MANAJEMEN PERENCANAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SDN 6 PADANG SIBUSUK
Abstrak
Dalam dunia pendidikan saat sekarang ini, salah satu faktor yang menjadi penentu untuk peningkatan mutu pendidikan adalah bagaimana sebuah organisasi dalam mengelola manajemen perencanaan sarana dan prasarana yang ada. Sarana dan prasarana yang ada dapat membantu peserta didik merasakan sebuah kenyamanan dalam proses belajar mengajar. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif, di mana penelitian ini mendeskripsikan bagaimana manajemen perencanaan sarana dan prasarana di Sekolah Dasar Negeri 6 Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan Kabupaten Sijunjung. Pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi manajemen perencanaan sarana dan prasarana yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, pemeliharaan, inventarisasi dan perawatan sudah berjalan dengan baik, kendala yang dihadapi kurangnya dana pendukung untuk pemenuhan sarana dan prasarana, sedangkan untuk mengatasi permasalahan yang ada, kepala sekolah selalu berkoordinasi dengan unsur yang diberi tanggung jawab, meminta dukungan kepada komite sekolah dan juga seluruh wali murid yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan demi tercapainya tujuan yang telah direncanakan
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Achruh, A., Haslindah, H., Rasyid, M. R., & Kasmawati, K. (2023). Manajemen Ketatausahaan Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Administrasi. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 225–233. https://doi.org/10.24252/idaarah.v7i2.38662
Earthman, G. I. (2024). Prioritization of 31 Criteria for School Building Adequacy. https://www.researchgate.net/publication/239605533_Prioritization_of_31_criteria_for_school_building_adequacy
Hakim, L., & Mukhtar. (2018). Dasar-dasar Menajemen Pendidikan. Timur Laut Aksara.
Hidayat, T., & Syafe’i, M. (2018). Filsafatat Perencanaan dan Implikasinya dalam Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Lentera Pendidikan, 21(2), 188–205. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n2i5
Juhji, Wahyudin, W., Muslihah, E., & Suryapermana, N. (2020). Pengertian, Ruang Lingkup Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 113.
Kartika, D., Mujahidin, E., Indra, H., & Andriana, I. N. (2023). Perencanaan Keuangan Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Idaarah: Manajemen Pendidikan Islam, VII(1), 134–155. https://doi.org/10.24252/idaarah.v7i1.35887
Mubin, F. (2020). Perencanaan dan Manajemen Pendidikan. Pendidikan Islam, 2(4), 1–17. https://doi.org/10.31219/osf.io/p5t2y
Mustari, M. (2015). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. RajaGrafindo Persada.
Novianty Djafar. (2017). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. In JIEM (Journal of Islamic Education Management). 5(2). CV Budi Utama. https://doi.org/10.24235/jiem.v5i2.9107
Nurdian, A. (2019). Perencanaan Pendidikan sebagai Fungsi Manajemen. PT Rajagrafindo Persada.
Raihan. (2017). Metodologi Penelitian. In Universitas Islam Jakarta.
Ramadhani, Y. R., Tanjung, R., Saputro, A. N. C., & Utami, N. R. (2021). Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Samsidar, E., & Nazir, A. (2021). Rencana Strategis dan Rencana Oprasional dalam Lembaga Pendidikan Islam. Al-Khair Journal: Management Education, 1(1), 11–19. http://dx.doi.org/10.29300/al-khair.v1i1.2492.g2066
Saputra, A. L. G., & Sriyanto, A. (2021). Teori Manajemen Sarana Prasana. Jmpi: Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–8.
Shulhan, M., & Soim. (2013). Manajemen Pendidikan Islam, Strategi Dasar Menuju Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Penerbit Teras.
Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal Islamic Education Manajemen, 4(1), 77–92. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5645
Sormin, D. (2017). Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smp Muhammadiyah 29 Padangsidimpuan. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 2(1), 129–146. https://doi.org/10.31604/muaddib.v2i1.159
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susan, E. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 952–962. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.429
Syahrani. (2019). Manajemen Pendidikan dengan Literatur Qur’an. Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan Kemasyarakatan, 10, 205–222. https://doi.org/10.62815/darululum.v10i2.38
Wiyani, N. A. (2017). Perencanaan Program Kegiatan Responsif Gender. YINYANG: Jurnal Studi Islam, Gender dan Anak, 12(2), 327–350. https://doi.org/10.24090/yinyang.v12i2.2017.pp327-350
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.