PERAN KOMITE SEKOLAH TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM

  • Syamsuddin Syamsuddin UIN Alauddin
    (ID)

Abstrak

Kurikulum pendidikan merupakan suata alat dan unsur pokok dalam satu sistem penddikan, yang dapat membawa kepada tercapainya tujuan-tujuan pendidikan yang diharapkan. Kurikulum mengandung sejumlah mata-mata pelajaran yang diharapkan dapat dikuasai pesrta didik dan mencakup seluruh pengalaman belajar. Pelaksanaan kurikulum pendidikan di sekolah banyak faktor yang dapat mempengaruhinya. Salah satunya adalah keberadaan komite sekolah yang beranggotakan dari masyarakat dan dewan guru. Komite sekolah dapat memberikan pertimbangan, pendukung, pengontrol dan penghubung terlaksananya kurikulum pendidikan di sekolah untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan yang diharapkan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Danim, Sudarwan, Otonomi Manajemen Sekolah, (Cet 2; Bandung: Alfabeta cv, 2012

Hamalik, Oemar, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT Remaja Rosdakarya 2013

Hasbullah, Otonomi pendidikan, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2010

Idi, Abdullah, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik, Cet, 1; Yogjakarta: Ar-ruzz Media, 2007

Idris, Ridwan, Manajemen Pendidikan dalam Aplikasinya di Sekolah, Cet. 1; Makassar: Alauddin University Press, 2014

Ismawati, Esti, Telaah Kurikulum dan Pengembangan Bahan Ajar, Yogjakarta, Ombak, 2012.

M., Hasibuan, Manajemen Dasar, pengertian dan Masalah, Cet. 10; Jakarta, Bumi aksara, 2014

Mustari, Mohammad, Manajemen Pendidikan, Cet.1; Jakarta: PT Rajagrapindo Persada, 2014

Pusat Bahasa Departemen pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet 3; Jakarta: Balai Pustaka, 2003

Republik Indonesia, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Indonesia Legal Center Publising, 2008

Rusman, Manajemen Kurikulum, Cet. III: Jakarta: Rajagrapindo Persada, 2000.

Siahaan, Amiruddin. Manajemen pengawas pendidikan, Cet, I; Ciputat: Ciputat Pres Group

Sukmadinata, Nana Syaodhi, Pengembangan Kurikulium Teori dan Praktek, Bandung: PT Remaja Rosdakarya 2013

Tilaar, H.A.R., Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Cet, 1, Jakarta: Rineka Cipta 2000.

Tim pengembang MKDP, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: PT Rajagrapindo persada, 2016.

Wahyu, Mulyono Dwi, Peran Komite Sekolah dalam Penyelenggaraan Pendidikan ,Jurnal Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, 2000.

Diterbitkan
2018-06-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 3866 times