MANAJEMEN PERENCANAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SDN 6 PADANG SIBUSUK

  • Meli Sesmira UIN Mahmud Yunus Batusangkar
    (ID)
  • Miftahul Marsena UIN Mahmud Yunus Batusangkar
    (ID)
  • Asmendri Asmendri UIN Mahmud Yunus Batusangkar
    (ID)
  • Milya Sary UIN Mahmud Yunus Batusangkar
    (ID)
Kata Kunci: Manajemen, Perencanaan, Sarana dan Prasarana Pendidikan

Abstrak

Dalam dunia pendidikan saat sekarang ini, salah satu faktor yang menjadi penentu untuk peningkatan mutu pendidikan adalah bagaimana sebuah organisasi dalam mengelola manajemen perencanaan sarana dan prasarana yang ada. Sarana dan prasarana yang ada dapat membantu peserta didik merasakan sebuah kenyamanan dalam proses belajar mengajar. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif, di mana penelitian ini mendeskripsikan bagaimana manajemen perencanaan sarana dan prasarana di Sekolah Dasar Negeri 6 Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan Kabupaten Sijunjung. Pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi manajemen perencanaan sarana dan prasarana yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, pemeliharaan, inventarisasi dan perawatan sudah berjalan dengan baik, kendala yang dihadapi kurangnya dana pendukung untuk pemenuhan sarana dan prasarana, sedangkan untuk mengatasi permasalahan yang ada, kepala sekolah selalu berkoordinasi dengan unsur yang diberi tanggung jawab, meminta dukungan kepada komite sekolah dan juga seluruh wali murid yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan demi tercapainya tujuan yang telah direncanakan

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Achruh, A., Haslindah, H., Rasyid, M. R., & Kasmawati, K. (2023). Manajemen Ketatausahaan Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Administrasi. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 225–233. https://doi.org/10.24252/idaarah.v7i2.38662

Earthman, G. I. (2024). Prioritization of 31 Criteria for School Building Adequacy. https://www.researchgate.net/publication/239605533_Prioritization_of_31_criteria_for_school_building_adequacy

Hakim, L., & Mukhtar. (2018). Dasar-dasar Menajemen Pendidikan. Timur Laut Aksara.

Hidayat, T., & Syafe’i, M. (2018). Filsafatat Perencanaan dan Implikasinya dalam Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Lentera Pendidikan, 21(2), 188–205. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n2i5

Juhji, Wahyudin, W., Muslihah, E., & Suryapermana, N. (2020). Pengertian, Ruang Lingkup Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 113.

Kartika, D., Mujahidin, E., Indra, H., & Andriana, I. N. (2023). Perencanaan Keuangan Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Idaarah: Manajemen Pendidikan Islam, VII(1), 134–155. https://doi.org/10.24252/idaarah.v7i1.35887

Mubin, F. (2020). Perencanaan dan Manajemen Pendidikan. Pendidikan Islam, 2(4), 1–17. https://doi.org/10.31219/osf.io/p5t2y

Mustari, M. (2015). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. RajaGrafindo Persada.

Novianty Djafar. (2017). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. In JIEM (Journal of Islamic Education Management). 5(2). CV Budi Utama. https://doi.org/10.24235/jiem.v5i2.9107

Nurdian, A. (2019). Perencanaan Pendidikan sebagai Fungsi Manajemen. PT Rajagrafindo Persada.

Raihan. (2017). Metodologi Penelitian. In Universitas Islam Jakarta.

Ramadhani, Y. R., Tanjung, R., Saputro, A. N. C., & Utami, N. R. (2021). Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Samsidar, E., & Nazir, A. (2021). Rencana Strategis dan Rencana Oprasional dalam Lembaga Pendidikan Islam. Al-Khair Journal: Management Education, 1(1), 11–19. http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v1i1.2492.g2066

Saputra, A. L. G., & Sriyanto, A. (2021). Teori Manajemen Sarana Prasana. Jmpi: Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–8.

Shulhan, M., & Soim. (2013). Manajemen Pendidikan Islam, Strategi Dasar Menuju Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Penerbit Teras.

Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal Islamic Education Manajemen, 4(1), 77–92. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5645

Sormin, D. (2017). Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smp Muhammadiyah 29 Padangsidimpuan. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 2(1), 129–146. https://doi.org/10.31604/muaddib.v2i1.159

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susan, E. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 952–962. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.429

Syahrani. (2019). Manajemen Pendidikan dengan Literatur Qur’an. Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan Kemasyarakatan, 10, 205–222. https://doi.org/10.62815/darululum.v10i2.38

Wiyani, N. A. (2017). Perencanaan Program Kegiatan Responsif Gender. YINYANG: Jurnal Studi Islam, Gender dan Anak, 12(2), 327–350. https://doi.org/10.24090/yinyang.v12i2.2017.pp327-350

Diterbitkan
2024-12-28
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 16 times