PENGARUH USIA DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN TERHADAP KINERJA GURU PONPES KARANGASEM

  • Sururi Ikfi UIN Maulana Malik Ibrahim
    (ID)
  • Munirul Abidin UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Ni'matuz Zuhroh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
Kata Kunci: Usia Guru, Latar Belakang Pendidikan Guru, Kinerja Guru

Abstrak

Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan dalam meningkatkan kualitasnya sangat dipengaruhi oleh kinerja para guru sebagai salah satu faktor utamanya. Terdapat berbagai aspek yang memengaruhi kinerja guru, di antaranya adalah usia dan latar belakang pendidikan. Berdasarkan beberapa penelitian, kedua faktor tersebut memiliki peran signifikan dalam menentukan tingkat kinerja guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji sejauh mana usia dan latar belakang pendidikan guru mempengaruhi kinerja mereka di sebuah yayasan pendidikan di Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan data yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 102 guru di tiga lembaga pendidikan di bawah naungan yayasan tersebut. Kuisioner ini dirancang untuk mengukur tiga variabel utama, yaitu usia guru, latar belakang pendidikan, dan kinerja guru. Data yang diperoleh dianalisa menggunakan regresi linier berganda untuk menguji seberapa besar usia dan latar belakang pendidikan guru memberikan pengaruh terhadap kinerjanya. Olah data ini dikerjakan menggunakan bantuan SPSS 27. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa usia guru (X1) dan latar belakang pendidikan guru (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru (Y) dengan dibuktikan dengan nilai signifikan X1 dan X2 sebesar <.001. Dengan angka t X1 senilai 5.042 dan t X2 senilai 4.454. sedangkan secara keseluruhan variabel usia guru dan latar belakang pendidikan guru berpengaruh secara simultan terhadap kinerja guru dengan nilai p= 0.001. dengan presentase pengaruh sebesar 5,4%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua faktor memeiliki pengaruh terhadap kinerja guru di Yayasan tersebut.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Abdul, B. H. (2016). Efektivitas Penggunaan E Learning Moodle,Google Classroom dan Edmodo. Jurnal I-Statement, 02(1), 1–6. https://doi.org/https:// doi.org/10.46371/istatement.v2i1.16

Amir, S., Damhuri, & Tita Rostitawati. (2019). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Telaga Biru. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 116–125. https://doi.org/ 10.30603/tjmpi.v7i2.1113

Arbuckle, J., & Williams, B. D. (2003). Students’ Perceptions of Expressiveness: Age and Gender Effects on Teacher Evaluations. Sex Roles, 49(9), 507–516. https://doi.org/https://link.springer.com/article/10.1023/A:1025832707002

Arep dan Tanjung. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia.

Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik Pendidikan 2023. Badan Pusat Statistik, 12, i–242.

Crescenzo, P. (2016). An Ancient Theory For A Current Problem [Review Of The Book Healthy Work: Stress, Productivity and The Reconstruction of Working Life, by R.A. Karasek & T. Theorell]. Journal of Health and Social Sciences, 1(3), 287–292. https://doi.org/https://journalhss.com/wp-content/uploads/ JHHS13.pdf#page=131

Damin, S. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif: Ancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Peneliti Pemula Bidang Ilmu-Ilmu Sosial. In Pendidikan dan Humaniora. CV. Pustaka Setia.

Depdiknas. (2000). Bekerja dengan Guru. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan Reliabilitas Kusioner Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah. SEMNASKEP.

Dimock, M. (2019). Where Millennials end and Generation Z begins. Pew Research Center, 1–8. https://doi.org/http://www.pewresearch.org/fact-tank/2019/ 01/17/where-millennials-end-and-generation-z-begins/

Dwi, G., & Saian, A. (2023). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Guru (Kompetensi Profesional) terhadap Self Efficacy. Attractive : Innovative Education Journal, 5(1), 415–420. https://doi.org/https://doi.org/10.51278/aj.v5i1.632

Hasan, Rohman. (2015). Pengaruh Masa Kerja dan Pendidikan Guru Terhadap Kinerja Guru Sdn Sukabumi 10 Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), 9(2), 1219–1230. https://doi.org/http:// ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI

Hisrich, Robert D., M. E. P. dan D. A. S. (2013). Entrepreneurship. McGraw-Hill Education.

