1–16. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3393.

Ruslan, R., Saparuddin, S., Husnaeni, H., & Burga, M. A. (2023). The Influence of Teacher’s Personality Competence, Curriculum, and School Climate on Student’s Morals. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2011–2023. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3920.

Sijabat, O. P., Manao, M. M., Situmorang, A. R., Hutauruk, A., & Panjaitan, S. (2022). Mengatur Kualitas Guru Melalui Program Guru Penggerak. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIA), 2(1), 130–144. https://doi.org/10.46229/elia.v2i1.404.

Sodik, N., Oviyanti, F., & Win Afgani, M. (2021). Strategi Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Program Guru Penggerak: Strategi Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam. Al-Wijdan Journal of Islamic Education Studies, 6(2), 136–149. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v6i2.963.

Solihin, R. R., Susanto, T. T. D., Fauziyah, E. P., Yanti, N. V. I., & Ramadhania, A. P. (2024). The Efforts of Indonesian Government in Increasing Teacher Quality Based on Pisa Result in 2022: A Literature Review. Perspektif Ilmu Pendidikan, 38(1), 57–65. https://doi.org/10.21009/pip.381.6.

Suharto, S. (2023). Implementasi Supervisi Akademik untuk Meningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia (Guru) dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Comserva Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 2(12), 3035–3043. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i12.723.

Sumandya, I. W., Sukendra, I. K., Suryani, M.I., & Pramesuari, D. P. (2022). Penyusunan Kurikulum Operasional Sekolah di Penggerak Angkatan 2 Provinsi Bali. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 129–137. https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v2i2.1964.

Triastuti, U. H. (2023). Program Pendidikan Guru Penggerak, Efektifkah?: Sebuah Ulasan pada Kerangka Pengembangan Profesional Guru. Jurnal Widyaiswara Indonesia, 4(2), 17-26. https://ejournal.iwi.or.id/ojs/index.php/iwi/article/ view/130/88.

Yermekbayeva, D. D., Sauranbay, S. B., & Baidybekova, S. K. (2023). Education as an Investment in the Development of Countries’ Economies. Bulletin of “Turan” University, 2, 335–349. https://doi.org/10.46914/1562-2959-2023-1-2-335-349.

Zibeniene, G., Zemaitaityte, I., Gudelis, D., & Stasiukynas, A. (2023). Measures Motivating Teachers: A Study in Vilnius City Municipality. Society. Integration. Education. Proceedings of The International Scientific Conference, 2, 243–253. https://doi.org/10.17770/sie2023vol2.7122.

Ziheng, Y., & Xiaodong. (2022). The Path Exploration on English Teachers’ Professional Development from the Perspective of Learning Community. Frontiers in Educational Research, 5(10), 66-71. https://doi.org/10.25236/fer.2022.051014.

Zovko, M.E., & Dillon, J. (2018). Humanism Vs Competency: Traditional and Contemporary Models of Education. Educational Philosophy and Theory, 50(6–7), 554–564. https://doi.org/10.1080/00131857.2017.1375757.

Diterbitkan
2024-12-28
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 41 times