PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP DISIPLIN KERJA PEGAWAI DI SMP NEGERI 1 AMALI KECAMATAN AMALI KABUPATEN BONE
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap disiplin kerja pegawai di SMP Negeri 1 Amali Kecamatan Amali Kabupaten Bone. Populasi dalam penelitian ini adalah 11 tenaga kependidikan di SMP Negeri 1 Amali Kecamatan Amali Kabupaten Bone. Sampel dalam penelitian ini adalah 11 tenaga kependidikan di SMP Negeri 1 Amali Kecamatan Amali Kabupaten Bone, dengan menggunakan total sampling atau mengambil keseluruhan populasi untuk dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert tentang supervisi kepala sekolah dan disiplin kerja pegawai. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan regresi sederhana. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukan supervisi kepala sekolah berada pada kategori sedang dengan nilai mean 66,18 dengan persentase tertinggi 63,64% dan disiplin kerja pegawai berada pada kategori sedang dengan nilai mean 95,72 dengan persentase tertinggi 72,7%. Hasil analisis statistik inferensial menunjukan nilai , dengan taraf signifikan 5%, demikian tidak terdapat pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap disiplin kerja pegawai di SMP Negeri 1 Amali Kecamatan Amali Kabupaten Bone.##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Arikunto,Suharsimi. Manajemen Penelitian Edisi Baru. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
Asmani,Jamal Ma’mur.Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah. Jogjakarta: Diva Press, 2013.
Daradjat,Zakiah dkk.Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Darsono dan Tjatjuk Siswandoko.Manajemen Sumber Daya Manusia Abad 21. Jakarta: Nusantara Consulting, 2011.
Daryanto,M. Administrasi dan Manajemen sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013.
Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan terjemahan. Jakarta: Syaamil Qur’an, 2010.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Perum Balai Pustaka, 1998.
Engkoswara dan Aan Komariah, Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2012.
Getteng, Abdul Rahman.Menuju Guru Profesional dan Beretika. Yogyakarta: Grha Guru, 2014.
Hasan, M. Iqbal MM. Pokok – pokok Materi Statistik 2: Statistik Inferensif. Jakarta: Bumi aksara, 2002.
Hasibuan,Malayu.Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta: PT Aksara, 2002.
Idris, Ridwan, Manajemen Pendidikan Dalam Aplikasinya di Madrasah Makassar. Alauddin University p ers, 2014.
Joni. Peran Seorang Kepala Madrasah di Dalam Meningkatkan Kedisiplinan dan Kerajinan Guru Bantunya di Madrasah Dasar. dalam http//one.indoskripsi.com. diambil 16 Januari, 2016, pukul 17.30.
Kasmawati. Pengembangan Kinerja Tenaga Kependidikan. Makassar: Alauddin University Press, 2012.
Khaeruddin.Ilmu Pendidikan Islam. Makassar: Yayasan Pendidikan Fatiya Makassar, 2002.
Kusuma, Atmajaya. Peran Seorang Kepala Madrasah di Dalam Meningkatkan Kedisiplinan dan Kerajinan Guru Bantunya di Madrasah Dasar. Dalam http//one.indoskripsi.com. diambil 16 Januari , 2016, pukul 17.30.
Margono, S. Metodologi Penelitian Pendidikan: Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.
Masri, Abd.Rasyid. Manajemen Sumber Daya Manusia (Analisis Hasil Penelitian Sosial). Makassar: Alauddin University Press, 2013.
Mutohar, Prim Masrokam.Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah.Jakarta: Ar-ruzz Media, 2013.
Naro, Wahyuddin. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam: Sebuah Sumbangan Pemikiran. Makassar: Alauddin University Press, 2014.
Purwanto, Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Rachmawati, Tuti dan Daryanto. Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Yokyakarta: Gava Media, 2013
Ridwan, dkk. Pengantar Statistik untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Komunikasi dan Bisnis. Jakarta: Alfabeta, 2009.
Sagala, Syaiful. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta, 2011.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta, 2003.
Sugiyono.Statistik Untuk Penelitian. Bandung: PT. Alfabeta, 2010.
Sutrisno, Edy. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003.Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2007.
Usman, Syahruddin. Ilmu Pendidikan Islam (Perspektif Teoritis). Makassar: Alauddin University Press, 2013.
Wahyosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2002.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.