PENERAPAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI SISWA BERKEMAMPUAN KHUSUS DI MTS BONTOCINDE GOWA
Abstrak
Penelitian ini meneliti bagaimana kepemimpinan kepala madrasah di MTs Bontocinde Gowa mengembangkan pendidikan inklusif bagi siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini mengeksplorasi tiga pertanyaan utama: sifat kepemimpinan kepala madrasah, bagaimana pendidikan inklusif diterapkan, dan bagaimana kepemimpinan ini mendukung pendidikan inklusif. Menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis, data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian ini menemukan bahwa meskipun pendidikan inklusif telah diterapkan dengan efektif, tantangan masih ada dalam hal pendanaan, kualitas guru, dan infrastruktur. Kepemimpinan kepala madrasah sangat penting, meskipun peran guru dan keterlibatan orang tua perlu ditingkatkan. Studi ini menyarankan dukungan pemerintah yang lebih besar dan pengembangan berkelanjutan praktik inklusif.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Akib, M. (2012). “Manajemen dan Kepemimpinan Madrasah.” Lentera Pendidikan 15(1):92–107.
Anggito, A. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Cetakan Pertama). Jakarta: Hak Cipta CV Jejak.
Asmu, H., Ikhfan, H., & Lamatenggo, N. (2018). “Keefektifan Koordinasi Kepala Sekolah Dalam Mengintegrasikan Program Dan Kegiatan Di SMA Negeri 1 Manangu Kabupaten Boalemo.” JPs : Jurnal Riset Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan 3(1):87–94.
Danim, S. (2010). Kepemimpinan Pendidikan (Kepemimpinan Jenius Etika, Perilaku Motivasional, Dan Mitos). Bandung: Alfabeta.
Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa. (2011). “Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Insklusif.” Departement Pendidikan Nasional (70):1–36.
Fuad, I. H. (2005). Dasar-Dasar Kependidikan : Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta.
Hermanto. (2011). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menumbuhkan Kesadaran Perbedaan Individu Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi.
Izza, Nurul, Setianti. Y., & Tiara. O. (2023). “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak Di Sekolah Inklusi.” Jurnal Murhum., 4(2):272–84. doi: 10.37985/murhum.v4i2.236.
Kurniawan, A. 2011. “Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Untuk Menciptakan Sekolah Yang Bermutu.” Jurnal Holistic volume 12.
Mulyasa. (2013). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pranogyo, A. B., & Hendro. J,. (2023). “Gaya Kepemimpinan Dan Kinerja Karyawan: Tinjauan Literatur.” J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia). 7(2):171. doi: 10.29103/j-mind.v7i2.10048.
Putri, Z. F., Miarakhman. N. F., & Krisnawati, R. D,. (2020). “Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif Di SMP Negeri 2 Yogyakarta.” Khazanah Intelektual. 4(3):932–53.
Putri, G.P., Sutarto Wijono. (2024). “Jurnal Psikologi.” Jurnal Psikologi 40(2):169–80.
Republik Indonesia. (2003). “Undang-Undang Pasal 31 Ayat 1 Dan Undang-Undang Dasar Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.”
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukatin, Puspitasari. D., Zainab, H., Khairunnisa. N., & Rhamadhan, G. (2022). “Peranan Kepemimpinan Manajemen Pendidikan.” Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan 1(2):226–34. doi: 10.24252/edu.v1i2.26458.
Sulaeha, R. (2019). “Penerapan Kepemimpinan Instruksional Dalam Kepemimpinan Kepala Madrasah Pada MAN 2 Bulukumba.” Jurnal Idaarah 3(2):245–56.
Suparman. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Guru. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.
Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik Dan Permasalahannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Wahyusumidjo. (1992). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.