ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN YURISPRUDENSI DENGAN STRATEGI DEBAT DALAM MEMBANGUN KEMAMPUAN ARGUMENTATIF SISWA
Abstrak
Kemampuan berpikir kritis dan argumentatif menjadi keterampilan yang penting bagi siswa, terutama dalam memahami dan menerapkan ilmu agama. Dalam praktiknya, pembelajaran di berbagai institusi pendidikan masih sering menggunakan model pembelajaran satu arah atau berbasis ceramah. Hal ini membuat siswa cenderung pasif dan kurang terlibat dalam proses berpikir kritis, yaitu kemampuan untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menyusun argumen berdasarkan fakta serta logika. Akibatnya, kemampuan siswa dalam membangun argumen yang baik dan mempertahankan pendapatnya secara ilmiah menjadi lemah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengembangan model pembelajaran yang efektif dalam membangun kemampuan argumentatif siswa. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat diidentifikasi strategi pembelajaran yang relevan dan berdaya guna dalam mengoptimalkan kemampuan argumentasi siswa, sehingga mampu menghadirkan suasana pembelajaran yang mendukung peningkatan keterampilan berpikir kritis dan analitis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data studi literatur. Pendekatan ini bertujuan untuk mengkaji berbagai referensi dan penelitian terdahulu yang relevan, sehingga dapat mengidentifikasi model dan strategi pembelajaran yang efektif dalam mengembangkan kemampuan argumentatif siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran yurisprudensi dengan strategi debat dapat menjadi pilihan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan argumentatif siswa. Melalui proses debat yang terstruktur, siswa tidak hanya terdorong untuk memahami konsep-konsep dasar yurisprudensi, tetapi juga terampil dalam menyusun logika argumen, menyampaikan pendapat dengan percaya diri, serta menanggapi pendapat lawan secara konstruktif. Oleh karena itu, model ini layak dipertimbangkan sebagai salah satu pendekatan dalam pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada kalangan peserta didik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Andriani, S. Turdjai. (2018). The Application of Jurisprudential Learning Models To Improve Social Skills and Students Learning Achievement. DIADIK : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(1), 1–11.
Armada, I. N. Sudiana, I. W. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Gugus V Kecamatan Sukasada. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(3), 1–6.
Dianti, P. Setiadi, A. E. (2023). Analisis Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berargumentasi Siswa dengan Model Argument Driven Inquiry Berbasis Socio-Scientific Issue. Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(2), 1–14.
Fatmawati, D. R. Ramli, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa melalui Action Research dengan Fokus Tindakan Think Pair Share. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 253–259.
Febriana, E. E. (2017). Model Pembelajaran Debat dalam MAPEL PPKN untuk Menumbuhkan Sikap Kritis Peserta Didik di SMP Negeri 30 Semarang.
Hidayatullah, A. S. (2021). Analisis Strategi Debat Aktif Untuk Mendukung Kemampuan Komunikasi Peserta Didik. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 11150183000026, 1–90.
Kusumaatmadja, M. (2017). Pendidikan Hukum di Indonesia. In Jurnal Hukum & Pembangunan (Vol. 24, Issue 6). https://doi.org/10.21143/jhp.vol24.no6.1056
Mulyana, A. Pratama, M. A. (2023). Logika dalam Stoic. Praxis: Jurnal Filsafat Terapan, April, 1–12. https://doi.org/10.11111/praxis.xxxxxxx
Nurlaela, Rosnawati. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Reflektif dalam Menumbuhkan Minat Belajar pada Anak Usia Dini. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 2(3), 203–210. https://doi.org/10.30998/ocim.v2i3.8973
Paling, S. Irvani, A. I. (2022). Media Pembelajaran Digital Teknologi. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 8, Issue 1).
Permatasari, F. I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Yurisprudensi Inkuiri pada Mata Pelajaran PPKn terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Wonoayu. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 03, 1500–1514.
Roviati, E., & Widodo, A. (2019). Kontribusi Argumentasi Ilmiah dalam Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 56–66. https://doi.org/10.30599/jti.v11i2.454
Rubi Babullah, Siti Nurafifah. (2024). Kolaborasi Metode Diskusi Kelompok dengan Problem Solving Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Aqidah Akhlak. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(2), 65–84. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i2.132
Sagala, J. A. (2023). Pentingnya Mengembangkan Sikap Kritis dalam Pendidikan Agama. Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 81–101.
Sianturi, C. A. (2024). Pengaruh Metode Debat terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Kelas III SDN 124388 Pematangsiantar T.A 2023/2024. Journal Innovation in Education, 2(3), 245–257. https://doi.org/10.59841/inoved.v2i3.1506
Supratmi, N., & Safitri, H. (2011). Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi pada Pembelajaran Keterampilan Berbicara Kritis dengan Menggunakan Metode Debat Konfrontatif. Jurnal Pendidikan, 12(2), 75–79. https://doi.org/10.33830/jp.v12i2.492.2011
Susanti, S. Angelika, T. (2024). Dampak Negatif Metode Pengajaran Monoton terhadap Motivasi Belajar Siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset, 2(2), 86–93. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/pedagogik/article/view/529
Walenta, A. S. Sitopu, J. W. (2024). Indonesian Research Journal on Education. Indonesian Research Journal on Education Web:, 4, 550–558.
Widagda, I. N. G. A. S. A. Lasmawan, I. W. (2020). Model Pembelajaran Debat dalam Meningkatkan Kompetensi Berpikir pada Pelajaran PPKn Siswa Kelas VIII A di SMP Negeri 6 Singaraja. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(2), 237–238. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/JMPPPKn/article/view/152
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.