Kartono, K. (1981). Patologi Sosial jilid 1. Rajawali Press.

Kudadiri, B. (2016). Pengaruh Usia Dan Masa Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Man Sidikalang.

Mulyasa. (2017). Manajemen&Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2003). Managemen Berbasis Sekolah. Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Nadiroh, Z. S., Ariwidodo, D. P., & Budiyanto, F. (2022). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Ra di Kecamatan Kutorejo di Masa Pandemi Covid-1. Emas, 5(1), 1–12. https://doi.org/https:// scholar.google.com/scholar?cluster=18291066972699552458&hl=en&oi=scholarr

Purnamasari, D., Firdaus, R. A., & Akuba, S. F. (2020). Pengaruh Usia dan Tingkat Pendidikan Terhadap Hasil Kinerja Guru Berdasarkan Nilai Ujian Nasional Siswa. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 142–156. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.545

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.

Qadir, A., Putra, K. E., Fathir A, M., & Khairamulya R, P. (2022). Pentingnya Pendidikan Bagi Generas Muda dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(11), 1023–1033. https://doi.org/10.36418 /japendi.v3i11.1289

Ratnasari, D. H., & Nugraheni, N. (2024). Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (Sdgs). Jurnal Citra Pendidikan, 4(2), 1652–1665. https://doi.org/10.38048 /jcp.v4i2.3622

Rosita Rusydiana, D. (2021). Pengaruh Usia Guru Pengalaman Mengajar dan Tingkat Pendidikan Guru Terhadap Profesionalitas Kinerja Guru di Mts Al Urwatul Wustqo Bulurejo Diwek Jombang. Proceedings of International Conference On Islam Education Management and Sharia Economics, 2(1), 15–30. https://doi.org/https://prosiding.stainim.ac.id/index.php/prd/article /view/119/pdf

Sahertian, P. A. (2000). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan (PT & R. Cipta (ed.)).

Saleh, S. (2017). Peran Lembaga Pendidikan dalam Membentuk Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial, 2(1), 101–112. https://doi.org/https://ojs.unm.ac.id/PSN-HSIS/article/view/2735/ 1474

Sirait, J. E. (2021). Analisis Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Keberhasilan Pembelajaran di Sekolah Dasar Bethel Tanjung Priok Jakarta Utara. Diegesis : Jurnal Teologi, 6(1), 49–69. https://doi.org/10.46933/dgs. vol6i149-69

Starks, A. (2013). The Forthcoming Generational Workforce Transition and Rethinking Organizational Knowledge Transfer. Journal of Intergenerational Relationships, 11(3), 223–237. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10. 1080/15350770.2013.810494

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. (Sutopo (ed.)). Alfabeta.

Suwar, A., & Azhar, A. (2023). Analisis Perencaan Peningkatan Kualitas Mutu Lulusan di Sekolah. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 4(2), 504–513. https://doi.org/10.22373/tadabbur.v4i2.299

Wulan, I., Pelayanan, P. K., Studi, P., Ekonomi, P., Keguruan, F., & Unej, U. J. (2012). Sekolah ( Lulusan SMP yang mendaftar di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo Tahun 2012 ) ( The effect of quality service toward student decision when they choose their school Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa 2013 Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa 2013.

Yudhistira, R., Rifaldi, A. M. R., & Satriya, A. A. J. (2020). Pentingnya Perkembangan Pendidikan di Era Modern. Prosiding Samasta, 3(4), 1–6.

Diterbitkan
2024-12-28
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 14 times