PERAN KOMITE SEKOLAH TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM
Abstrak
Kurikulum pendidikan merupakan suata alat dan unsur pokok dalam satu sistem penddikan, yang dapat membawa kepada tercapainya tujuan-tujuan pendidikan yang diharapkan. Kurikulum mengandung sejumlah mata-mata pelajaran yang diharapkan dapat dikuasai pesrta didik dan mencakup seluruh pengalaman belajar. Pelaksanaan kurikulum pendidikan di sekolah banyak faktor yang dapat mempengaruhinya. Salah satunya adalah keberadaan komite sekolah yang beranggotakan dari masyarakat dan dewan guru. Komite sekolah dapat memberikan pertimbangan, pendukung, pengontrol dan penghubung terlaksananya kurikulum pendidikan di sekolah untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan yang diharapkan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Danim, Sudarwan, Otonomi Manajemen Sekolah, (Cet 2; Bandung: Alfabeta cv, 2012
Hamalik, Oemar, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT Remaja Rosdakarya 2013
Hasbullah, Otonomi pendidikan, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2010
Idi, Abdullah, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik, Cet, 1; Yogjakarta: Ar-ruzz Media, 2007
Idris, Ridwan, Manajemen Pendidikan dalam Aplikasinya di Sekolah, Cet. 1; Makassar: Alauddin University Press, 2014
Ismawati, Esti, Telaah Kurikulum dan Pengembangan Bahan Ajar, Yogjakarta, Ombak, 2012.
M., Hasibuan, Manajemen Dasar, pengertian dan Masalah, Cet. 10; Jakarta, Bumi aksara, 2014
Mustari, Mohammad, Manajemen Pendidikan, Cet.1; Jakarta: PT Rajagrapindo Persada, 2014
Pusat Bahasa Departemen pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet 3; Jakarta: Balai Pustaka, 2003
Republik Indonesia, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Indonesia Legal Center Publising, 2008
Rusman, Manajemen Kurikulum, Cet. III: Jakarta: Rajagrapindo Persada, 2000.
Siahaan, Amiruddin. Manajemen pengawas pendidikan, Cet, I; Ciputat: Ciputat Pres Group
Sukmadinata, Nana Syaodhi, Pengembangan Kurikulium Teori dan Praktek, Bandung: PT Remaja Rosdakarya 2013
Tilaar, H.A.R., Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Cet, 1, Jakarta: Rineka Cipta 2000.
Tim pengembang MKDP, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: PT Rajagrapindo persada, 2016.
Wahyu, Mulyono Dwi, Peran Komite Sekolah dalam Penyelenggaraan Pendidikan ,Jurnal Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, 2000.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.